Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP (Terbaru, Edisi Desember 2015)

Ternyata berdasarkan survey yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terhadap implementasi Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah, ditemukan bahwa guru banyak mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2015 (bulan Desember lalu), kembali menerbitkan buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013. Edisi revisi yang kesekian ini diberikan untuk memudahkan guru memahami bagaimana penilaian dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 50% responden menyatakan bahwa mereka kesulitan melakukan penilaian.

Pada akhir tulisan ini diberikan sebuah link untuk download Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 (Edisi Revisi Desember 2015) untuk jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama).

link download mudah buku panduan penilaian kurikulum 2013 untuk SMP edisi revisi terbaru Desember 2015
Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP Edisi Desember 2015

Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 (edisi terbaru ini), diterbitkan untuk maksud menjawab kesulitan guru dalam kaitan perancangan, pelaksanaan, dan pengolahan nilai dalam implementasi Kurikulum 2013. Banyak guru mengeluhkan kesulitan dalam perumusan indikator, penyusunan butir-butir, hingga pelaksanaaan penilaian dimensi sikap yang harus dilakukan dengan beragam teknik. Pengembangan rubrik penilaian juga sangat dikeluhkan guru, karena mereka merasa tidak begitu percaya diri dalam penyusunannya. Selain itu masalah pengisian rapor serta tahapan pengolahan nilai juga belum dipahami dengan baik oleh beberapa guru.


Panduan Penilaian Kurikulum 2013 (edisi paling akhir Desember 2015) ini diharapkan akan dapat menjadi acuan dan rujukan utama bagi para guru dalam merencanakan, melaksanakan, hingga pengolahan nilai sehingga lebih akuntabel dan obyektif, baik untuk penilaian sikap, pengetahuan, ataupun keterampilan.

Buku panduan penilaian untuk implementasi Kurikulum 2013 ini memuat hal-hal yang telah disebutkan di atas. Sehingga ketika guru membaca dan memahami, serta menjadikan panduan ini sebagai rujukan utama, maka mereka dapat juga menganalisis dan memanfaatkan laporan hasil penilaian yang mereka buat, menggunakannya sebagai dasar untuk program pembelajaran remidial dan pengayaan untuk mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan.

Kemendikbud berharap buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh guru. Selain itu juga untuk Kepala Sekolah dan Pengawas dalam merancang dan melaksanakan supervisi kepada guru terkait penilaian pembelajaran di kelas mereka masing-masing, serta juga dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain yang terkait dengan penilaian pencapaian kompetensi siswa SMP.

Klik Link berikut untuk Download Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP (Sekolah Menengah Pertama) Edisi Revisi paling akhir (Desember 2015)

Baca Juga:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...