Edisi 2015 Panduan Penilaian Kurikulum 2015 SMA

Bapak dan Ibu dapat mendownload buku Panduan Kurikulum 2013 untuk SMA (Edisi Revisi - Desember 2015) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui link download yang disediakan di bawah tulisan ini.

buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMA (Edisi Terbaru Desember 2015) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud
Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Desember 2015 untuk SMA

Sekolah Bapak dan Ibu menerapkan Kurikulum 2013? Apakah Bapak dan Ibu sudah memiliki buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMA edisi terbaru? Nah jika belum, mungkin Bapak dan Ibu ketemu blog yang tepat. Dirjen Dikdasmen Kemdikbud baru-baru ini menerbitkan kembali sebuah panduan penilaian untuk implementasi Kurikulum 2013 pada sekolah-sekolah yang melaksanakannya. Panduan ini dibuat edisi revisinya baru saja, yaitu pada bulan Desember 2015 yang lalu. Buku panduan ini diharapkan akan dapat membantu guru-guru, kepala sekolah, pengawas, atau pihak-pihak yang membutuhkannya sebagai acuan dan rujukan dalam merencanakan, melaksanakan, mengolah, hingga memberikannya kepada siswa atau orang tua siswa sebagai bentuk laporan hasil belajar (rapor).


Sebagaimana banyak dikeluhkan oleh guru-guru, antara lain di tingkat SMA, bahwa penilaian Kurikulum 2013 yang meliputi aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan untuk cukup merepotkan dan rumit. Buku panduan penilaian yang direvisi ini diharapkan akan dapat membantu mengatasi hal ini karena buku ini memberikan kejelasan dalam melakukan penilaian dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA (Sekolah Menengah Atas).

Pada buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 edisi revisi Desember 2015 ini, dimuat hal-hal penting yang bersifat konseptual maupun hal-hal yang bersifat praktis (praktek), dengan disertai contoh-contoh implementasinya sehingga akan lebih memudahkan guru dalam melaksanakan salah satu tugas dan fungsinya, yaitu aspek penilaian.

Buku panduan setebal 80 halaman ini memuat 6 bab yang terdiri dari Bab I Pendahuluan, meliputi latar belakang diterbitkannya buku panduan penilaian Kurikulum 2013, Tujuan, Ruang Lingkup, sasaran Pengguna, dan Landasan Hukum. Bab II Penilaian oleh Pendidik dan Penilaian Satuan Pendidikan, meliputi Prinsip-Prinsip Penilaian, Penilaian oleh Pendidik, Penilaian oleh Satuan Pendidikan. Bab III Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan dan Penilaian Pengetahuan meliputi, Pengertian Penilaian Sikap dan Teknik Penilaian Sikap, Pengertian Keterampilan dan Teknik Penilaian Keterampilan, serta Penilaian Pengetahuan dan Teknik Penilaian Pengetahuan. Bab IV Pelaksanaan Penilaian dan Pengolahan Hasil Penilaian meliputi Perumusan Indikator dan Pelaksanaan Penilaian oleh Pendidik, Mekanisme Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Prosedur Penilaian Akhir serta Ujian Sekolah oleh Satuan Pendidikan, Pengolahan Hasil Penilaian Sikap Spiritual dan Pengolahan Hasil Penilaian Sikap Sosial, Pengolahan Hasil Penilaian Keterampilan dan Pengolahan Hasil Penilaian Pengetahuan. Bab V tentang Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian yang terdiri dari Pembelajaran Remedial dan Pengayaan, Pelaksanaaan Semester Pendek pada Sistem Kredit Semester, Rapor Sistem Paket dan Sistem Kredit Semester, serta Kriteria Kenaikan Kelas. Terakhir Bab VI Penutup.

Download Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMA (Edisi Revisi Desember 2015) dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud.

Baca Juga:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...