Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru untuk SMK

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMK dapat didownload pada link di bawah tulisan ini. Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 kini direvisi, terakhir diterbitkan pada bulan Desember 2015 baru lalu. Adanya revisi ini dimaksudkan untuk memberikan petunjuk dan acuan yang lebih jelas bagi guru-guru SMK, kepala sekolah, hingga pengawas atau pihak terkait lain yang juga membutuhkannya untuk melakukan supervisi kepada guru SMK.

Download panduan penilaian Kurikulum 2013 untuk SMK (Edisi Desember 2015/Terbaru) dari Dirjen Dikdasmen Kemdikbud
Download panduan penilaian Kurikulum 2013 untuk SMK (Edisi Desember 2015)

Adanya revisi terbaru ini memungkinkan guru SMK dapat lebih jelas memahami bagaimana penilaian di pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah mereka masing-masing. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kurikulum 2013 nantinya akan diterapkan secara menyeluruh jika semua sekolah dinilai telah siap. Sementara ini Kurikulum 2013 hanya diberlakukan untuk sekolah-sekolah yang ditunjuk dan dipilih saja.

Buku panduan penilaian untuk Kurikulum 2013 memuat hal-hal penting agar guru lebih memahami baik konsep maupun pelaksanaannya untuk mata pelajaran mereka masing-masing. Buku panduan penilaian ini secara umum memuat petunjuk bagaimana merencanakan penilaian berbasis kelas, melaksanakannya, hingga pengolahan hasil penilaian yang diperoleh sehingga nantinya dapat akuntabel (dipertanggungjawabkan) dan bersifat obyektif.


Selain itu, buku panduan penilaian kurikulum 2013 edisi revisi Desember 2015 ini (yang merupakan versi terakhir) menjelaskan bagaimana cara menilai aspek sikap, baik sikap spiritual (KI 1), sikap sosial (KI 2), aspek pengetahuan (KI 3), dan aspek keterampilan (KI 4) dilengkapi dengan contoh-contoh. Buku panduan penilaian juga memuat cara mengembangkan rubrik penilaian yang banyak guru mengalami kesulitan atau kurang percaya diri dalam mengembangkannya. Selain itu juga dijelaskan bagaimana mengolah setiap hasil penilaian dan mengolahnya untuk dimasukkan ke dalam buku rapor.

Download Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMK Edisi Revisi Desember 2015 (Terbaru).

Baca Juga:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...