Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD (Versi Terbaru tahun 2015)

Baru saja, pada bulan Desember 2015 lalu, pemerintah dalam hal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menerbitkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD (Sekolah Dasar) terkait implementasi Kurikulum 2013. Buku panduan yang telah dapat didownload ini merupakan edisi revisi dari versi-versi sebelumnya, sehingga diharapkan buku panduan penilaian Kurikulum 2013 ini dapat semakin bermanfaat dan aplikatif di lapangan untuk guru-guru Sekolah Dasar (SD).

Buku Panduan Penilaian pada implementasi Kurikulum 2013 di tahun 2015 ini kembali direvisi, silakan download melalui link yang diberikan untuk panduan bapak dan ibu guru
Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi (Desember 2015)

Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi terbaru untuk SD ini, berbentuk file pdf setebal 116 halaman dengan ukuran file 3,016 MB. Cukup kecil sehingga dengan mudah dapat di download. Link download file ini diberikan pada bagian akhir tulisan ini.

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 edisi Desember 2015 (paling mutakhir) ini memuat 5 bab, yaitu Bab I Pendahuluan, yang terdiri dari Latar Belakang, Ruang Lingkup, Tujuan, Sasaran dan dasar Hukum. Bab II Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik Penilaian memuat bagian-bagian yaitu: Pengertian, Prinsip-Prinsip Penilaian, Karakteristik Penilaian, dan Kompetensi dan Teknik Penilaian. Bagian Bab III tentang Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengelolaan Penilaian terdiri dari Komponen Penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan dan Penilaian Keterampilan. Sementara Bab IV dari Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 edisi revisi Desember 2015 ini adalah tentang Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Penilaian meliputi Program Pembelajaran Remedial, Program Pengayaan, Contoh Pengisian Rapor Peserta Didik dan Kriteria Kenaikan Kelas. Bab terakhir yaitu Bab V merupakan bagian Penutup.



Kehadiran Panduan Penilaian Kurikulum 2013 edisi paling terbaru (Desember 2015) ini diharapkan untuk tersebar dan tersosialisasi kepada guru-guru dan sekolah di jenjang SD (Sekolah Dasar), sehingga dapat menjadi rujukan utama tentang melaksanakan penilaian dalam implementasi Kurikulu, 2013 di sekolah-sekolah. Memang, dulu bagian penilaian dari Kurikulum 2013 dikeluhkan oleh sebagian guru, akan tetapi kini pemahaman tentang bagaimana merencanakan, melaksanakan dan memanajemen penilaian berbasis kelas yang diamanatkan oleh Kurikulum 2013 semakin dipahami dan dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru-guru SD.

Link Download:
Download Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk Tingkat SD (Sekolah Dasar), Edisi Terbaru (Desember 2015)

Baca Juga:
Aplikasi Latihan dan Try Out UN 2016 dari Kemdikbud untuk Semua Jenjang 
Tips Sukses UN 2016 
Download Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2015/2016 untuk Semua Jenjang (SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket B dan Program Paket C)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...