Cara Membuat Kincir Angin Mini

cara membuat kincir angin mini
kecil, tapi bagus kan kincir angin mininya..

Cara Membuat Kincir Angin Mini

Di penjual mainan anak keliling seringkali ditawarkan kincir angin berbahan plastik. Anak-anak pasti suka dan senang hati membelinya. Harganyapun cukup murah. Tetapi, ketika saya masih kecil mainan sesederhana itu tidak ada yang jual. Mungkin karena saya tinggal di desa. Jadi, pada waktu dulu, ayah saya mengajari saya membuat kincir angin dari kertas. Kali ini, sekedar mengenang memori masa kecil dulu, saya akan memberikan cara membuat kincir angin juga, tetapi berukuran kecil saja. Benda mungil ini kelihatan lebih unik karena ukurannya. Cara membuatnya sangat simpel sekali. Ayo kita ikuti.

Alat dan Bahan untuk Membuat Kincir Angin Mini

Berikut beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kincir angin mini dari kertas bekas.
  1. Kertas sampul bekas. Sebenarnya anda dapat menggunakan kertas apa saja. Tetapi saya mencoba memanfaatkan kertas bekas yang banyak saya miliki.
  2. Lem kertas dengan daya rekat yang kuat. Lem dengan daya rekat kuat diperlukan agar ketika kertas yang agak tebal ditekuk untuk dilem tidak mudah lepas. Saya menggunakan lem fox putih.
  3. Mistar untuk mengukur dan menggaris.
  4. Tusuk sate atau sedotan minuman, untuk batang pemegang kincir angin.
  5. Jarum pentul, sebagai poros kincir angin.
  6. Gunting untuk memotong kertas, atau cutter.
  7. Pulpen atau pensil untuk membuat tanda garis.
  8. Sepotong kecil styrofoam bekas pengganjal kemasan barang elektronik.

cara membuat kincir angin mini
sebagian alat dan bahan untuk membuat kincir angin mini

Langkah-Langkah Membuat Kincir Angin Mini

Berikut langkah-langkah untuk membuat kincir angin mini dari kertas bekas.
  1. Ukur kertas bekas anda dengan bentuk bujursangkar ukuran 9 cm x 9 cm. Jika ingin lebih kecil, anda dapat membuatnya hingga ukuran 7 cm x 7 cm. Semakin kecil ukuran bujursangkar yang anda buat, semakin tinggi tingkat kesulitannya, juga kemungkinan kincir angin tidak dapat berputar. Bereksperimenlah dengan ukuran jika anda ingin membuat dalam ukuran sangat mini.
  2. Buatlah garis diagonal pada keempat sudut bujursangkar sehingga membentuk huruf X padanya.
  3. Gunting bujursangkar tersebut pada tepinya. Inilah bagian yang akan kita buat menjadi kincir angin mini.
  4. Pada garis diagonal yang berbentuk X tadi, guntinglah mengikuti alur diagonal dari sudut bujursangkar menuju titik pusat (perpotongan diagonal). Sisakan sekitar 1,5 cm dari titik pusat. Lakukan ini pada keempat titik sudut. Sekarang kertas anda sudah siap dibentuk menjadi kincir.
  5. Ambil lem kertas yang daya rekatnya kuat, lekatkan ujung-ujung guntingan dari susut-sudut bujur sangkar. Satu ujung untuk satu sudut. Caranya, tekuk ujung-ujung guntingan itu ke arah tengah-tengah bujursangkar secara bertumpuk.
  6. Tahan beberapa saat sampai lem menjadi cukup kering dan cukup kuat untuk dilepas tanpa terlepas. Kini kincir anda sudah siap dipasang ke pegangannya.
  7. Potong sehelai kecil kertas karton sisa guntingan dengan ukuran 1,5 cm x 1, cm.
  8. Siapkan pula tusuk sate atau sedotan minuman (yang agak tebal sehingga cukup kuat menopang kincir angin mini).
  9. Ambil jarum pentul yang telah disiapkan. Tusuk tengah-tengah tumpukan ujung kertas yang baru dilem tadi hingga tembus. Lalu teruskan hingga ke sisi belakang kincir, tepat pada perpotongan diagonal bujursangkar yang sebelumnya kita buat garisnya.
  10. Cabut jarum pentul, besarkan lubang kecil itu dengan gunting berujung runcing atau ditusuk-tusuk dengan tusuk sate berulang kali sambil diputar-putar.
  11. Cabut tusuk sate jika lubang cukup besar telah terbentuk, ganti kembali dengan jarum pentul.
  12. Di bagian belakang kincir, tambahkan lapisan kertas 1,5 cm x 1,5 cm sebagai penyangga kincir.
  13. Terakhir, tusukkan jarum pentul ke tusuk sate atau sedotan minuman pada salah satu ujungnya. Amankan bagian ujung yang tajam yang mungkin tembus dengan menggunakan styrofoam sisa pengganjal kemasan barang elektronik.
  14. Nah, kincir angin mini anda siapkan dimainkan. Bawa ke tanah lapang untuk dibawa berlari anak-anak, atau kalau tak ingin capek, pasang di depan kipas angin. Wusss......... kincir angin mini berputar kencang. 
Baca Juga:
Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas
Cara Membuat Kelinci Kertas
Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil dari Barang Bekas

Demikian cara membuat kincir angin mini, semoga bermanfaat dan menambah kreatif anak-anak kita. Jika ada komentar atau saran, silakan tulis pada kotak yang tersedia di bawah tulisan ini. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...