Aneka Prakarya dari Sedotan Plastik

udang dari sedotan plastik
udang dari sedotan plastik, so cute ya..

Aneka Prakarya dari Sedotan Plastik


Tahukan sedotan plastik yang biasa dipakai untuk minum jus dan sejenisnya. Sepertinya, ia bukan lagi barang yang asing dalam keseharian kita. Saat makan di restoran hingga warung gorengan yang sekedar menjual tahu dan tempe atau pisang goreng, kita biasa mendapatinya hadir di dalam gelas minuman. Paling umum kita akan mendapatkannya kalau minum jus atau soft drink. Nah, pastinya sudah pada tau juga kalau barang sederhana ini juga sering dijadikan sebagai bahan prakarya atau kerajinan tangan oleh anak-anak sekolah. Waktu SD, saya pernah diajari guru membuat barang dekoratif dengan bermacam bentuk untuk hiasan gantung di jendela kelas. Ada beragam bentuk yang bisa dibuat, mulai dari bintang segitiga, bintang segilima, hati, ketupat, jajargenjang, panah, dsb. Selain itu saya juga pernah diajari cara membuat aneka bunga dari sedotan plastik ini.

membuat prakarya dari sedotan plastik
sedotan plastika, bahan prakarya siswa

Beberapa hari ini, saat jenuh mengerjakan nilai untuk rapot siswa-siswa saya (seminggu lagi rapotan), maka saya berinisiatif membuat beberapa barang kecil kerajinan tangan atau prakarya dari bahan sedotan plastik ini.

Kita tahu, ada banyak jenis dan ukuran sedotan plastik. Pada kegiatan ini saya menggunakan 2 macam sedotan yang saya temukan di toko dekat rumah. Yaitu, sedotan yang bisa dibengkokkan dan sedotan berbentuk lurus. Sedotan dengan lipatan-lipatan kecil di salah satu bagian dekat ujung membuatnya dapat kita bengkokkan saat ingin minum dari gelas. Biasanya sedotan berbentuk lurus akan diberikan minuman penjual softdrink kemasan botol.

Saya telah membuat beberapa jenis prakarya dari sedotan plastik ini, yaitu bintang segilima dan beberapa jenis miniatur hewan. Untuk jenis-jenis hewan, yang telah saya coba buat adalah udang, ikan, belalang, dan capung. Mau lihat hasil prakarya dari bahan sedotan plastik buatan saya. Yuk dilihat gambar-gambarnya.
cara membuat bintang dari sedotan plastik
bintang segilima dari sedotan plastik
cara membuat belalang dari sedotan plastik
belalang dari sedotan plastik
cara membuat capung dari sedotan plastik
capung dari sedotan plastik
cara membuat ikan dari sedotan plastik
ikan dari sedotan plastik

Dalam beberapa hari ke depan, saya berencana akan membuat tulisan berseri tentang membuat prakarya dari bahan sedotan plastik ini. Kalau pingin tahu, ditunggu saja ya. Oh ya, sebelum lupa, saya juga telah membuat video tutorial untuk membuat udang dari bahan sedotan plastik ini. Silakan dicek di sini kalau tertarik.
Cara Membuat Bentuk Panah dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bentuk Kubus dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bintang Segitiga dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bintang (Bunga Bintang) dari Sedotan Plastik
Dinosaurus dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Udang Mini dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Belalang dari Sedotan Plastik
 

Sampai di sini dulu ya. Saya masih sibuk mengolah nilai untuk rapot siswa-siswa saya, jadi tulisannya pendek saja. Harap maklum. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Cara Membuat Mainan Tradisional dari Biji Karet
Cara Membuat Ular dari Kertas Bekas untuk Anak TK
Cara Membuat Boneka dari Kertas Bekas

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...