Cara Melipat Origami Anak TK : Perahu

Origami Perahu Sangat Mudah Untuk Anak TK

Origami yang satu ini memang super mudah. Saking mudahnya, origami perahu layar yang gambarnya ditampilkan di bawah, hanya terdiri dari 4 langkah yang sangat sederhana. Bayangkan, dengan begitu simpelnya origami ini maka anak-anak yang sangat muda seperti yang masih duduk di bangku PAUD dan TK tentu dapat dengan mudah membuatnya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mengajarkannya kepada anak-anak anda atau siswa-siswa anda? Ikuti tutorial super singkatnya berikut.

Origami yang satu ini memang super mudah. Saking mudahnya, origami perahu layar yang gambarnya ditampilkan di bawah, hanya terdiri dari 4 langkah yang sangat sederhana. Bayangkan, dengan begitu simpelnya origami ini maka anak-anak yang sangat muda seperti yang masih duduk di bangku PAUD dan TK tentu dapat dengan mudah membuatnya
origami perahu layar, sangat mudah untuk anak-anak

Cara Melipat Origami Perahu yang Sangat Mudah untuk TK dan PAUD

  • Pertama-tama siapkan sehelai kertas origami. Untuk anak-anak TK dan PAUD tentu saja ukuran kertas yang lebih besar akan mudah ditangani dibandingkan kertas yang terlalu kecil. Pada contoh ini saya menggunakan kertas origami ukuran 15 cm x 15 cm. 
  • Posisikan kertas secara mendatar seperti Gambar berikut ini.
Pertama-tama siapkan sehelai kertas origami. Untuk anak-anak TK dan PAUD tentu saja ukuran kertas yang lebih besar akan mudah ditangani dibandingkan kertas yang terlalu kecil. Pada contoh ini saya menggunakan kertas origami ukuran 15 cm x 15 cm.
selembar kertas origami ukuran 15 cm x 15 cm
  • Langkah kedua, ambil sudut atas-kiri kertas origami. Lipat ke arah bawah-kanan sehingga terbentuk sebuah segitiga seperti pada Gambar berikut. Bantu anak untuk merapikan lipatan. Kadang-kadang mereka kesulitan untuk membuat lipatan di bagian sudut-sudut kertas origami.
ambil sudut atas-kiri kertas origami. Lipat ke arah bawah-kanan sehingga terbentuk sebuah segitiga seperti pada Gambar berikut. Bantu anak untuk merapikan lipatan. Kadang-kadang mereka kesulitan untuk membuat lipatan di bagian sudut-sudut kertas origami
mulai membuat bagian layar pada lipatan pertama
  • Langkah ketiga, ambil ujung sudut bawah-kanan-lapisan atas kertas origami. Lipatlah menuju sisi segitiga (sisi miringnya) yang baru saja terbentuk karena lipatan sebelumnya. Perhatikan Gambar berikut untuk lebih jelas. Rapikan sisi-sisi lipatan dan tajamkan dengan melakukan penekanan-penekanan.Nah, bagian ini akan menjadi layar dari origami perahu anak nantinya.
ambil ujung sudut bawah-kanan-lapisan atas kertas origami. Lipatlah menuju sisi segitiga (sisi miringnya) yang baru saja terbentuk karena lipatan sebelumnya. Perhatikan Gambar berikut untuk lebih jelas. Rapikan sisi-sisi lipatan dan tajamkan dengan melakukan penekanan-penekanan.Nah, bagian ini akan menjadi layar dari origami perahu anak nantinya
layar sudah terbentuk
  • Langkah keempat atau terakhir, lipat sisi bawah origami ke arah atas. Tingginya sekitar bekas lipatan sebelumnya. Lipat sedikit miring, maka akan didapatkan sebuah badan perahu layar dengan ujung yang lancip. Perhatikan Gambar berikut.
origami lipat sisi bawah origami ke arah atas. Tingginya sekitar bekas lipatan sebelumnya. Lipat sedikit miring, maka akan didapatkan sebuah badan perahu layar dengan ujung yang lancip.
ini dia origami perahu layar, sangat mudah membuatnya
Bagaimana? Mudah sekali ya tutorial 4 langkah pembuatan origami perahu layar untuk anak-anak TK dan PAUD ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Origami Anak TK: Rumah dengan Cerobong Asap
Cara Buat Boneka Domba dari Kardus dan Kapas
Cara Melipat Origami Kodok Model 1
Cara Melipat Origami Kodok Model 2
Cara Membuat Origami Kelinci yang Lucu
Origami Tonggeret: Serangga Unik
Cara Membuat Origami Kupu-Kupu
Origami Kotak Perhiasan atau Tempat Sirih yang Mudah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...