Hati-Hati! Origami Kelinci Ini Bikin Ketagihan

Tak Percaya!! Mungkin itu yang terlontar dari mulut anda saat membaca judul blog post saya kali ini. Apa betul sebuah origami bisa membuat anda ketagihan membuatnya? Betul sekali. Coba saja kalau memang anda tak percaya.

Origami Kelinci Mudah Tapi Cantik dan Tampak Hidup

Origami atau lebih tepatnya mungkin kirigami (karena ada sedikit pengguntingan kertas dalam pembuatannya) berbentuk kelinci ini sangat mudah dibuat. Jadinya, sangat cocok diajarkan pada anak-anak kecil seumuran anak TK atau sekolah dasar (SD) kelas rendah. Asyiknya lagi, cukup asyik dimainkan karena dapat berdiri di atas lantai atau meja.

Origami kelinci yang simpel ini kelihatan dinamis karena arah telinganya yang dapat dibuat sedikit berbeda satu sama lain. Cobalah membuat beberapa ekor dengan ukuran bervariasi dan kecil-kecil. Gunakan juga beragam warna dan taruhlah di atas meja. Yakin deh, anda akan terus ingin membuatnya apalagi setelah disusun sedemikian rupa. Tampak dinamis dan lucu seperti serombongan kelinci di padang rumput. Oh, anda saja saya punya panggung boneka untuk memainkannya bersama anak-anak. Pasti seru.

mudah sekali cara membuat origami kelinci yang lucu untuk anak-anak
hei...ada rombongan kelinci! pada mau lari kemana ya mereka?

Cara Membuat Origami Kelinci yang Mudah

Nah, kalau anda ingin mencoba membuatnya, saya sarankan untuk menggunakan kertas origami kecil. Misalnya gunakan kertas ukuran 12 cm x 12 cm. Nanti kalau sudah hafal lipatannya, anda dapat membuatnya dengan ukuran-ukuran yang lebih kecil lagi. Oke, sudah disiapkan kertasnya? Mari kita mulai melipatnya.

  • Posisikan kertas origami seperti Gambar 1.
  • Ambil sudut bawah kertas lalu lipat menuju sudut atas seperti Gambar 2.
  • Buka lipatan seperti ditunjukkan Gambar 3. Akan terbentuk sebuah garis diagonal.
  • Perhatikan Gambar 4. Sekarang, anda tarik lagi sudut kertas bagian bawah. Lipat menuju garis lipatan yang baru dibuat.
  • Lakukan lipatan berikutnya yang serupa untuk sudut kertas sebelah atas seperti diperlihatkan Gambar 5.
cara membuat origami kelinci yang lucu untuk anak-anak
lipatan-lipatan dasar origami kelinci
  • Sekarang, lihat Gambar 6. Ambil sudut kertas origami anda yang ada di sebelah kanan. Lipat menuju kiri sehingga bentuknya menjadi seperti gambar tersebut.
  • Masih dengan sudut kertas yang tadi baru dilipat, sekarang buat lipatan ekor dengan cara melipat kembali ujung tersebut ke arah kanan. Bentuknya akan jadi seperti Gambar 7.
  • Selanjutnya, lipatlah kertas menurut garis diagonal yang pertama-tama anda buat sebelumnya. Lipatan akan membagi dua kertas menjadi bentuk seperti Gambar 8.
  • Langkah berikutnya adalah membentuk penanda awal lipatan kepala dan sekaligus calon telinga. Lipat kertas seperti Gambar 9.
  • Buka kembali kertas ke bentuk Gambar 7 lalu balikkan sehingga tampak seperti Gambar 10. Kemudian, gunting bagian tengah kertas yang pada Gambar 10 ini ditandai dengan garis hitam. Perhatikan, ujung guntingan ada di tempat anda tadi melipat untuk membuat kepala dan telinga.
cara membuat origami kelinci yang lucu dan mudah untuk anak-anak
mulai membentuk lipatan badan, ekor, kepala dan telinga origami kelinci
  • Terakhir, lipat kembali kertas origami menjadi dua bagian yang sama seperti Gambar 8, lalu lipat kedua helaian calon telinga dengan sedikit berselisih sehingga menimbulkan kesan bentuk 3 dimensi pada kedua belah telinga. Berdirikan origami kelinci pada lantai atau meja. Lihat Gambar 11. Cantik dan lucu bukan?
cara membuat origami kelinci yang lucu untuk anak-anak
inilah hasil akhirnya: origami kelinci yang lucu dan menggemaskan
Seperti saya tuliskan di awal, buatlah beberapa ekor kelinci dengan beragam ukuran. Makin kecil, tampak kelincinya makin lucu dan imut. Oh... so cute.

Demikian cara melipat origami kelinci yang sangat mudah, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Origami Katak Lompat (Model 2)
Origami Katak Lompat (Model 1)
Cara Membuat Origami Rumah untuk Anak TK
Prakarya dari Kulit Bawang
Cara Membuat Hiasan Dinding Cantik: Kupu-Kupu Kertas
Ikan Kertas Warna Warni
Bunga Cantik dari Kulit Jagung dan Cara Membuatnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...