Contoh Prakarya Anak : Ikan Kertas

Ikan Warna-Warni dari Kertas

Prakarya untuk anak-anak haruslah mudah dan sederhana. Hal terpenting yang harus diingat adalah, aktivitas yang mereka lakukan untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan itu semestinya menyenangkan. Penggunaan warna-warni yang menarik dan bentuk yang sederhana pada prakarya ikan dari kertas warna-warni ini sangat cocok untuk anak-anak usia TK atau SD kelas 1 atau 2 dan 3. Lihatlah, bagaimana bentuk dasar tubuh ikan dibuat hanya dengan lipatan akordion, seperti saat mereka membuat kipas-kipasan dari kertas yang sudah sangat umum mereka buat. Bagaimana? Cantik bukan? Cara membuat dan bahan-bahannya sangat mudah diperoleh dan murah. Terpenting, anak dapat berkreasi mengkombinasikan warna-warna favorit mereka. Bahkan, mungkin saja hasilnya cukup bagus untuk ditempel di dinding kamar atau pintu mereka, atau di tembok kelas sebagai hiasan dekoratif. 

Alat dan Bahan 

Adapun alat-alat dan bahan yang digunakan untuk membuat prakarya anak berbentuk ikan hias di atas adalah sebagai berikut:
  • Kertas warna-warni. Saya menggunakan kertas origami ukuran 16 cm x 16 cm.
  • Lem kertas 
  • Spidol untuk menggambar mata ikan
  • Gunting
Baca Juga:
Cara Membuat Kodok Kertas untuk Hiasan Dinding Anak
Hiasan Dinding Cantik Berbentuk Kupu-Kupu


Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat hiasan dinding untuk prakarya anak-anak berbentuk ikan warna-warni dari kertas dengan disertai gambar-gambar:
  • Ambil sehelai kertas warna biru (saya menggunakan kertas origami ukuran 16 cm x 16 cm). Lalu lipatlah dengan lipatan akordion. Kemudian lipat menjadi 2 bagian. (Perhatikan Gambar 1, 2, dan 3).
  • Satukan dua sisi lipatan dengan lem sehingga kertas menjadi berbentuk seperti kipas (Gambar 4). Bagian ini akan menjadi tubuh ikan. Sisihkan.
  • Selanjutnya kita akan membuat ekor. Saya mengambil selembar kertas origami warna kuning ukuran 16 cm x 16 cm. Potong kertas ini menjadi 4 bagian yang sama besar. Ambil salah satu dan simpan yang lainnya untuk proyek prakarya mendatang. (Gambar 5).
  • Dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan dengan kertas biru, lipat kertas kuning dengan lipatan akordion, lipat dua, lalu satukan sisi dalamnya dengan lem untuk membentuk kipas. Tentu saja kali ini ukuran kipas menjadi lebih kecil dari kipas warna biru. Nah, kipas berwarna kuning ini akan jadi ekor ikan kita. (Gambar 6).
  • Selanjutnya tempelkan dengan lem ekor ikan pada badannya seperti Gambar 7. Biarkan beberapa saat sampai lem benar-benar kering. Sisihkan.
  • Sekarang saya mengambil kertas berwarna merah. Gunakan sisa proyek prakarya sebelumnya yang mungkin anda simpan. Kita hanya memerlukan sedikit saja untuk membuat sirip yang akan di tempel di dekat kepala (bagian lancip) dari badan. Perhatikan Gambar 7 dan 8.
  • Selanjutnya saya mengambil potongan kertas lain yang berwarna kuning cerah. Ini akan kita buat menjadi mata. Caranya gampang. Gambarla sebuah lingkaran dengan spidol, lalu buat garis lengkung di tengang lingkaran itu, dan beri sebuah titik yangagak besar di bagian bawah garis lengkung tersebut. Anak-anak yang lebih muda tentu membutuhkan bantuan orang dewasa untuk membuat mata ikan ini. Gunting dan tempelkan di dekat ujung lancip tubuh ikan kita seperti pada Gamabr 9 dan 10 berikut.
  • Ta..raaa..... Ikan kita sudah selesai. Bagus sekali bukan, penuh warna dan unik. 
  • Buatlah beberapa ekor untuk ditempel dan dijadikan hiasan dinding atau diletakkan di dalam bingkai. Beri background warna yang menarik.
Demikian contoh prakarya anak berbentuk ikan warna-warni dari kertas. Mudah sekali ya cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Membuat Boneka dari Kertas Bekas 
12 Cara Membuat Bunga dari Barang Bekas 
Cara Membuat Capung Kertas untuk Anak TK 
Berkreasi dengan Anak: Membuat Gambar Abstrak 
Prakarya dari Sedotan Plastik: Bentuk Panah 
Prakarya dari Daun Kering 
Ayo Membuat Mainan Tradisional Cangkirik dari Biji Karet 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...