12 Tutorial Cara Membuat Prakarya Bunga dari Barang Bekas

12 Tutorial Cara Membuat Prakarya Bunga dari Barang Bekas

Sudah pernah berkunjung ke blog sederhana ini sebelumnya? Jika sudah pernah, maka anda akan menemukan beberapa tulisan tutorial yang berkaitan dengan cara membuat bunga. Rata-rata, tutorial yang diberikan di blog ini adalah untuk anak-anak SD atau SMP dan sederajat untuk memandu mereka membuat beragam bunga sederhana, juga tentunya dengan menggunakan bahan-bahan dan alat-alat yang sederhana atau barang bekas. Tidak lain tujuan saya adalah untuk ikut memberi andil (walaupun kecil) dalam mengajar anak-anak berkreasi dan berimajinasi. Kali ini, saya akan merangkum 12 tutorial cara membuat prakarya bunga yang pernah ditayangkan di blog ini. Apa saja tutorial-tutorial yang dimaksud, yuk dilihat.

Bunga Zinnia dari kantong plastik bekas
Bunga Zinnia dari kantong plastik bekas

1. Bunga Zinnia dari Kantong Plastik Bekas

Ini adalah tutorial terbaru yang saya coba publikasikan di blog ini. Bunga ini dibuat dari kantong plastik bekas yang karena banyaknya pemakaiannya di sekitar kita, membuatnya menjadi bahan sampah yang amat meresahkan. Apalagi kebiasaan kita yang masih buruk dalam penanganan sampah dan limbah rumah tangga. Ingin membuatnya, silakan baca tutorial Cara Membuat Bunga Zinnia dari Kantong Plastik Bekas melalui link ini.

bunga rumput dari sedotan plastik
bunga rumput dari sedotan plastik



2. Bunga Rumput dari Sedotan Plastik

Siapa yang tak kenal plastic straw (sedotan plastik)? Lumrah sekali digunakan di warung-warung, cafe, restoran bahkan di rumah kita sendiri. Harganya yang murah meriah dan dijual dalam berbagai bentuk dan warna menjadi penambah daya tarik dan pemuat selera saat kita ingin menikmati jus, minuman dingin, dan sejenisnya. Ternyata sedotan plastik ini bisa dibentuk menjadi bunga rumput yang unik. Selanjutnya, bunga rumput ini bisa dikreasikan lagi untuk pembuatan dekorasi lainnya. Simak tutorial Cara Membuat Bunga Rumput dari Sedotan Plastik di link ini.


bunga dahlia dari kantong plastik bekas
bunga dahlia dari kantong plastik bekas

3. Bunga Dahlia dari Kantong Plastik Bekas

Lagi, bunga unik ini saya sebut bunga dahlia karena memang meniru bentuk bunga dahlia. Warnanyapun bisa macam-macam. Ada yang kuning, putih, dan merah. Anda tentu bisa membuat dengan warna-warna lainnya. Cara pembuatannya sedikit berbeda dengan bunga zinnia di atas. Ingin membuat bunga dahlia dari kantong kresek bekas seperti ini? Silakan buka link berikut: Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kantong Plastik Bekas.

bunga pita dari kaleng dan bungkus permen
bunga pita dari kaleng dan bungkus permen

4. Bunga Pita dari Kaleng dan Bekas Bungkus Permen

Bunga yang satu ini agak beda. Ia berperan sebagai bahan dekoratif yang dapat ditempatkan di atas meja. Bahkan, jika anda ingin, dapat dilekatkan ke dinding atau tembok dengan paku atau double tape yang kuat. Vas dan tangkai pengikat pita dari bahan kaleng aluminium bekas minuman. Sementara, pitanya yang mengilap metalik dibuat dari bekas bungkus permen. Tutorial cara membuatnya bisa dibaca pada link berikut: Cara Membuat Bunga Pita dari kaleng dan Bekas Bungkus Permen.

bunga lavender dari kantong plastik bekas
bunga lavender dari kantong plastik bekas

5. Bunga Lavender dari kantong Plastik Bekas

Bunga lavender yang berwarna ungu ini merupakan bunga yang dibuat dengan bahan dasar kantong plastik bekas. Cara membuatnya amat mudah, walaupun untuk memperoleh satu tangkai yang berukuran besar anda harus telaten, karena satu tangkai terdiri dari beberapa buah bunga kecil yang harus dibuat satu persatu. Cara membuatnya bisa dibaca di link berikut: Cara Membuat Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas.


bunga teratai dari kertas bekas
bunga teratai dari kertas bekas

6. Bunga Teratai dari Kertas Bekas

Bunga teratai dari kertas bekas ini terlihat anggun sekali. Ukurannyapun dibuat persis seperti aslinya. Pada tutorial ini saya membuatnya dengan kertas berwarna pink. Mengingat bunga teratai itu ada beragam warna lain misalnya putih, tentu anda juga dapat membuatnya dengan warna tersebut. Lihatlah bagaimana lipatan-lipatannya begitu tampak seperti bunga teratai sungguhan. Baca tutorialnya di link ini: Cara Membuat Bunga Teratai dari Kertas Bekas.

cara membuat bunga mawar dari kertas
bunga mawar dari kertas

7. Bunga Mawar dari Kertas Bekas

Saya telah membuat beberapa versi bunga mawar. Memang, aslinya kuntum-kuntum bunga mawar sangat bervariasi. Beragam bentuk mahkota atau kelopak mawar serta susunannya pada tangkai bunga dengan mudah kita jumpai sebagai hasil persilangan beragam varietas mawar. Karena itu, sah-sah saja jika cara membuat bunga mawar dari kertaspun dilakukan dengan bermacam-macam teknik Salah satunya seperti yang diberikan pada tutorial berikut: Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas.


8. Bunga Mungil nan Cantik dari Kertas dan Cotton Bud

Ketika beberapa helai kertas disatukan dengan cotton bud yang biasa kita gunakan untuk beragam keperluan itu, lahirlah bunga mungil yang cantik ini. Bunga apa ya ini namanya? Saya juga bingung kalau diminta memberi tahu ini bunga apa. Simak tutorialnya di sini: Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas dan Cotton Bud.


bunga dari kancing baju dan kertas bekas
bunga dari kancing baju dan kertas bekas

9. Bunga Mungil dari Kertas dan Kancing Baju Bekas

Anak-anak dapat menggunakan kertas bekas berwarna dan sebuah kancing baju bekas untuk membuat bunga ini. Alat lain yang dibutuhkan adalah lem dengan daya rekat kuat. Saya menggunakan lem tembak (hot glue). Lihatlah, bagus juga kan hasilnya. Adapun tutorial cara membuatnya bisa dibaca di sini: Cara Membuat Bunga dari Kertas dan Kancing Baju Bekas.


bunga unik dari kertas dengan teknik lipat
bunga unik dari kertas dengan teknik lipat

10. Bunga Unik dengan Teknik Lipat dari Potongan Kertas Bekas

Potongan-potongan kertas memang bisa diperoleh sebagai hasil penggunaan kertas untuk beragam keperluan. Potongan kertas berbentuk pita ternyata kalau dilipat-lipat bisa jadi bunga yang unik. Lihatlah ini contohnya. Kalau ingin membuat bunga ini sangat mudah saja. Silakan baca tutorialnya di link berikut: Cara Membuat Bunga dari Potongan-Potongan Kertas.


bunga mawar dari kertas (2)

11. Bunga Mawar (2) dari Potongan Kertas Bekas

Oh..oh..bunga mawar yang ini juga dibuat dari potongan kertas bekas. Tertarik? Baca tutorialnya di sini: Contoh Kerajinan Bunga dari Kertas Bekas untuk Anak-Anak.


bunga unik dari sisa potongan kertas
bunga unik dan mungil dari sisa potongan kertas

12. Bunga Mungil (2) nan Cantik dari Potongan Kertas Bekas

Nah, bunga mungil ini juga dibuat dari potongan sisa-sisa kertas. Ambil dan gunakan kertas berwarna merah atau kuning, atau warna lainnya. Dengan menggunakan teknik quilling, menjadilah bunga ini. Oh ya, teknik quilling kalau ditekuni dengan baik dapat menghasilkan karya yang luar biasa. Hasilnyapun tak hanya sebatas bentuk bunga. Baca tutorialnya di sini: Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas dengan Teknik Quilling.


Demikian, 12 tutorial cara membuat bunga yang pernah ditulis di blog novehasanah.blogspot.com. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca juga:
Kerajinan Tangan Burung Merak untuk Siswa SD
Kotak Pensil dari Kemasan Teh Celup
Tempat Pensil Cantik dari Botol Plastik
Hiasan Gantung Mobil-Mobilan dari Kertas
Origami Mudah untuk Anak: Ayam
Cara Membuat Kincir Angin Berlapis
Membuat Bintang dari Kertas Bekas
Cara Membuat Bintang Segitiga dari Sedotan Plastik
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...