Kerajinan Tangan Anak SD : Burung Merak

Cara Membuat Kerajinan Tangan Burung Merak dari Kertas Bekas untuk Anak SD Kelas Rendah

Kertas bekas sebaiknya jangan dibuang-buang, karena dapat dibuat beragam prakarya anak untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasan mereka, tentunya juga citarasa seni dan keindahan. Misalnya saja, kertas bekas warna-warni baik dari bahan majalah maupun potongan-potongan kertas berwarna dapat dibuat prakarya berbentuk burung merak yang sederhana, mudah dibuat namun cantik. Karena sangat sederhana dan mudah dibuat kerajinan tangan ini cocok sekali diberikan pada anak-anak yang masih duduk di bangku SD kelas 1 atau 2. Bahkan mungkin juga sudah bisa diberikan untuk anak-anak TK besar. Lihatlah, bagus bukan?

Penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
Baca juga:
Cara Membuat Capung Kertas untuk Anak-Anak
Membuat Kupu-Kupu Cantik dari Kertas Bekas dengan Teknik Quilling
Origami Mudah untuk Anak TK dan SD : Burung Hantu
Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas


Bahan-Bahan dan Alat yang Diperlukan

Dalam pembuatan kerajinan tangan ini dibutuhkan:
  • selembar kertas tipis (HVS atau bekas majalah, atau kertas origami) ukuran 20 x 20 cm, di sini saya menggunakan kertas berwarna hijau, nantinya digunakan untuk membuat sayap
  • Selembar kertas agak tebal (saya menggunakan kertas bufallo untuk sampul makalah) ukuran 10 cm x 6 cm, di sini saya menggunakan warna biru malam yang akan digunakan nantinya untuk membuat badan, kepala dan ekor burung merak
  • Selembar kertas agak tebal ukuran 24 cm x 15 cm, saya menggunakan warna kuning yang nantinya akan dipakai sebagai alas mendudukkan burung merak yang telah dibuat.
  • Lem kertas yang kuat, secukupnya.
  • Gunting
  • Cutter
  • Mistar

Langkah-Langkah Membuat Burung Merak dari Kertas

Berikut ini adalah langkah untuk membuat burung merak seperti gambar di bawah ini.

  • Siapkan kertas ukuran 20 cm x 20 cm untuk membuat sayap. Ukuran sebenarnya dapat diubah sesuai selera, demikian juga warna. Anda atau anak-anak boleh saja menggunakan warna selain hijau. Perhatikan gambar langkah 1 berikut.
  • Lipatlah kertas seperti lipatan akordion, dengan lebar sekitar 1 cm untuk setiap lipatannya. Selanjutnya lipat dua sehingga membentuk seperti kipas cina. Lihat gambar langkah 2 di bawah.
  • Berikutnya dari selembar kertas ukuran 10 cm x 6 cm, buatlah tubuh burung merak. Untuk memudahkan anak, bantulah ia membuat sketsanya (ouline) terlebih dahulu. Jangan khawatir bila bentuk tidak terlalu bagus. Yang paling penting sudah nampak bentuk kepala beserta paruh, badan dan ekor. Justru nanti cara mereka menggambar dan menggunting yang tidak sempurna akan menjadikan burung merak unik khas buatan anak-anak. Lihat gambar langkah 3 di bawah.
  • Berikutnya, beri lem pada sisi dalam lipatan sayap. Kita akan menempelkan tubuh burung merak dengan menyelipkannya di antara kedua sisi lipatan. Perhatika gambar langkah 4 berikut.
  • Dari sisa potongan kertas lainnya, buatlah dua buah lingkaran kecil untuk memberi mata burung merak. tempelkan dengan lem pada tempat yang sesuai di sebelah kiri dan kanan sisi kepala burung merak. Lihatlah langkah 5.
  • Siapkan selembar kertas tebal ukuran 24 cm x 15 cm. Kita akan menjadikannya alas untuk meletakkan burung merak yang telah dibentuk sebelumnya. Perhatikan gambar langkah 6 berikut.
    • Siapkan burung merak dengan memberi lem sisi bawah lipatan sayap. Burung merak akan disatukan dengan kertas alas untuk dudukannya. Perhatikan gambar langkah 7 ini.
    • Perkirakan posisi terbaik untuk burung merak ketika ditempelkan ke atas kertas alas yang sudah disiapkan tadi. Jika dirasa sudah seimbang kiri-kanan dan depan-belakang, rekatkan burung merak pada kertas yang menjadi alasnya tersebut. Perhatikan gambar pada langkah 8 berikut.
    • Nah, selesai sudah burung merak hasil kerajinan tangan (papercraft) dari bahan kertas bekas ini. Bagaimana? Pasti anak-anak bisa membuatnya bukan?
    Demikian langkah-langkah cara membuat kerajinan tangan sederhana dan mudah dari bahan kertas bekas. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.
    Baca juga:
    Origami Mudah: Wajah Anjing, Cocok untuk Anak TK
    Cara Menggambar Pinguin dengan Sidik Jari
    Cara Membuat Ulat Kertas untuk Anak TK
    Cara Membuat Ular Kertas untuk Anak TK
    Origami Gampang: Wajah Ayam
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...