Cara Menggambar Anime : Wajah Cewek

Cara Menggambar Anime : Wajah Cewek

Anime atau manga memang salah satu kebudayaan Jepang yang telah mendunia. Banyak anak-anak dan remaja tertarik dengannya. Beberapa mereka punya hobi membaca komik atau film animasi genre ini, bahkan mencoba menggambar karakter yang ada di dalamnya. Nah kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial cara menggambar anime yaitu wajah seorang cewek. Hasil akhirnya seperti gambar di di bawah ini.

di artikel ini kamu akan mengikuti langkah-langkah menggambar wajah karakter anime
wajah cewek dengan gaya anime

Langkah-Langkah Menggambar Anime Wajah Perempuan

Sipakan alat-alat tulis dan kertas yang diperlukan. Di sini, saya menggunakan kertas bufallo putih ukuran F4, pensil, dan pulpen waterproof, serta kuas dan watercolor pencil. Ayo kita mulai.
buat bentuk oval lalu tambahkan garis-garis untuk bagian wajah karakter anime yang akan dibuat
langkah 1
  • Mulailah dengan membuat sketsa wajah dengan bentuk oval, lalu tambahkan garis bantu untuk menentukan letak bagian-bagian wajah seperti mata, hidung, dan mulut, serta telinga. Caranya buat garis lurus sejajar arah kepala untuk membuat garis tengah wajah, lalu tambahkan garis mata hidung dan mulut. Untuk menggambar karakter anime cewek, kamu harus membuat bentuk oval dengan dagu lancip. Lihat langkah 1.
tambahkan garis bantu untuk menggambar bagian mata karakter anime cewek
langkah 2
  • Berikutnya tambahkan garis bantu untuk membuat mata anime cewek dari karakter yang diinginkan. Caranya lihat gambar langkah 2 di atas.
buat outline untuk mata anime
langkah 3
  • Mulailah menggambar mata dengan membuat outline bentuk mata yang diinginkan. Pada tutorial ini saya mencoba membuat mata dengan karakter agak realistik, tetapi ukurannya tetap besar seperti umumnya gambar anime. Ingat, mata adalah bagian penting dari wajah anime yang membuatnya khas. Jadi bagian ini penting untuk menjadi perhatian utama. Lihat gambar langkah 3 di atas.
tambahkan bagian berupa lingkaran putih pada bola mata untuk pantulan cahaya untuk membuat mata menjadi kelihatan hidup
langkah 4
  • Selanjutnya, tambahkan pantulan cahaya berbentuk lingkaran putih pada bola mata. Lingkaran putih ini akan membuat mata karakter anime akan menjadi lebih hidup. Bagian ini tidak boleh dilupakan pada saat menggambar anime. Letaknya harus serasi. Jika kamu meletakkannya di sisi kanan pada mata kiri maka demikian juga pada mata kanan. Letaknya harus sama. Jika tidak mata anime akan tampak aneh. Lihat gambar langkah 4
berikan lingkaran pupil dan tambahkan garis-garis untuk membuat iris pada bola mata karakter anime
langkah 5
  • Kemudian, pada tahap berikutnya buatlah pupil, yaitu lingkaran hitam di tengah mata. Posisinya harus di bawah lingkaran pantulan cahaya yang telah digambar sebelumnya. Kamu juga dapat mengganti warna dengan biru tua, coklat tua, atau hijau tua, atau warna lain kesukaanmu. Atau kamu dapat menggantinya nanti pada saat proses pewarnaan. Kemudian tambahkan juga bagian iris atau selaput pelangi berupa garis-garis dari tepi bola mata ke arah titik pusat pupil. Posisinya juga ada di bawah lingkaran pantulan cahaya yang berwarna putih yang telah digambar sebelumnya. Kemudian, tambahkan pula alis. Untuk karakter cewek, alis dibuat berupa garis tipis. Beda dengan karakter anime cowok atau laki-laki tua, di mana alis biasanya lebih tebal. Perhatikan gambar langkah 5.
tambahkan garis untuk menggambar hidung dan bibir pada garis bantu yang telah dibuat sebelumnya
langkah 6
  • Selanjutnya tambahkan bagian hidung. Bagian hidung untuk anime atau manga juga sangat khas. Biasanya hanya berupa bentuk kecil seperti koma atau garis lengkung kecil yang pendek dan tipis. Gambar pada garis bantu yang telah dibuat agar wajah karakter anime menjadi simetris dan natural. Kemudian, gambarlah bagian bibir atau mulut. Mulut juga bagian wajah yang sangat khas pada karakter anime. Untuk profil cewek, biasanya mulut kecil dan bibir tipis. Ekspresi emosi sangat berkaitan dengan garis bibir yang digambar. Pada tutorial ini saya membuatnya tersenyum kecil, jadi garis bibir digambar mengikuti garis bantu mendatar dengan bagian ujung agak melengkung ke atas. Lalu tambahkan bayangan atau penebalan garis pada bagian ujung-ujung. Tambahkan pula garis di bagian bawah untuk menunjukkan seberapa tipis atau tebal bibir karakter anime cewekmu. Lihat gambar langkah 6.
gambar telinga di kiri dan kanan wajah sesuai garis bantu mata dan hidung, lalu hapus garis bantu
langkah 7
  • Tambahkan bagian telinga. Posisi telinga digambar sejajar dengan batas mata dan hidung. Tebalkan dan tegaskan garis rahang di wajah sebelah kiri dan kanan. Kemudian, hapus garis bantu pada bagian wajah. Lihat gambar langkah 7.
gambar sketsa outline rambut bagian atas kepala dan buat helaian rambut agar terlihat alami tergerai
langkah 8
  • Gambarlah helaian rambut. Saya mencoba membuat karakter anime cewek dengan rambut lurus dan panjang. Buatlah terlebih dahulu outline batas rambut bagian atas kepala, lalu tambahkan bagian helaian rambut yang tergerai karena tertiup angin untuk memberikan efek alami pada karakter anime cewek kamu. Tambahkan juga bagian leher. Untuk karakter perempuan, ukuran leher lebih ramping dan jenjang dibanding karakter laki-laki atau cowok. Perhatikan gambar langkah 8.
gambarlah skets untuk rambut bagian dahi
langkah 9
  • Selanjutnya, gambarlah helaian-helaian rambut pada bagian dahi karakter anime. Ada beragam pilihan model rambut dan mungkin juga aksesoris yang bisa ditambahkan. Tetapi pada karakter ini saya ingin rambutnya polos tanpa aksesoris apapun. Lihat gambar langkah 9.
gambarlah sketsa untuk bagian baju yang berdekatan dengan leher
langkah 10
  • Selanjutnya, tambahkan mungkin bagian baju yang tampak di bagian leher. Pada karakter anime cewek ini saya memberikan baju model kerah shanghai dengan kancing. Lihat langkah 10.
tebalkan sketsa dengan pulpen waterproff dengan memperhatikan tipis tebal garis dan hapus garis pensil yang sudah tidak diperlukan lagi
langkah 11
  • Jika sketsa kamu sudah kelihatan terbentuk, mulailah menebalkan garis-garis yang diinginkan dengan menggunakan pulpen waterproof. Perhatikan tebal tipis garis untuk membuat karakter anime lebih bagus. Setelah itu hapuslah garis-garis sketsa yang tidak diperlukan lagi. Perhatikan gambar langkah 11.
ganti garis pensil dengan pulpen, dan tebalkan bagian-bagian yang diperlukan. Hapus bekas pensil untuk melanjutkan ke pewarnaan
langkah 12
  • Nah, saya sudah selesai mengganti garis-garis pensil sketsa awal dengan pulpen. Sisa garis pensil sudah dapat dihapus keseluruhan sebelum proses pewarnaan dimulai. Lihat langkah 12.
selanjutnya mulailah mewarnai karakter anime dari bagian kulit wajah terlebih dahulu
langkah 13
  • Untuk pewarnaan saya pada tutorial ini menggunakan watercolor pencil. Saya menggunakan kuas basah untuk mengambil warna dari pensil. Mulailah dengan kulit wajah. Sesuaikan warna dengan karakter anime cewek yang kamu buat. Lihat langkah 13.
warnai kulit wajah dan leher, tambahkan warna yang lebih gelap atau lebih terang pada bagian-bagian tertentu
langkah 14
  • Selesaikan mewarnai seluruh bagian kulit wajah hingga leher. Mungkin kamu juga membutuhkan warna yang lebih gelap atau lebih terang untuk memberikan efek bayangan pada bagian wajah anime buatanmu. Lihat langkah 14.
warnai bola mata dengan warna gelap untuk bagian pupil dan yang lebih terang untuk bagian iris mata
langkah 15
  • Pewarnaan mata anime pada tutorial di sini menggunakan warna biru. Untuk bagian pupil gunakan warna yang lebih gelap daripada bagian iris. Pupil adalah bagian tengah bola mata yang berbentuk lingkaran. Perhatikan, bahwa lingkaran pantulan cahaya jangan diutak-atik karena warnanya harus tetap putih. Lihat gambar langkah 15.
warnai rambut dengan beragam gradasi warna yang diinginkan
langkah 16
  • Berikutnya adalah pewarnaan rambut. Mulailah dengan warna medium. Pada tutorial ini saya menggunakan warna kuning. Untuk bagian gelap saya akan menggunakan warna oranye dan coklat serta hitam. Ikuti pola garis-garis helaian rambut agar pewarnaan rambut terlihat rapi. Lihat gambar langkah 16
warnai bibir dengan warna yang diinginkan
langkah 17

  • Selanjutnya pewarnaan bagian mulut atau bibir. Pilih warna yang diingikan. Saya mencoba menggunakan warna pink. Lihat gambar langkah 17.
Nah, selesai sudah gambar karakter cewek dengan gaya anime (manga) ini. Hasil akhirnya seperti yang terlihat pada gambar paling atas. Lumayan juga kan?

Baca juga:
Cara Menggambar Pohon Cantik dengan Cotton Bud untuk Anak TK
Cara Menggambar Pinguin dengan Sidik Jari
Cara Menggambar Kura-Kura dengan Sidik Jari
Cara Menggambar Kucing dengan Sidik Jari

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...