Pembersih Wajah dari Bahan-Bahan Alami

tampil cantik dengan pembersih wajah alami

Kulit Bersih adalah Dambaan Pria dan Wanita

Pria, apalagi wanita tentu mendambakan kulit wajah yang segar, bersih dan berseri. Kulit wajah yang bersih, segar, dan berseri itu tentu tak akan diperoleh begitu saja. Jika anda juga menginginkannya, maka tentulah anda harus rajin membersihkan wajah secara teratur.

Bahaya Penggunaan Bahan Pembersih Wajah Non-Alami

Sangat disarankan untuk selalu menggunakan bahan-bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah atau di dapur anda. Pembersih alami sangat dianjurkan untuk digunakan untuk membersihkan kulit wajah karena sifatnya yang tidak menimbulkan efek samping seperti bahan-bahan kimia. Tidak jarang, justru penggunaan bahan-bahan kimia dari pembersih wajah non-alami mengakibatkan iritasi atau rekasi alergi bagi seseorang. Akibatnya, tumbuhlah jerawat atau pembengkakan dan infeksi pada lapisan atas kulit. Bahkan, yang sangat ditakutkan tentunya adalah terdapatnya bahan-bahan
berbahaya dalam pembersih wajah pabrikan dari produsen yang tidak bertanggungjawab. Bahan-bahan berbahaya ini dapat memberikan efek yang lebih menakutkan, yaitu kanker kulit. Produk-produk pembersih wajah yang diproduksi oleh produsen kosmetik biasanya tak bebas dari bahan sabun sebagai material utama, padahal beberapa jenis kulit pada orang-orang tertentu bersifat sensitif dan justru mengalami iritasi karenanya. Jadi jika anda adalah pria atau wanita dengan kulit sensitif sedemikian, maka sebaiknya anda berhenti mencari produk yang sesuai, dan beralih ke pembersih wajah dari bahan alami buatan sendiri.
Baca: Daftar Tumbuhan Bahan Herbal untuk Pengobatan Kanker

Memang penggunaan pembersih wajah pabrikan yang sangat beragam disediakan di toko-toko kosmetik praktis dalam pemakaian. Tetapi, dengan menyediakan sedikit tambahan waktu, andapun, pria atau wanita, akan dapat membuat sendiri bahan pembersih wajah dari bahan alam. Cara pembuatan pembersih wajah dari bahan alami juga biasanya sangat mudah. Jadi semua orang akan dapat melakukannya dengan baik. Dan jika anda telah menyiapkan bahan-bahannya, maka dalam waktu singkat anda sudah dapat menggunakan pembersih dari bahan alami ini untuk membersihkan wajah anda.

Cara Membuat Pembersih Wajah dari Bahan Alami untuk Kulit Kering


Pembersih Wajah Alami dari Kopi, Minyak Zaitun, dan Minyak Kelapa

Bahan yang anda perlukan sangat mudah diperoleh, yaitu minyak zaitun 2 sendok makan (boleh diganti dengan minyak kelapa atau minyak sayur), 20 gram kopi bubuk. Campurkan semua bahan dalam penggorengan kecil (dapat menggunakan pan untuk membuat telur ceplok), lalu panaskan dengan api kecil sambil diaduk, setelah tercampur rata dan panas, angkat. Kemudian taburkan satu sendok teh gula pasir. Dinginkan beberapa waktu sehingga masih hangat dan tidak terlalu panas untuk dioleskan ke kulit wajah dan leher. Usap wajah dan leher dengan pembersih alami tersebut selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih yang lembut.

Pembersih Wajah Alami dari Buah Alpukat untuk Kulit Kering

Karena buah alpukat mengandung lemak, maka buah ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan wajah secara alami untuk jenis kulit kering. Caranya sangat gampang. Belah 1 buah alpukat kemudian ambil daging buahnya dengan sendok, kemudian lumatkan. Anda dapat menambahkan sedikit air hangat atau 1 sendok makan susu segar. Boleh juga menggunakan madu. Usapkan adonan yang telah menjadi lembut ini ke kulit wajah dan leher. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Cara Membuat Pembersih Wajah Alami untuk Kulit Berminyak


Pembersih Wajah Alami dari Kopi, Air, dan Jeruk Nipis

Siapkan 20 gram kopi bubuk lalu campurkan dengan sedikit air panas, aduk rata sehingga membentuk adonan encer. Peras satu buah jeruk nipis pada adonan kopi, kemudian tambahkan pula 1 sendok makan madu hutan. Pada saat masih hangat dan tidak terlalu panas, gunakan untuk dioleskan pada kulit wajah secara merata. Usap dengan lembut seluruh bagian wajah dan leher selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering yang bersih dan lembut.

Pembersih Wajah Alami dari Buah-Buahan untuk Kulit Berminyak

Banyak sekali jenis buah-buahan yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah dengan jenis kulit berminyak. Kita ketahui bahwa sifat asam yang banyak dimiliki buah-buahan sangat cocok untuk membersihkan kelebihan minyak dan kotoran yang menempel pada kulit wajah setelah beraktivitas. Buah-buahan tersebut antara lain mangga, mentimum, apel, semangka, pepaya, pisang, dan sebagainya. Prinsipnya, jika daging buah dihaluskan dengan cara diblender dengan menambahkan sedikit air. Setelah terbentuk adonan dengan kekentalan yang cukup, oleskan dan pijatkan ke kulit wajah yang ingin dibersihkan. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan itu sekaligus memberikan nutrisi bagi kulit wajah. Beberapa bahan aktif yang dikandung buah-buahan juga bersifat antibakteri sehingga ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah.

Cara Membuat Pembersih Wajah Alami untuk Kulit Normal

Ambil putih telur dari sebutir telur ayam kampung. Tambahkan 3 sendok makan madu hutan dan 1 sendok makan tepung terigu, jika tidak ada tepung terigu bagus juga menggunakan tepung beras. Aduk hingga menjadi adonan yang tidak terlalu kental. Jika terlalu kental, anda dapat menambahkan sedikit madu atau putih telur. Usapkan ke kulit wajah dan leher untuk membersihkannya selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk lembut yang kering dan bersih.

Baca Juga:
Manfaat Urang-Aring untuk Kesehatan
Khasiat Tanaman Andong Merah 
Belimbing Sayur Sangat Baik untuk Kesehatan
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...