Origami Mudah untuk Anak TK : Anjing

origami mudah untuk TK dan SD
origami anjing untuk anak TK dan SD kelas rendah
Lihatlah gambar di samping. Itu adalah salah satu contoh origami yang sangat sederhana dan mudah dibuat, jadi cocok sekali untuk anak-anak yang masih duduk di bangku TK atau sekolah dasar (SD) kelas rendah seperti kelas 1 atau 2. Nah, di bawah ini kita bisa mengikuti langkah-langkah cara melipat kertas origami untuk membentuk papercraft yang satu ini. Di bawah juga disediakan diagram origami untuk langkah-langkah yang sangat mudah ini. Yuk kita ikuti.

Baca juga:
Origami untuk Anak TK : Kucing
Cara Mudah Menggambar Kura-Kura dengan Sidik Jari



Cara Membuat Origami Anjing untuk Anak TK dan SD Kelas Rendah

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Sediakan kertas origami. Warna apapun boleh dipakai, jika tidak punya, kertas bekaspun jadi, asalkan dibentuk dulu menjadi persegi yang sama ukuran sisi-sisinya. Untuk anak TK atau SD kelas rendah, gunakanlah kertas yang berukuran agak besar sehingga memudahkan mereka melipatnya. Lihat langkah 1.

origami mudah untuk TK dan SD
langkah 1
  • Selanjutnya, lipatlah kertas mulai dari sudut atas ke arah sudut bawah. Akan terbetuk sebuah segitiga besar. Lihat langkah 2.
origami mudah untuk TK dan SD
langkah 2
  • Kemudian lipat lagi segitiga besar tersebut dari arah samping, anda dapat mulai dari sudut sebelah kanan atau kiri. Akhirnya terbentuklah segitiga yang lebih kecil seperti gambar di bawah ini. Lihat langkah 3.
origami mudah untuk TK dan SD
langkah 3
  • Buka kembali segitiga kecil tersebut sehingga kembali ke bentuk segitiga besar. Lipatan tadi hanya dimaksudkan untuk memberi garis bantuan berupa bekas lipatan untuk menentukan garis tengah segitiga besar. Perhatikan langkah 4 di bawah ini.
origami mudah untuk TK dan SD
langkah 4
  • Dengan bantuan garis bekas lipatan yang terbentuk itu, lipat ujung-ujung segitiga sebelah kiri dan kanan menuju ke bawah, beri jarak sekitar 2 atau 1,5 cm dari garis lipatan yang ada di tengah. Ini akan membentuk telinga anjing. Lihat langkah 5.
origami mudah untuk TK dan SD
langkah 5
  • Selanjutnya, lipatlah ujung segitiga bagian bawah ke arah atas menurut garis tengah bekas lipatan. Ini akan membentuk bagian hidung dan dagu anjing. Perkirakan saja berapa banyak anda harus melipat. Mungkin sekitar 2,5 atau 3 cm ke atas. Nah, bentuk wajah aning sudah jadi. Tinggal diberikan sedikit sentuhan dengan spidol atau pensil warna. Perhatikan langkah 6 di bawah ini.
origami sederhana untuk TK dan SD
langkah 6
  • Buatlah mata anjing dan hidungnya seperti gambar. Anda tentu dapat menggunakan spidol atau alat tulis lain yang sekiranya memudahkan dan disukai anak-anak. Perhatikan langkah 7 berikut. Selesai sudah origami wajah anjing yang diinginkan. Mudah sekali bukan?
origami sederhana untuk TK dan SD
langkah 7
Oh ya, bagi anda yang mungkin ingin lebih jelas mengenai langkah-langkah membuat papercraft berupa origami kepala anjing ini dapat memperhatikan diagram origami berikut ini.

diagram origami wajah anjing cocok untuk anak TK atau SD kelas rendah
Demikian tutorial langkah demi langkah cara membuat papercraft origami kepala (wajah) anjing yang sangat mudah dan sederhana sehingga cocok untuk anak-anak yang masih berusia TK atau SD kelas rendah (kelas 1 atau kelas 2). Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca juga:
Bermain Bentuk Sederhana dengan Kertas Warna-Warna Melalui Lipatan dan Gunting
Cara Melipat dan Menggunting Kertas Bentuk Bintang
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...