Origami Mudah untuk Anak TK : Burung Hantu

origami mudah anak TK burung hantu
origami burung hantu ini sangat mudah, cocok untuk anak TK dan SD kelas rendah

Mudah, Cara Membuat Origami Burung Hantu untuk Anak TK dan SD Kelas Rendah

Beberapa waktu yang lalu di blog ini telah disuguhkan tulisan tentang membuat aneka papercraft, mulai dari pembuatan bunga dari kertas, menggunting bentuk bintang atau variasi lainnya, atau membuat kotak pensil dari barang bekas seperti bekas kotak teh celup. Sebelumnya juga telah disuguhkan cara membuat origami yang mudah untuk anak TK atau SD kelas rendah berupa origami kucing dan anjing. Nah, kali ini saya akan kembali memberikan cara melipat kertas origami untuk membuat papercraft origami burung hantu untuk anak TK dan SD kelas rendah. Caranya mudah sekali, hanya beberapa langkah lipatan saja. Jadi anak-anak yang baru dikenalkan dengan origamipun bisa membuatnya, tentunya dengan sedikit bantuan guru atau orang tua. Langsung saja kita simak cara pembuatannya berikut ini.
Baca Juga:
Langkah Membuat Origami Binatang: Kucing, untuk Anak TK
Origami Anak TK dan SD Kelas Rendah: Kepala Anjing

  • Siapkan selembar kertas origami, letakkan di atas meja seperti posisi langkah 1 di bawah ini. Selanjutnya lipat kertas dari ujung sudut atas menuju ujung sudut bawah. Perhatikan gambar pada langkah 2 di bawah.
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 1
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 2
  • Selanjutnya, buka kembali lipatan kertas. Kita memerlukan bekas lipatan untuk membantu lipatan lainnya nanti. Perhatikan gambar langkah 3 di bawah ini. Kemudian, lipat lagi kertas origami dari ujung sudut sebelah kanan menuju ujung sudut sebelah kiri. Perhatikan gambar langkah 4 di bawah.
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 3
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 4
  • Pada langkah kelima, lipatan kertas kembali dibuka. Perhatikan gambar di bawah ini. Selanjutnya lipatlah ujung sudut atas mengikuti garis bekas lipatan. Lipatan dibuat menuju ke bawah sebanyak lebih kurang satu per tiga bagian dari garis lipatan mendatar. Perhatikan gambar langkah 6 berikut ini.
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 5
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 6
  • Kemudian, dari ujung sudut bawah, lipat kertas menuju ke atas mengikuti garis tengah bekas lipatan hingga mencapai ujung lipatan kecil di atasnya yang baru saja dibuat sebelumnya. Kedua ujung lipatan yang runcing itu bertemu seperti ditunjukkan gambar langkah 7 di bawah ini.
  • Lalu lipatlah ujung sudut sebalah kanan menuju ke tengah kertas. Ada garis bekas lipatan sebelumnya untuk membantu anda menuju titik yang diinginkan. Perhatikan gambar langkah 8 di bawah ini.
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 7
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 8
  • Ulangi langkah sebelumnya dengan melipat ujung sudut sebelah kiri menuju garis tengah. Kini kedua ujung sudut kiri dan kanan kertas origami bertemu di tengah-tengah mengikuti garis bekas lipatan. Perhatikan gambar langkah 9 di bawah ini.
  • Berikutnya kita akan membuat lipatan untuk membentuk paruh burung hantu. Caranya, lipat ujung sudut yang ada di tengah-tengah kertas origami (ujung yang sebagian besar lipatan tertimpa lipatan dari samping), menuju ke bawah. Perhatikan gambar langkah 10 agar lebih jelas. Nah, origami sederhana bentuk binatang burung hantu sudah selesai. Tinggal sedikit sentuhan akhir.
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 9
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 10
  • Gunakan spidol (marker) untuk menggambar mata dan memberi aksen untuk sayap pada origami yang baru dibuat. Tentu saja anda juga dapat menggunakan krayon, cat air, pensil atau alat tulis lainnya untuk ini. Dengan demikian selesai sudah origami burung hantu anda. Bagus bukan?
origami mudah anak TK burung hantu
langkah 11

Selain gambar-gambar berurutan tentang langkah-langkah melipat kertas untuk membuat origami sederhana bentuk binatang burung hantu di atas, anda juga dapat memperhatikan diagram origami berikut ini. Semoga dengan diagram berikut, langkah-langkah yang diperlukan untuk melipat origami binatang burung hantu ini menjadi semakin jelas.
origami mudah anak TK burung hantu
diagram origami mudah, binatang kucing

Semoga, dengan langkah-langkah yang disertai gambar dan diagram origami tersebut dapat memudahkan para guru atau orang tua yang anak-anaknya masih duduk di bangku TK atau SD kelas rendah untuk mengajar mereka membuat papaercraft origami sederhana bentuk burung hantu. Semoga menginspirasi. Wassalam.
Baca juga:
Cara Mudah Menggambar Kura-Kura dengan Sidik Jari
Menggunting dan Melipat Kertas Warna: Membuat Bentuk Sederhana Nan Unik
Melipat dan Menggunting Kertas Membentuk Bintang
Kerajinan Tangan Anak: Membuat Capung Kertas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...