Mengapa Blog Anda Harus Mobile Friendly?

blog anda harus mobile friendly
blog yang mobile friendly akan lebih unggul di google

Mobile Friendly Sites Faktor Perangkingan Penting Mulai April 2015

Kabar baru buat para blogger yang mempunyai blog atau website yang belum mobile friendly, atau sengaja disetting agar tak dapat ditampilkan dalam layout mobile. Blog atau website yang demikian akan mendapat masalah, karena pada bulan April 2015 mendatang, google akan menjadikan ini sebagai salah satu faktor perankingan blog atau website di SERPs (Search Engine Result Pages) alias hasil pencarian mesin google. Ini berarti situs-situs yang tidak mobile friendly akan tergusur oleh situs-situs yang mobile friendly. Hal ini dilakukan google karena peningkatan yang sangat tajam akan penggunaan smartphone oleh pengguna internet, diperkirakan nanti akan melampaui penggunaan komputer desktop.

Jadi, mulai sekarang, bila anda menyetting blog dengan mematikan tampilan mobile, maka sebaiknya segera dihidupkan kembali. Beberapa blogger atau webmaster memang sengaja mematikan fitur ini karena mereka menganggap bahwa penghasilan tayangan iklan lebih optimal di komputer desktop dibanding tampilan mobile. Akibatnya, ketika pengguna browsing dengan mobile pun, tampilan website atau blog mereka adalah dalam layout desktop.


Aplikasi / Tool untuk Mengetes Blog Anda

Jika anda tidak yakin apakah blog atau website anda mobile friendly, maka anda dapat melakukan testing (pengujian) di halaman berikut yang telah disediakan oleh google: Webmaster tool/Kebergunaan Seluler

Selanjutnya, jika blog anda sudah mobile friendly, ada baiknya anda juga mengecek kecepatan situs saat diakses dengan perangkat mobile. Ada 2 tool yang dapat membantu anda untuk melakukan tes ini, yaitu Google Page Speed Inside (disediakan oleh google)  dan GTMetrix

Cara menggunakan kedua tool ini sangat mudah, anda tinggal memasukkan URL (alamat) blog atau website anda saja. Dalam beberapa detik, laporan bagaimana kecepatan situs anda saat diakses dengan perangkat mobile akan ditampilkan.

Demikian tulisan tentang berita update dari google mengenai faktor perankingan terbaru oleh google dalam search result pages-nya, semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Menambahkan Blog Baru Ke Google Analytics 
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Ke Blog Anda 
Tips Terbaru Meningkatkan Traffic Ke Blog Anda 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...