Cara Membuat Origami Sederhana : Ayam

Origami Sederhana dan Mudah untuk Anak TK atau SD Kelas 1 dan 2

Pada tulisan kali ini, saya kembali akan memberikan langkah-langkah membuat kerajinan tangan untuk anak usia TK atau anak SD kelas 1 dan 2. (kelas rendah). Kerajinan yang akan diuraikan langkah-langkahnya ini tidak jauh-jauh dari yang sebelumnya yaitu papercraft berupa origami sederhana dan mudah: origami binatang ayam. Tulisan ini sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yaitu tentang origami mudah bentuk binatang: kucing, burung hantu, dan anjing.

origami ayam ini sangat mudah dan sederhana, hanya memerlukan beberapa langkah sehingga dapat menjadi kegiatan anak TK atau SD kelas 1 dan 2 untuk aktivitas kerajinan tangan mereka
origami ayam, mudah dan sederhana
Pada kegiatan pembelajaran di TK atau SD kelas rendah seperti kelas 1 dan kelas 2, pelajaran origami yang mungkin dimasukkan sebagai bagian dari pembelajaran tematik terkait kerajinan tangan atau prakarya dapat melatih anak-anak untuk kreatif, mengikuti sebuah urutan prosedur kerja dan berusaha bersikap rapi dan teliti tentu sangat baik untuk mereka.

Coba lihatlah foto origami ayam disamping, bagus bukan?

Cara Membuat (Langkah-Langkah Melipat Kertas) Origami Menjadi Papercraft Binatang: Ayam

Lalu bagaimanakah cara atau langkah-langkah membuat origami binatang ayam ini? Mudah saja, silakan ikuti langkah demi langkah yang diberikan dan telah disertai foto-foto berikut.
Baca juga:
Cara Menggunting dan Melipat Kertas Bentuk Bintang
Cara Membuat Bunga dan Potongan Kertas Bekas
Cara Membuat Baling-Baling Kertas dengan Teknik Melipat


langkah pertama cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD
langkah 1
  • Sediakan selembar kertas origami, gunakan ukuran yang besar atau tanggung untuk anak-anak agar semakin mudah mereka menanganinya. Jika tidak punya kertas origami, kertas bekaspun jadi. Posisikan seperti langkah 1.Lihat gambar di atas.
langkah kedua cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD
langkah 2
  • Lipat ke arah atas sehingga ujung-ujung kertas bertemu dan membentuk segitiga. Selanjutnya buka kembali lipatan, karena tujuannya hanya untuk membuat garis lipatan untuk membantu lipatan-lipatan berikutnya. Perhatikan gambar langkah 2.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 3
langkah 3
  • Lipat kembali kertas origami, kali ini dari arah kanan menuju kiri (anda boleh melakukan sebaliknya dari kiri ke kanan tentu saja). Tujuannya sama seperti langkah sebelumnya, ini hanya untuk membuat garis lipatan sebagai pembantu arah lipatan berikutnya. Perhatikan gambar langkah 3.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 4
langkah 4
  • Buka kembali lipatan. Nah, sudah terbentuk garis lipatan diagonal pada kertas origami. Lihat gambar langkah 4.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 5
langkah 5
  • Sekarang kita kembali melipat untuk membentuk garis bantu berikutnya. Lipat ujung bawah ke bagian tengah garis pertemuan yang terletak di pusat kertas origami. Tekan dan rapikan dengan ujung jari lipatan baru yang terbentuk. Perhatikan gambar langkah 5.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 6
langkah 6
  • Nah, sekarang kita akan mulai melipat kertas origami untuk membentuk paruh ayam. Lipat ujung kertas dari arah bawah seperti sebelumnya, tetapi sekarang, bekas lipatan sebelumnya dibuat berimpit (sama tinggi dengan lipatan diagonal mendatar). Perhatikan gambar langkah 6.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 7
langkah 7
  • Pada langkah berikutnya, lipat kembali ujung kertas ke arah bawah sehingga persis berada pada tepi bawah lipatan. Sekarang paruh ayam telah terbentuk. Mudah sekali bukan? Lihat gambar langkah 7 untuk lebih jelasnya.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 8
langkah 8
  • Berikutnya balikkan kertas origami. Kita akan membuat jengger ayam. Perhatikan gambar langkah 8 di atas.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 9
langkah 9
  • Lipat ujung atas ke arah bawah. Kira-kira saja, mungkin 1/3 atau 1/4 dari garis diagonal mendatar. Posisikan agar ujung lipatan rapi dengan meletakkan ujung kertas pada garis lipatan vertikal (tegak). Lihat langkah 9 di atas.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 10
langkah 10
  • Sekarang, lipat kembali ujung kertas tadi ke arah atas, sehingga setengah bagian ujung muncul di atas lipatan sebelumnya. Itulah jengger origami ayam nantinya. Perhatikanlah gambar langkah 10 supaya lebih jelas.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 11
langkah 11
  • Selanjutnya kita akan membuat wajah ayam menjadi proporsional, yaitu dengan membentuk sisi wajah. Caranya gampang, lipat ujung kanan menuju ke arah tengah kertas origami. Beri jarak sekitar 2 atau 2 setengah cm dari garis lipatan vertikal. Lihat gambar 11.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 12
langkah 12
  • Lalu, lakukan hal yang sama untuk bagian ujung kertas sebelah kiri. Perhatikan langkah 12.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 13
langkah 13
  • Balik kertas origami. Taaa...raaaa....! Origami ayam sudah terbentuk.Sekarang tinggal sedikit sentuhan agar ayam menjadi cantik.
cara melipat kertas origami menjadi bentuk ayam yang sangat mudah sehingga cocok untuk anak TK atau anak SD langkah 14
langkah 14
  • Dengan menggunakan spidol atau krayon, buat lingkaran mata. Variasi bentuk mata terserah anda. Jika ingin tampak feminin, tambahkan beberapa helai bulu mata. Selesai.
Oh ya, jika anda telah terbiasa dengan diagram origami, maka anda juga dapat memperhatikan diagram urutan langkah-langkah dalam melipat kertas menjadi bentuk ayam berikut ini.
diagram origami binatang ayam ini cocok diajarkan kepada anak-anak yang masih duduk dibangku TK atau SD kelas rendah, karena mudah dan sederhana pembuatannya
diagram origami: binatang ayam

Demikian tutorial atau cara membuat origami binatang ayam untuk anak TK dan SD kelas rendah yang sangat mudah dan sederhana . Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.
Baca juga:
Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pensil dari Barang Bekas
Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas dengan Teknik Quilling
Mudah, Membuat Kelinci Kertas dengan Teknik Quilling
Cara Membuat Kincir Angin Mini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...