Tutorial Cara Membuat Blog Di Blogspot

tutorial membuat blog di blogger
Blogger mempunyai platform blogging yang user friendly

Tutorial Mudah Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot (Blogger)


Hari gini gak punya blog? Hi..hi... jangan sewot. Itu cuma pengantar yang mencoba meniru-niru iklan di tivi. Oh ya, mungkin sahabat punya rencana untuk membuat blog? Nah, kali ini saya akan mencoba menulis tutorial mudah cara membuat blog di blogger atau blogspot. Sebagai pemula tentunya anda ingin menggunakan platform terbaik untuk blogging. Yup, pilihan anda tidak salah blogger lah menurut saya yang oke punya.



Alasan Memilih Platform Blogger Untuk Blogging

Beberapa alasan mengapa banyak orang menggunakan platform blogger untuk blogging adalah:
  1. User friendly (mudah digunakan).
  2. Gratis jika anda menggunakan subdomain blogger untuk blogspot.
  3. Dapat dipasangi iklan (blogspot membolehkan penggunanya memasang script iklan) mulai dari google adsense, hingga script iklan lokal yang kini semakin menjamur dan tumbuh subur.
  4. Memungkinkan utak-atik template dan layout blog secara lebih leluasa dibanding platform lainnya karena blogger (juga blogspot) memberikan akses untuk edit kode HTML dan edit CSS.

Tutorial Langkah-Langkah Membuat Blog Gratis Di Blogspot (Blogger)

Baik, mungkin anda sudah tidak sabar untuk membuat blog pertama anda. Tanpa berpanjang lebar lagi, silakan ikuti langkah-langkah tutorial berikut.
  1. Login dengan akun email gmail anda (jika belum punya baca dulu: Cara Mudah Membuat Alamat Email di Gmail Terbaru)
  2. Masuk ke http://www.blogger.com/home
  3. Akan terbuka halaman seperti berikut (gambar blogger)
    tutorial cara membuat blog di blogspot
    halaman blogger
  4. Klik tombol BUAT BLOG BARU di sisi kiri atas halaman
  5. Akan terbuka jendela pop up(lihat gambar)
    cara membuat blog gratis di blogspot
    cara mendaftar membuat blog
  6. Isikan JUDUL BLOG anda. Untuk judul blog, mungkin anda sudah punya rencana sendiri. Saya menyarankan anda menggunakan nama blog sesuai dengan tema artikel blog anda nantinya. Misalnya, ketika anda ingin mengisi blog tersebut dengan informasi tentang tips kesehatan, maka berilah judul yang ada kaitannya dengan itu. Kalau isi blog anda nantinya tentang fotografi, maka beri juga judul yang sesuai dengan itu.
  7. Isikan ALAMAT blog anda nantinya. Alamat blog sangat penting karena berkaitan dengan proses pencarian pengujung blog anda dan juga perayapan mesin pencari (search engine) macam google, yahoo, atau bing. Jadi sebaiknya gunakan kata kunci utama (keyword) anda untuk alamat blog. Memang kadang-kadang agak susah menemukan alamat blog yang sesuai dengan kata kunci yang diinginkan karena sudah ada pengguna blogger yang menggunakannya sebagai alamat blognya. Jadi kita kadang-kadang mesti harus utak-atik dulu, lalu memilih mana yang kira-kira paling baik dan cocok untuk menggambarkan blog kita. Beberapa blogger (seperti saya) justru hanya menggunakan nama diri saja, yaitu novehasanah.blogspot.com sebagai alamat blog. Anda juga dapat memilih seperti ini, tetapi sebaiknya gunakan kata kunci (keyword) utama anda.
  8. Pilih template yang anda inginkan. (lihat gambar)
    membuat blog gratis di blogspot
    mulai mendaftar untuk membuat blog
  9. Khusus untuk contoh ini, saya menggunakan judul TIPS MENULIS dan alamat TIPSTULIS.BLOGSPOT.COM, lalu memilih template SEDERHANA (SIMPLE)
  10. Kalau dirasa JUDUL, ALAMAT dan TEMPLATE sudah oke, silakan klik tombol BUAT BLOG. Oh ya, untuk template blog nanti dapat diubah-ubah sesuai selera. Begitu juga dengan judul blog. Hanya alamat blog yang sebaikya tidak diubah, apalagi jika blog anda sudah diisi artikel atau konten blog. Akan terbuka halaman berikut.
    tutorial cara membuat blogspot blog
    Blog anda sudah dibuat!
  11. Lihatlah, anda kemudian akan dibawa ke halaman baru (halaman blogger) yang segera terbuka. Perhatikan, ada tulisan BLOG ANDA TELAH DIBUAT! Dengan JUDUL BLOG ANDA disebelah atasnya. Lalu di sana ada menu MULAI MENGEPOSKAN. Ini digunakan jika anda ingin segera mengisi blog anda dengan artikel. Lalu ada juga tombol gambar berbentuk PENSIL berwarna oranye (fungsinya sama untuk mulai mengeposkan), lalu tombol TUMPUKAN DOKUMEN (daftar entri), ini tentu masih kosong karena anda belum mengisi blog dengan artikel atau konten lainnya, tombol SEGITIGA KECIL (opsi lainnya) yang bisa anda klik untuk memunculkan menu drop down lainnya.
  12. Sekarang silakang anda klik tombol LIHAT BLOG pada barisan paling kanan untuk melihat tampilan blog anda yang sudah jadi.
  13. Akan terbuka tab baru browser anda, dan tampaklah blog anda yang sudah jadi. (lihat gambar)
    tutorial membuat blog di blogspot
    tampilan blog anda
  14. Untuk mulai mengisi blog anda silakan klik menu ENTRI BARU di sebelah kanan atas halaman blog anda atau dapat juga melalui dashboard blogger anda dan mengklik tombol bergambar PENSIL ORANYE yang saya sebutkan sebelumnya di atas.
Nah, mudah bukan cara membuat blog di blogger? Silakan mulai menulis secara konsisten di blog anda. Ingat, membuat blog itu sangat mudah. Anda dapat membuat beberapa buah blog dalam sehari, tetapi memelihara dan menjaga blog tetap terisi dengan artikel dan konten bermutu secara konsisten tidaklah mudah. Diperlukan komitmen yang kuat untuk ini. Anda mungkin sering menemukan blog-blog yang hanya terisi beberapa artikel lalu kemudian ditinggalkan oleh pemiliknya. Singkatnya, blognya tidak terurus. Oke, sampai di sini tutorial cara membuat blog baru di blogger atau blogspot. Pada tulisan selanjutnya kita akan mengulas bagaimana memelihara blog dan mempercantik blog sehingga makin banyak pengunjungnya. Happy blogging. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...