Cara Membuat Email Di Yahoo

Cara membuat email di yahoo

Sangat mudah sekali membuat email di yahoo. Cukup dalam hitungan 10 menit, akun email anda akan jadi dan siap dipakai. Berikut ini saya ingin membagi tutorial bagaimana membuat email secara gratis di yahoo.  Saya mencoba membuat sedetil-detilnya langkah demi langkah, karena saya berasumsi anda baru di internet dan baru belajar membuat email (anda tidak punya pengalaman bagaimana menulis atau menerima email sebelumnya). Oke, langsung saja, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 
  1. Buka halaman berikut: yahoo.com atau yahoo.co.id
  2. Klik menu mail berlogo amplop di sudut kiri atas halaman yang terbuka
    cara membuat email yahoo 1
  3. Anda akan dialihkan ke halaman ini
    membuat email di yahoo 2

  4. Klik tombol Buat Account Baru
  5. Anda akan dialihkan ke halaman ini
    membuat email di yahoo 3
  6. Isikan data diri anda meliputi: (1) nama depan; (2) nama belakang; (3) calon alamat email yang anda inginkan, biasanya ada beberapa saran diberikan melalui menu dropdown, lalu anda pilih salah satu dan tentukan ekstensi email anda apakah akan menggunakan @yahoo.com atau @yahoo.co.id. Ekstensi yahoo.com berarti anda menggunakan setting bahasa Inggris sedangkan ekstensi yahoo.co.id berarti anda akan menggunakan setting bahasa Indoneisa. Silakan pilih yang menurut anda paling mudah digunakan nantinya. Pada contoh ini saya memilih menggunakan novehasanah@yahoo.co.id; (4) isikan password anda, di dalam password anda harus memuat huruf kecil, huruf besar (kapital), dan angka. Rancang terlebih dahulu password anda di atas selembar kertas sehingga bersifat unik, panjang, dan mudah diingat karena memiliki pola khusus. Simpan catatan alamat email dan password anda ini di tempat yang aman, karena saya sering menemukan teman yang kelupaan alamat atau password email mereka sendiri karena tidak dicatat dan jarang digunakan; (5) isikan nomor handphone anda, perlu diketahui di dalam formulir sudah diisikan nomor kode negara Indonedia yaitu +62 (sama dengan angka 0 yang merupakan digit pertama nomor hp anda, misalnya bila nomor anda 0852666**777 maka anda cukup mengisi 852666**777 karena angka 0 sudah dilacak secara otomatis oleh yahoo dengan mencantumkan angka +62 di depan formulir itu; (6)pilih tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anda melalui menu dropdown yang disediakan; (7) tentukan jenis kelamin anda dengan mengklik button (bulatan kecil) yang disediakan, apakah laki-laki atau perempuan; (8) masukkan nomor handphone orang lain misal suami anda, lalu isikan apa hubungan anda dengan pemilik nomor hp tersebut agar sewaktu-waktu yahoo dapat menggunakannya untuk membantu anda jika sesuatu terjadi pada akun email yahoo anda dengan cara mengirim sms ke nomor tersebut.
  7. Selanjutnya, setelah semua data terisi pada formulir, klik tombol BUAT ACCOUNT di bagian paling bawah formulir.
  8. Anda selanjutnya akan dibawa ke halaman baru (halaman verifikasi) di mana anda akan meminta kode verifikasi oleh yahoo ke handphone anda melalui SMS. Untuk ini silakan klik KIRIM KODE. Kode verifikasi (biasanya terdiri dari 4 digit) akan masuk melalui SMS ke handphone anda (jadi pastikan sebelumnya saat mengisi nomor handphone anda tidak keliru. Kan kalau keliru, sms kode verifikasi akan nyasar ke handphone orang lain atau tidak bisa dikirimkan). Oh ya, SMS mungkin dikirim segera setelah anda mengklik tombol KIRIM KODE, bisa juga SMS baru dikirim setelah beberapa menit. Jika agak lama, tunggu saja dengan sabar.
    membuat email di yahoo 4
  9. Setelah ada SMS kode verifikasi masuk di HP anda, silakan isi keempat digit tersebut di kotak yang telah disediakan. Lalu klik kembali tombol KIRIM KODE.
    cara membuat email yahoo 2
  10. Jika verifikasi berhasil, anda akan dibawa ke halaman baru sebagai tanda account email yang anda buat sudah jadi dan diterima oleh yahoo.
    membuat email di yahoo 5
  11. Ini sebenarnya belum sempurna, karena itu silakan klik tombol kecil di bawah halaman: tombol PERSIPAN AWAL.
  12. Anda selanjutnya akan dialihkan ke halaman email akun anda yang mungkin tampilannya akan tampak seperti ini.
    membuat email di yahoo 6
  13. Silakan pilih tema (theme) yang anda sukai dan klik tombol SIMPAN TEMA. Pada contoh ini saya memilih tema gambar embun di atas daun (opsi pertama yang disediakan). Bila anda tidak ingin memilih, silakan di klik tombol LEWATI.
  14. Selanjutnya, tentu anda sudah dapat menggunakan account email anda untuk mengirim atau menerima email dari sahabat anda, atau menggunakannya untuk keperluan lainnya (email tidak hanya digunakan untuk berkirim-kiriman surat elektronil (e-mail), tetapi dapat digunakan untuk beragam manfaat.
  15. Perhatikan, ada beberapa menu di sisi kiri halaman akun email yahoo anda: (1) tulis; (2) Email Masuk; (3) Draft; (4) Email Keluar; (5) Spam; (6) Sampah; (7) Folder; dan (8) Baru-Baru. Di sebelah atas, juga terdapat menu halaman yahoo, perhatikan ada beberapa kategori di sana. Satu baris di bawahnya terdapat menu account email yahoo anda lainnya yaitu: Mail, Kontak, Kalender dan Messenger (yahoo messenger). Sedangkan pada pojok kanan atas, anda dapat melihat posisi anda saat ini yang sedang login (ada nama depan anda di sana), dalam contoh ini bertuliskan Hallo, Nove (Nove adalah nama depan saya). Di sebelah kanannya lagi terdapat sebuah tombol berbentuk gear (roda bergerigi) yang merupakan tombol menu untuk menyetting akun yahoo anda. Silakan sorot (gerakkan kursor dan taruh di atas tombol roda bergerigi tersebut), maka akan keluar menu drop down untuk anda melakukan: (1) pengaturan; (2) tema atau mengubah tema (theme); (3) bantuan; (4) privasi; (ketentuan); dan (6) data akun.

Jika anda ingin membuat alamat email (akun email) di google mail atau gmail, silakan ikuti tutorial rinci step by step yang dilengkapi gambar tentang cara membuat akun/alamat email di gmail (google mail) ini.

Silakan dieksplorasi semua menu yang disediakan sehingga anda cepat berakrab diri dengan account email (sekaligus akun yahoo) anda. Misalnya, anda dapat mulai belajar menulis email untuk teman anda melalui menu TULIS (compose) yang ada di sisi kiri atas halaman akun email yahoo anda. Selamat mencoba. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...