Meningkatkan Trafik Blog Dengan Edit Permalink

permalink dan traffic blog
Permalink Artikel ( Padlock and Chain by: Gualberto 107)

Meningkatkan Traffic Blog dengan Melakukan Edit Permalink Artikel

Permalink? Istilah apa itu? Jika kamu juga seorang blogger newbie seperti saya, pertanyaan itu mungkin juga langsung muncul di benakmu ketika seseorang menyebut kata “permalink”. Menurut wikipedia, permalink adalah singkatan dari permanen link. Sesuai dengan namanya permalink tidak dapat diubah setelah dibuat. Permalink akan mengarahkan kita atau crawler ke sebuah artikel atau posting blog. Baiklah, sekarang kita lihat contoh sebuah permalink dari blog ini:

Contoh permalink:
http://novehasanah.blogspot.com/2014/03/tips-menjadi-guru-idola.html
Harap dibedakan dengan URL (Uniform Resource Locator), dalam hal ini yang dimaksud adalah alamat website atau blog, misalnya:
Contoh URL:
http://novehasanah.blogspot.com/

Permalink sebenarnya diaplikasikan oleh hampir semua blogger, yaitu saat mereka akan menautkan konten (artikel) blog yang satu dengan artikel blog lainnya. Permalink akan terbentuk secara otomatis saat kita memposting sebuah artikel atau konten blog, walaupun tanpa mengutak-atiknya. Hanya saja, seringkali permalink blog menjadi tidak maksimal untuk peningkatan traffic blog karena susunannya yang buruk.

Nah, sudah jelas kan apa yang dimaksud dengan permalink? Sekarang kita perjelas tentang bagaimana memaksimalkan permalink untuk meningkatkan trafik blog.

Tips Membuat Permalink Artikel Blog

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan saat menyusun permalink artikel (posting) blog kita:
  • Buat permalink yang singkat
  • Jelas bagi pembaca maupun google crawler. Susunlah kata-kata yang membentuk permalink kita sehingga dapat dibaca oleh manusia (berkaitan dengan search query di pencarian search engine) dan juga untuk crawler google.
  • Memuat kata kunci. Seyogyanya permalink memuat kata-kata kunci penting untuk artikel kita.
  • Relevan dengan judul artikel blog (post).
  • Gunakan selalu huruf kecil (bukan huruf kapital)
  • Di antara kata-kata gunakan tanda - (hypens atau dash), bukan underscore (_)
  • Sangat tidak dianjurkan menggunakan tanda (karakter) seperti !, #, $, @, (, ), <, >, ?, dan beberapa karakter lainnya. Karakter-karakter demikian dapat muncul kalau kita menulis judul artikel menggunakan karakter-karakter tersebut, dan kita tidak melakukan editing permalink sebelum melakukan menerbitkan artikel.
  • Jumlah karakter yang dianjurkan maksimal 70 karakter saja. (Wah, permalink contoh saya di atas jelek ya kalau dilihat dari jumlah karakter :D ). Tapi ini memang kelemahan para pengguna subdomain macam blogspot karena kita tidak bisa menghilangkan “waktu post diterbitkan” dan kecendrungan URL yang lebih panjang dibanding menggunakan domain sendiri. Xi...xi... namanya juga gratisan.
  • Jangan mengulang-ulang kata kunci
  • Permalink hanya dapat diiedit sebelum artikel di post-kan (diterbitkan), setelahnya tidak lagi. Ini beda banget dengan judul artikel, isi artikel, gambar di dalam artikel, yang dapat kita edit (update) kapan saja kita mau.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Permalink Blogspot Untuk Menaikkan Traffic?

Kita langsung lihat contohnya saja ya, sewaktu saya menulis artikel Mari Memaksimalkan Permalink Artikel untuk Meningkatkan Trafik Blog ini.
  • Perhatikan, saya sedang menulis artikel yang berjudul Meningkatkan Traffic Blog Dengan Edit Permalink.
  • Di sisi kanan dasboard untuk entry NEW POST pada bagian POST SETTINGS terdapat menu PERMALINK.
  • Sederhana saja, klik menu tersebut sehingga akan muncul FORM dropdown berikut:
    edit permalink artikel
    Permalink Ototmatis Sesuai Judul Artikel
  • Lihat, permalink otomatis akan merujuk pada judul artikel. Akan tetapi karena judul artikel panjang, permalink yang dibentuk tampak putus. Tidak semua kata-kata pada judul masuk sebagai bagian permalink. Ini akan berpengaruh negatif terhadap SEO (search engine optimation) artikel kita. Karena itu, kita perlu melakukan edit (kustomasi) untuk mengoptimalkannya sehingga membantu meningkatkan traffic ke blog kita.
  • Untuk melakukan pengeditan, klik pada tombol bulat kecil “CUSTOM PERMALINK” di bawah “AUTOMATIC PERMALINK”.
  • Ketik calon permalink kita di kolom tersebut. Pisahkan setiap kata yang digunakan dengan menggunakan tanda hubung (-), Ingat, bukan menggunakan underscore (_). Misalnya dalam contoh ini saya mengeditnya dari “http://novehasanah.blogspot.com/2014/03/meningkatkan-trafik-blog-dengan-edit.html” menjadi http://novehasanah.blogspot.com/2014/03/meningkatkan-traffic-blog-dengan-permalink.html, dengan cara mengetik meningkatkan-traffic-blog-dengan-permalink. Tanpa didahului dengan “URL blog” dan tanpa diakhiri “.html”
    memaksimalkan permalink artikel blog
    Ketik Kustom Permalink Anda
  • Kalau telah ditimbang-timbang bahwa permalink kita cukup bagus dari segi struktur dan pilihan kata kuncinya, tinggal klik tombol DONE.
Bacaan lebih lanjut tentang permalink dapat dilihat pada tulisan +Daniel Zeevi yang berjudul 10 Best SEO Practices for URLs and Blog Permalinks.


Bagaimana Dear Bloggers? Mudah saja bukan? Jadi jangan menganggap remeh permalink artikel blog kita karena bisa saja gara-gara ini artikel kita yang bagus kalah bersaing di halaman pencarian google atau search engine lainnya. Kalau Dears Bloggers punya tips lain tentang permalink artikel atau blog post ini, silakan dishare di sini. Tentu akan sangat berharga buat kita-kita, terutama yang masih newbie seperti saya ini. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...