Search Description: Bagaimana Menggunakannya untuk Meningkatkan Traffic Blog
Apa kabar Dear Bloggers? Masih membahas tentang cara meningkatkan traffic blog di blog, kali ini saya akan coba menulis tentang “search description”. Apa sih search description itu? Dalam Bahasa Indonesia tentu artinya “deskripsi pencarian”. Mari kita perhatikan screen shoot hasil pencarian artikel saya yang terakhir dipublish “Meningkatkan Trafik Blog dengan Edit Permalink”.Contoh Screen Shoot Hasil Pencarian Google |
Lihatlah pada gambar tersebut, bagian yang saya beri tanda merah: “triks dan tips meningkatkan traffic blog dengan edit permalink” adalah contoh search description (deskripsi pencarian) yang saya gunakan untuk artikel tersebut.
Bandingkan dengan artikel oleh blog lain di bawahnya yang sepertinya tidak mencantumkan search description dalam artikelnya, sehingga tampil kalimat: “Meningkatkan traffic blog dan meningkatkan nilai blog di SERP adalah dengan memodifikasi permalink (hanya tersedia pada wordpress), mungkin banyak dari ...”
Menurut Dear Bloggers, yang manakah yang lebih mungkin untuk di klik pengunjung?
Walaupun tidak sepenuhnya demikian, saya yakin bahwa pengunjung telah diberi informasi awal mengenai isi artikel saya dibanding artikel blog lain tersebut yang berbentuk kalimat panjang dan putus. Menurut +Paul Shapiro dalam artikelnya “Top 10 Tiny SEO Tweaks for Big Impact”, search description memang tidak terlalu berpengaruh pada ranking hasil pencarian di google, akan tetapi artikel yang mempunyai search description akan meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk mengkliknya apabila search description yang diberikan menarik bagi mereka. Jadi triknya ada di sini, menambahkan search description (deskripsi pencarian), dan membuatnya dalam susunan kalimat yang membuat pengunjung untuk tertarik mengkliknya.
Beberapa waktu yang lalu saya mulai menerapkan fitur search description ini di blog saya dan melihat hasilnya memang lebih oke ketimbang tanpa menggunakan search description ini pada artikel-artikel yang saya tulis.
Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Search Description di halaman Edit/New Post Blogger?
Beberapa blogger pemula macam saya, mungkin tidak menyadari adanya fitur ini di dashboard mereka karena search description memang secara default tidak dimunculkan oleh blogger. Untuk mengaktifkannya gampang sekali, cukup dengan beberapa klik saja di dashboard blogger. Yuk ikuti langkah-langkah berikut bila fitur ini belum ada di halaman CREATE NEW POST anda.- Buka dashboard blogger anda.
- Klik menu SETTINGS yang ada di samping kiri paling bawah.
- Klik SEARCH PREFERENCES.
Menu Settings dan Search Preferences Blogger - Perhatikan, di bagian atas halaman SEARCH PREFRENCES ini terdapat menu META TAGS, tepat di bawahnya terdapat submenu DESCRIPTIONS? ENABLE SEARCH DESCRIPTION? Secara default untuk submenu “Descriptions? Enable Search Description?” ini berada pada posisi NO.
- Untuk mengaktifkan search description, kita tinggal klik bulatan kecil di depan YES.
- Selanjutnya akan muncul kotak “SEARCH DESCRIPTION” untuk blog kita secara umum. Anda boleh mengisinya dengan maksimal 150 karakter untuk menggambarkan apa isi blog anda secara umum. Misalnya: Blog Blablabla ini mengupas tentang tutorial blogging di blogspot untuk pemula. Dengan mengisi kotak Descriptions (Deskripsi) ini berarti kita juga telah memasang meta tag untuk blog kita.
kotak Descriptions (Deskripsi) Blogger - Kemudian, klik SAVE CHANGES. Nah dengan demikian, fitur SEARCH DESCRIPTIONS di blog anda sudah diaktifkan. Untuk melihat bagaimana perubahannya, silakan anda buka halaman CREATE NEW POST/EDIT POST yang selalu anda gunakan setiap akan membuat posting artikel blog.
Halaman New Post tanpa fitur SEARCH DESCRIPTION Halaman New Post dengan fitur SEARCH DESCRIPTION yang telah ditambahkan
Tips Menggunakan Search Description untuk Meningkatkan Traffic Blog
Sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa artikel dengan search description yang menarik dan jelas sehingga memberi informasi awal tentang isi artikel cenderung akan lebih diklik pengunjung dibanding artikel tanpa search description. Akan tetapi, dalam penggunaannya kita sebaiknya benar-benar memperhitungkan apa kira-kira kalimat yang cocok untuk digunakan sebagai deskripsi pencarian (search description) ini pada artikel yang akan kita publish.Beberapa tips yang dapat dipertimbangkan dalam menyusun search description artikel atau posting anda adalah:
- Gunakan maksimal 160 karakter, boleh lebih pendek tetapi jangan terlalu pendek. Jika search description terlalu panjang, di halaman pencarian kalimat itu akan terpotong sehingga tidak ditampilkan secara utuh.
- Gunakan kata kunci yang anda anggap penting untuk ditampilkan.
- Buatlah kalimat yang menarik pengunjung sehingga kemungkinan besar mereka akan mengklik blog anda setelah membacanya, bukan melulu berupa kata kunci.
- Jangan menuliskan search description yang berlebih-lebihan (karena ingin tampak hebat) tetapi tidak sesuai dengan isi artikel anda, karena ini dapat membuat pengunjung kecewa dan mengingat blog anda sebagai BLOG GOMBAL.
Kotak Search Description untuk Artikel/Posting Blogger |
Mudah bukan Dears Bloggers, cara mengaktifkan fitur Search Description untuk artikel blog anda? Mudah-mudahan tutorial singkat dan tips mengaplikasikan Search Description di dashboard blogger ini dapat bermanfaat buat kita. Kepada para senior blogger atau teman-teman yang mengetahui tips dan trik lain terkait Search Description ini dapat berbagi di sini. Wassalam.
ini mantab sekali mbk, terima kasih tutorialnya..
ReplyDeleteSama-sama Mas Budi Smart, semoga bermanfaat.
Deletekalau gini nih , pengunjung blog bisa jutaan ya mba perhari hehehe
ReplyDeleteAmin Mas Munawir Alfikri, he..he..
Deletewow... ternyata mudah sekali yia bos, hehehe...
ReplyDeleteSangat mudah :)
Deletemeta discripstion ini sifatnya optional, bisa digunakan dan bisa tidak,dan tidak mempengaruhi SEO, hanya buat blog dengan dominan tutorial seperti ini cukup baik disarankan untuk mengaktifkannya, karena dapat membantu pencarian ketik kata kunci yang sangat bersaing
ReplyDeleteBetul, tidak mempengaruhi SEO. Ini sudah disebutkan dalam halaman bantuannya blogger. Akan tetapi ya itu... bisa meningkatkan CTR karena kita telah menyediakan informasi awal yang menarik untuk calon pengunjung di halaman hasil pencarian. Jadi kemungkinan untuk diklik lebih besar.
DeleteMenyimak dengan sepenuh hati.
ReplyDeletesilakan Mbak Hasri Yani :)
Deletewah bagus juga ya mas kalau postingan dan blog kita dipasang search desciption, sayang nya di wordpress saya nggak ada fitur tersebut hehe :D
ReplyDeleteDi platform wordpress gak ada ya? Wah, perasaan (kalau gak salah ingat) kemarin waktu mencari tambahan info tentang search description ini saya nemu plug in buat wordpress untuk memasang search description ini loh Mbak Ririn
Deletesyaa juga pakai cara ini, ga tau deh berfungsi buat seo atau tidak..
ReplyDeleteSecara SEO tidak ada pengaruhnya, tetapi trik ini mampu meningkatkan kemungkinan untuk diklik pengunjung setelah artikel kita muncul di halaman hasil pencarian google.
Deletemantap mbak tutornya , saya juga pakai trik seperti ini hasilnya pun bagus :)
ReplyDeletebetul, sepertinya memang berpengaruh terhadap trafik blog, sebagaimana kata para expert.
Deletesaya suka buat sih kalau di postingan tapi tidak pernah memperhatikan pengaruhnya hehe
ReplyDeleteYup, na itu...yang penting udah bikin. :)
Deletekirain klw dah terpasang di langkah pertama, gak usah lg di pasang saat nulis artikel,..tp klw cara bgini..bisa lebih kuat lg si mbah gugu nemuin artikel kt ya Mba..!
ReplyDeletehe..he... langkah pertama itu untuk masang meta description blog kita. Itu penting banget karena berpengaruh terhadap SEO. Yang masang search description di artikel itu sunat, tapi sebaiknya dilakukan.
Deletemakasih mba tutornya, alhamdulillah saya juga pake trik ini
ReplyDeleteSip Mbak Dwi.
Delete