Prakarya untuk SD dari Kertas Bekas : Ikan Penghias Kelas

Prakarya dari Kertas Bekas: Membuat Ikan 

Masih suka menyimpan kertas bekas kan? Bagus. Karena kertas itu dibuat dari pohon, jadi kalau kita berusaha memanfaatkan kertas bekas berarti kita juga menyelamatkan pepohonan. Dan, tentu saja ikut menyelematkan lingkungan. Nah, kreasi kertas bekas kali ini adalah ikan untuk penghias kelas. Bahan dekoratif ini bisa di tempel di dinding atau bisa juga digantung. Lihatkan kerajinan tangan di bawah? Bagus? Tertarik untuk mencoba membuat prakarya yang satu ini? Ayo baca terus tutorialnya sampai selesai ya.
 
hiasan dinding atau hiasan gantung dari kertas bekas ini sangat mudah dibuat. Anak kecil seperti siswa SD saja bakal bisa membuatnya. Bahan dan alat yang digunakan juga sangat mudah diperoleh. Cocok untuk prakarya atau kerajinan tangan untuk tugas dan kegiatan sekolah di kelas.
hiasan ikan dari kertas bekas, mudah dibuat

Cara Membuat Hiasan dari Kertas Bekas: Ikan Warna-Warni 

Nah, sekarang kita akan pelajari cara membuat ikan seperti gambar di atas. Perhatikan gambarnya dan baca petunjuknya.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat ikan penghias (dekoratif) ini adalah:
  • kertas bekas warna-warni (boleh pakai kertas bekas jenis apa saja, tetapi bagusnya sih yang agak kaku). Saya menggunakan kertas bekas potongan sampul makalah atau construction paper.
  • lem kertas
  • gunting
  • pensil atau pulpen
  • mistar
  • spidol hitam

Langkah-Langkah / Cara Membuat

Berikut langkah-langkahnya:
  • Potong kertas berbentuk pita ukurannya terserah kamu. (Saya menggunakan ukuran lebar 2 cm dan panjang 32 cm kurang lebih).
  • Untuk setiap ekor ikan kita akan membutuhkan 6 buah pita kertas bekas dan saya menggunakan 2 variasi warna. Kamu bisa bereksperimen dengan warna-warna dan susunannya. Pada contoh ini saya menggunakan 3 pita kertas bekas warna kuning dan 3 pita kertas bekas warna merah. Kombinasi yang bagus mungkin.
  • Gunakan pensil / pulpen dan mistar untk membuat garis, lalu gunakan gunting untuk memotong pita kertas sesuai yang diinginkan.

caranya ukur terlebih dahulu kertas berdasarkan lebar yang diinginkan, lalu gunting memanjang agar nanti mudah menganyamnya
siapkan 6 helai pita kertas dengan 2 warna berbeda.
  • lipat menjadi 2 semua (6 helai) kertas. Perhatikan gambar berikut.
untuk membuat prakarya berbentuk ikan ini, pita kertas kemudian dilipat menjadi 2 bagian sama panjang. ingat kita memerlukan 6 helai pita kertas. Dan lipat semuanya ya.
melipat kertas menjadi 2 bagian sama panjang
  • Jadinya seperti ini nih. Nah, selanjutnya kita akan menganyamnya. Jangan khawatir, mudah kok.
untuk membuat ikan hias dari kertas bekas ini, pita kertas dilipat menjadi dua bagian sama panjang. Dan kita memerlukan 6 helai pita kertas.
ke-6 pita kertas dilipat dua sama panjang
  • Kita akan mulai menganyam
  • Silangkan 2 helai kertas pertama, kertas kuning dan merah. Perhatikan gambar.
langkah pembuatan ikan perhias dari kertas bekas adalah dengan menganyam pita-pita kertas. Pertama-tama kaitkan 2 pita kertas dengan warna yang berbeda
kaitkan 2 pita berbeda warna untuk mulai menganyam
  • Tambahkan lagi 1 pita kertas. Saya dahulukan yang warna merah. Menganyamnya mudah karena hanya bentuk anyaman bersilang. Perhatikan gambarnya baik-baik ya.
selanjutnya kamu harus menambahkan pita warna merah kedua pada anyaman kertas bekas ini untuk membuat kerajinan tangan ikan ini
pita kertas warna merah kedua ditambahkan
  • Tambahkan lagi satu kertas merah. Kali ini posisinya sama dengan kertas merah yang pertama.
berikutnya kita menambahkan kertas warna merah yang ketiga pada anyaman. lihat betapa mudahnya membuat anyaman dari kertas bekas ini
kertas warna merah ketiga ditambahkan
  • Sisipkan pita warna kuning yang ke-2. Ingat berselang seling susunannya. Bolak-balik anyaman untuk meyakinkan bahwa pada kedua sisi kamu telah menempatkan pita kertas dengan benar. Susunannya harus seperti papan catur agar saling mengikat dan erat.
anyaman pola papan catur ini dibuat untuk menghasilkan kreasi kertas bekas berbentuk ikan, sangat cocok untuk anak. kita harus menyisipkan pita kertas satu per satu
menyisipkan pita kertas warna kuning ke-2, lihat susunannya harus seperti papan catur
  • Terakhir, pada proses menganyam, tambahkan pita kuning ke-3 (terakhir) pada anyaman. Balikkan anyaman untuk meyakinkan bahwa bagian belakang anyaman juga mempunyai pola anyaman papan catur yang berselang-seling.
inilah langkah terakhir proses menganyam yang dilakukan untuk membuat prakarya berbentuk ikan dari kertas bekas warna-warni yang sangat mudah. Pola anyamannya seperti pola papan catur yang sangat sederhana
menyisipkan kertas kuning yang terakhir
  • Perhatikan pita kuning yang kedua. Saya memotongnya dengan gunting persis di bagian sisi anyaman. Kita hanya memotong satu helai sementara satu helai yang lain pada pita kuning kedua dibiarkan.
berikutnya, guntinglah bagian pita kuning kedua (yang terletak di tengah) untuk mengunci anyaman. Perhatikan hanya ujung atas saja ya, sementara ujung anyaman pita ini dibagian bawah tidak digunting
potong ujung atas pita kuning kedua persis pada sisi anyaman
  • Upppssss.... maaf, heheheee... foto ini harusnya ada di atas.
menggunting ujung pita kuning ke-2 pada bagian atas anyaman
  • Berikutnya, lipat ujung pita kuning ke-2 yang ada di bagian bawah ke arah atas. Perhatikan gambar berikut.
selanjutnya kita akan mengunci anyaman dengan cara melipat pita kuning ke dua yang ada di bagian bawah anyaman ke arah atas
melipat ke atas ujung bawah pita kuning ke-2
  • Sisipkan ujung pita kuning ke-2 (pita bawah) ini ke dalam anyaman seperti gambar berikut sehingga anyaman kertas warna-warni kita akan terkunci rapat dan kuat
untuk mengunci anyaman, sisipkan ujung pita kuning ke-2 (dari bawah) ke dalam anyaman dalam proses pembuatan hiasan dinding berbentuk ikan ini
menyisipkan ujung pita kuning ke-2
  • Rapikan anyaman. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
langkah berikutnya dalam pembuatan ikan hias dari kertas bekas ini adalah merapikan kuncian anyaman pita kuning ke-2
rapikan lipatan dan sisipan pita merah
  • Sekarang kita akan mengerjakan kuncian anyaman untuk pita merah. Kita juga akan mengerjakannya pada pita merah ke-2. Perhatikan gambar untuk memposisikan anyaman seperti gambar berikut.
berikutnya yang harus kita kerjakan adalah memposisikan kertas anyaman agar mudah ditangani
posisikan anyaman seperti ini di hadapanmu untuk mengunci pita kertas merah
  • Seperti langkah sebelumnya pada penguncian pita kertas warna kuning ke-2, lakukan hal yang sama pada pita kertas merah ke-2.
  • Pertama-tama, potong ujung pita kertas merah ke-2 pada sisi atas, dan sisipkan ujung pita merah ke-2 bawah menuju ke atas, masuk di bawah anyaman pita kuning. Perhatikan gambarnya ya.
kita selanjutnya menyisipkan sisa ujung kertas merah ke bawah pita kertas warna kuning untuk mengunci anyaman kertas bekas ini
mengunci pita merah ke-2
  • Aplikasikan lem pada bagian sisi anyaman yang belum terkunci yaitu pada ujung pita-pita 1 dan ujung-ujung pita 3 di antara anyaman.
  • Posisikan kertas seperti gambar di bawah. Kita akan membentuk sirip ikannya sekarang. Beri garis lengkung dengan menggunakan puplen atau pensil seperti foto. Bayangkan bahwa kita akan memotong membentuk sirip punggung-perut, dan sirip ekor ikan.
langkah berikutnya dalam proses pembuatan ikan dari kertas bekas ini adalah membentuk bagian sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor ikan
memberi garis lengkung pada calon sirip ikan
  • Lakukan pengguntingan sesuai garis lengkung yang telah dibuat padaujung pita kertas. Lihat gambar berikut.
lakukan pengguntingan mengikuti pola garis yang telah dibuat
proses pengguntingan sirip
  • Jadinya akan seperti ini. Sudah kelihatan bentuk ikannya bukan?
lakukan pengguntingan sirip ikan yang dibuat dari kertas bekas ini
hasil pengguntingan sirip ikan
  • Terakhir adalah menambahkan mata pada kedua sisi ikan.
  • Gunting kertas berbentuk bulatan kecil. Bila kamu punya, kamu juga dapat menambahkan mata tempel untuk boneka yang dijual di toko-toko bahan kerajinan.
langkah selanjutnya adalah memberikan mata dari guntingan berbentuk bulat dari kertas bekas
membuat mata ikan dari kertas yang digunting bulat
  • Tempelkan bulatan mata pada tempat yang sesuai (pada ujung anyaman depan agak ke atas sedikit) lalu beri titik hitam dengan menggunakan spidol.
itulah tadi langkah-langkah dalam proses membuat karya sederhana berupa kerajinan tangan dari kertas bekas yang berbentuk ikan dan sangat cocok untuk siswa SD
ikan hias dari kertas bekas
  • Nah. Itu dia, ikannya sudah jadi. Buat beberapa ekor ya.
Demikian cara memanfaatkan kertas bekas berwarna untuk prakarya atau kerajinan tangan sederhana berbentuk ikan hias yang lucu. Cocok sekali untuk penghias kelasmu atau kamarmu. Dapat digantung atau dapat juga di tempelkan di tembok.

Kamu Juga Dapat Membuat Prakarya (Kerajinan Tangan) ini untuk Berkreasi: 
Jadwal Pelajaran dari Kertas Bekas yang Unik
Roket dari Kertas Bekas
Hiasan Dinding Unik dari Kertas Bekas
Hiasan Unik dari Botol Bekas. Prakarya Kreatif!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...