Cara Registrasi Guru Pembelajar Online (GPO)

Cara Registrasi dan Login Guru Pembelajar Online (GPO) di sim.gurupembelajar.id

Program Guru Pembelajar dari Kemdikbud sudah mulai bergulir semakin dekat kepada guru-guru yang harus melakukan diklat moda daring (dalam jaringan atau online) dan guru pembelajar dengan moda diklat kombinasi luring dan daring (luring = luar jaringan atau offline / tatap muka). Sekarang para Pengampu, Instruktur Nasional GP (IN Guru Pembelajar) telah didiklat begitu juga para mentor. Kini Sistem Informasi Manajemen Terpadu (sim.gurupembelajar.id) telah mulai dibuka untuk semua guru yang telah mengikuti UKG akhir 2015 lalu. Dan, mereka sudah dapat melakukan registrasi sebagai Guru Pembelajar Online (GOP) di portal tersebut. Nah untuk itulah kami akan memberikan langkah-langkah atau cara registrasi dan login dengan akun guru masing-masing di sim.gurupembelajar.id tersebut.

Langkah-Langkah Registrasi Guru Pembelajar di Situs Guru Pembelajar

Baiklah, sekarang kami akan memberikan langkah-langkah atau cara yang dapat Bapak dan Ibu Guru lakukan untuk REGISTRASI atau mendaftar sebagai Guru Pembelajar yang selanjutnya dapat melihat rapor (raport) hasil UKG tahun 2015 lalu, sekaligus menggunakan fitur-fitur yang diberikan, salah satunya untuk melakukan diklat online seandainya terdapat nilai modul yang masih berwarna merah (belum memenuhi kriteria). Pada langkah-langkah ini, harap Bapak dan Ibu Guru mencermati gambar-gambar yang diberikan sembari membaca penjelasannya. Kita mulai ya.


cara registrasi, melihat rapor raport UKG tahun 2015 dan mengikuti diklat moda daring dalam jaringan online di portal situs Guru Pembelajar Online Kemdikbudportal situs Guru Pembelajar Online Kemdikbud
halaman depan portal/situs Guru Pembelajar Online (GPO)

Langkah-Langkah (Cara Registrasi):
  • Siapkan kartu peserta UKG 2015 Bapak dan Ibu Guru, karena padanya terdapat Nomor Peserta UKG yang akan dipakai untuk registrasi. (Bila kartu hilang anda dapat memperoleh/mendapatkan informasi nomor peserta UKG anda dengan cara ini).
  • Jika sudah ada nomor UKG tahun 2015-nya, maka kita siap registrasi.
  • Buka alamat portal Guru Pembelajar melalui link berikut: http://sim.gurupembelajar.id
  • Akan muncul tampilan seperti gambar berikut di bagian tengah halaman.
formulir registrasi Guru Pembelajar Online Kemdikbud harus diisi untuk melakukan registrasi atau mendaftarkan akun di portal Guru Pembelajar moda daring
formulir registrasi Guru Pembelajar Online Kemdikbud
  • Perhatikan pada gambar di atas, ada tulisan warna merah Registrasi Akun >> di sudut kanan bawah.
  • Klik tulisan Registrasi Akun >> tersebut.
  • Perhatikan gambar di bawah ini! Selanjutnya Bapak dan Ibu Guru akan dibawa ke halaman yang memuat Formulir Pendaftaran (Registrasi) yang meminta Bapak dan Ibu Guru untuk mengetikkan Nomor Peserta UKG 2015. Silakan ketik 12 digit nomor UKG Bapak/Ibu Guru.
halaman registrasi akun guru pembelajar akan terbuka saat pertama kali pada cara registrasi dan login guru pembelajar online kemdikbud 2
halaman registrasi akun guru pembelajar akan terbuka saat pertama kali
  • Masih dengan memperhatikan gambar di atas! Berikutnya ketik Tanggal Lahir Anda dengan format (misalnya: 17 November 1983). Untuk pengisian tanggal lahir dapat juga dengan mengklik simbol kalender yang ada diujung kiri kotak isian, lalu menyesuaikan tanggal lahir Bapak dan Ibu Guru masing-masing.
  • Selanjutnya perhatikan gambar di bawah! Klik KOTAK KECIL yang terdapat di depan tulisan Saya bukan robot untuk memberi tanda centang (v) dengan maksud untuk memverifikasi bahwa kita bukan program hacker yang akan merusak sistem/portal Guru Pembelajar.
  • Berikutnya klik tulisan di kotak biru panjang yang bertuliskan Register.
pengisian formulir registrasi guru pembelajar online di kemdikbud pada cara registrasi dan login guru pembelajar online kemdikbud 3
pengisian formulir registrasi guru pembelajar online di kemdikbud
  • Perhatikan gambar berikut ini dan ikuti penjelasannya! Akan terbuka sebuah notifikasi (PERSETUJUAN) yang berbunyi "Anda akan melakukan cetak akun guru pembelajar secara mandiri. Harap dicetak atau disimpan (save as PDF) dengan baik. Bila Anda telah mengaktifkan akun ini maka tidak bisa lagi mencetak ulang akun Anda secara mandiri dari situs ini. Bila sewaktu-waktu Anda lupa akun maka dapat melakukan reset password melalui Admin GP Dinas Pendidikan atau Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin P4TK naungan Anda."
  • Klik tombol biru bertuliskan SETUJU.
notifikasi (persetujuan) bahwa akun guru pembelajar akan diprint dan didownload pada cara registrasi dan login guru pembelajar online kemdikbud 4
notifikasi (persetujuan) bahwa akun guru pembelajar akan diprint dan didownload
  • Selanjutnya secara otomatis browser (peramban) internet Bapak dan Ibu Guru akan menyimpan file akun registrasi guru pembelajar online pada laptop, komputer, atau gadget dalam bentuk file pdf yang sebaiknya diprint untuk disimpan di kumpulan dokumen penting Bapak dan Ibu Guru. Hati-hati jangan sampai hilang.
  • Perhatikan gambar di bawah ini! Lihatlah, apabila file pdf yang terdownload dan tersimpan secara otomatis itu dibuka, maka tampilannya adalah seperti dokumen berikut. Isinya berupa Surat Akun Login Guru Pembelajar dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan terkait Guru Pembelajar Online (GPO). Pada surat ini memuat informasi penting berupa: 1. USERNAME akun Anda di sim Guru Pembelajar dan 2. PASSWORD yang akan Anda gunakan untuk LOGIN.
surat pemberitahuan akses layanan ototmatis terdownload di laptop atau komputer berisi informasi penting akun guru pembelajar yaitu user name (email) dan password (kata kunci) dikirimkan oleh admin GPO pusat pada surat pemberitahuan akses layanan ototmatis terdownload di laptop atau komputer cara registrasi dan login guru pembelajar kemdikbud
surat pemberitahuan akses layanan ototmatis terdownload di laptop atau komputer
  • Perhatikan gambar di bawah ini! Setelah file akun registrasi (surat pemberitahuan akses layanan di atas terdownload dan tersimpan di laptop, komputer, atau gadget/android Bapak dan Ibu Guru, maka tampilan halaman akan kembali seperti ini (seperti saat kita belum melakukan registrasi). Sampai pada langkah ini Bapak dan Ibu Guru berarti telah resmi terdaftar (registrasi) akun di Guru pembelajar Online (moda daring = dalam jaringan). Selanjutnya kita ikuti bagaimana caranya LOGIN dan melihat raport UKG tahun 2015 milik Bapak dan Ibu Guru. Siap? Yuk, lanjut!

setelah registrasi berhasil kita dapat langsung login pada cara registrasi dan login guru pembelajar online kemdikbud 6
setelah registrasi berhasil kita dapat langsung login

Cara Login di sim Guru Pembelajar dan Melihat Raport Hasil UKGtahun 2015

Baiklah, setelah kita berhasil melakukan registrasi atau pendaftaran akun di Guru Pembelajar Online, maka saatnya sekarang kita untuk mencoba login (masuk ke akun kita). Caranya adalah sebagai berikut:
  • Bapak dan Ibu Guru perhatikan gambar di atas! Amati bagian bawah sebelah kiri, ada tulisan kecil Kembali ke Login yang berwarna biru. Klik tulisan tersebut.
  • Maka halaman baru akan terbuka, seperti gambar di bawah ini. Ada tulisan "Selamat Datang Guru Pembelajar", lalu ada kotak isian Email (user name) dan Kata Sandi (password)

formulir registrasi akun Guru Pembelajar Kemdikbud pada cara registrasi dan login guru pembelajar online kemdikbud 7
formulir login akun Guru Pembelajar Kemdikbud
  • Perhatikan gambar di bawah ini! Isi kolom Email dengan User Name yang terdapat pada SURAT PEMBERITAHUAN AKSES LAYANAN (yang terdownload dalam format pdf waktu registrasi).
  • Isikan pula Kata Sandi dengan PASSWORD yang juga terdapat pada dokumen tersebut.
  • Klik tombol biru bertuliskan LOGIN.
isi email/user name dan kata kunci (password) untuk login pada cara registrasi dan login guru pembelajar online kemdikbud 8
isi email/user name dan kata kunci (password) untuk login
  • Selanjutnya akan terbuka halaman akun Bapak dan Ibu Guru. Tampilannya seperti gambar di bawah ini. Perhatikan bahwa pada halaman ini menunjukkan kita telah berhasil melakukan LOGIN (masuk ke dalam akun kita), di mana pada bagian kanan atas terdapat nama Bapak atau Ibu Guru.
  • Dan... olalaa... Lihatlah di bawah video Sambutan Mendikbud tentang Guru Pembelajar itu! Terdapat raport hasil nilai UKG tahun 2015 milik Bapak dan Ibu Guru. Perhatikan warnanya, adakah yang merah? Jika ada warna merah, berarti itulah modul yang harus diulang dan diikuti diklatnya secara online atau kombinasi daring dan luring (online dan tatap muka). 
  • Selain itu kita juga bisa melihat fitur lainnya seperti Riwayat Pelatihanku dan Profilku.
  • Pada pojok kiri atas terdapat link yang dapat diklik untuk mengembalikan kita ke Beranda depan portal Guru Pembelajar dengan tampilan seperti gambar paling awal dari tulisan ini.
raport hasil UKG tahun 2015 bisa dilihat setelah login, juga fitur riwayat pelatihan dan profil guru dengan car registrasi dan login guru pembelajar online kemdikbud
raport hasil UKG tahun 2015 bisa dilihat setelah login, juga fitur riwayat pelatihan dan profil guru
Bagaimana Bapak dan Ibu Guru? Apakah sudah bisa melakukan registrasi di portal Guru Pembelajar Online? Mudah saja bukan? Jika Bapak atau Ibu Guru menemui masalah (tidak bisa registrasi/tidak berhasil registrasi atau login) maka Bapak dan Ibu Guru dapat menghubungi ADMIN GURU PEMBELAJAR di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat atau ADMIN P4TK atau KETUA MGMP/KKG/GUGUSTK di wilayah kerja masing-masing, untuk meminta CETAK AKUN Guru Pembelajar Alternatif lainnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...