Kreasi Stik Es Krim: Kipas Dekoratif untuk Anak SD

Ayo Membuat Kreasi Prakarya (Kerajinan Tangan) dari Stik Es Krim dan Kertas Bekas: Kipas Dekoratif untuk Siswa SD (Sekolah Dasar)

Sudah pernah membuat kipas dan kertas sebelumnya kalian? Hm.. mungkin sudah pernah ya. Nah, kali ini kita juga akan membuat kipas dari kertas, cuma dengan sedikit variasi agar tampak lebih bagus. Karena itu kita tak hanya menggunakan kertas bekas berwarna-warni, tapi juga menggunakan stik es krim. Lihatlah, bagus juga loh kalau dipajang di dinding kelas untuk hiasan dekorasi biar tampak lebih semarak.

Oh ya, tentu ini juga dapat dijadikan kegiatan siswa dengan dipandu guru untuk anak-anak SD (Sekolah Dasar) saat pelajaran prakarya dan seni budaya. Bagaimana, mau mencoba membuatnya? Yuk disimak langkah-langkah dan alat bahan yang dibutuhkan untuk membuat kipas tersebut.

kerajinan tangan kipas dekoratif ini cocok sekali untuk anak-anak yang masih duduk di bangku SD (sekolah dasar), cara mengerjakannya relatif mudah dan bahan-bahannya sangat sederhana, cukup berbekal kertas bekas dan stik es krim
kipas untuk dekorasi kelas, prakarya yang cocok untuk anak SD

Alat dan Bahan

Berikut ini adalah alat-alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat 3 buah kipas kertas dan kreasi stik es krim di atas:
  1. kertas bekas berwarna. Tapi boleh juga kok putih polos atau bahkan bekas majalah, atau kertas bekas kartu pos dan undangan.
  2. stik es krim. Satu buah kipas membutuhkan 2 batang stik es krim. Karena kita akan membuat 3 buah kipas, maka saya membutuhkan 6 buah stik es krim. Oh ya, panjang stik es krim ini 11 cm. Kamu dapat menggunakan stik es krim ukuran berapapun, asal jangan terlalu pendek saja.
  3. lem (saya gunakan lem fox putih), dapat juga gunakan lem UHU atau sejenisnya dengan daya lekat yang kuat.
  4. pulpen
  5. mistar
  6. gunting
  7. pensil warna atau krayon
bahan utama: stik es krim dan kertas bekas berwarna untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan kipas kecil yang cantik untuk bahan dekorasi kelas
bahan utama: stik es krim dan kertas bekas berwarna

Cara Membuat 

Ikuti langkah-langkah cara membuat kreasi kipas dari stik es krim dan kertas bekas untuk dekorasi kelas ini dengan memperhatikan gambar-gambar yang diberikan.
  • Pertama-tama tempelkan 2 buah stik es krim pada bagian dekat ujung stik dengan lem. Buat seperti sisi terluar sebuah kipas yang sedang terbuka. Perhatikan gambar di bawah ini.
  • Biarkan beberapa saat hingga mengering dan menempel kuat.

untuk membuat prakarya kipas mungil yang cantik ini mula-mula silangkan stik es krim sedikit melebar pada salah satu ujungnya, beri lem. tunggu sampai kering beberapa saat. ingat gunakan lem yang daya lekatnya kuat. saya pakai lem fox putih
silangkan stik es krim sedikit melebar pada salah satu ujungnya, beri lem
  • Langkah berikutnya adalah menyiapkan kertas. Mulailah dengan mengukur sebuah persegi panjang pada kertas bekas seluas 7,5 cm x 20 cm. Karena saya akan membuat 3 buah kipas, maka saya menyiapkan 3 buah kertas ukuran tersebut dengan warna yang berbeda. Gunakan pulpen, mistar dan gunting untuk keperluan ini.
untuk membuat 3 buah kipas kita memerlukan untuk siapkan 3 lembar kertas ukuran7,5 x 20 cm. masing-masing akan menjadi satu buah kipas. jadi kita akan mendapat 3 buah kipas dengan variasinya masing-masing nanti
siapkan 3 lembar kertas ukuran7,5 x 20 cm
  • Selanjutnya adalah membuat lipatan akordion pada kertas berdasarkan lebar kertas. Lebar lipatan sekitar 1 cm.
kita mulai dengan kertas pertama, lipat dengan lipatan akordion dengan lebar sekitar 1 cm. bisa kan melipat seperti ini?
kita mulai dengan kertas pertama, lipat dengan lipatan akordion dengan lebar sekitar 1 cm
  • Kita kemudian harus memberi lem pada sisi kertas di bagian akhir-akhir lipatan.
selanjutnya beri lem setiap tepiannya untuk membuat kipas dari kertas bekas dan stik es krim
beri lem setiap tepiannya
  • Kemudian tempelkan kertas yang sudah dilipat seperti akordion itu ke stik es krim yang telah disatukan pada langkah awal sebelumnya. Perhatikan gambar.
langkah selanjutnya untuk membuat kipas kreasi kertas bekas dan stik es krim adalah dengan melekatkan stik es krim yang telah disilangkan dengan sisi-sisi kertas
lekatkan stik es krim yang telah disilangkan dengan sisi-sisi kertas
  • Nah, ini kalau kedua sisi kertas sudah dilem ke stik es krim, jadilah kipas kita yang pertama. Bagus juga ya yang pakai kertas warna merah. Oke, sekarang kita akan lanjutkan dengan kertas lainnya.
itulah kreasi pertama prakarya dari kertas bekas kita yang berbentuk kipas imut yang cantik
nah, jadinya seperti ini: kipas kertas yang cantik bukan?
  • Perhatikan, saya sudah melipat kertas biru muda dengan lipatan akordion. Ukuran lipatan sama sekitar 1 cm lebarnya.
sekarang dengan kertas kedua, juga lipat seperti akordion pada kertas kedua, kita akan memberi variasi lainnya perhatikan ya.
sekarang dengan kertas kedua, juga lipat seperti akordion
  • Agar ada variasi, saya kemudian menggunting ujung kertas sehingga tampak runcing-runcing. Agar bentuknya menjadi berbeda dengan kipas pertama (yang warna merah).
untuk memberi variasi kerajinan tangan sederhana kipas dekorasi kelas ini kita akan menggunting runcing salah satu sisi lipatan. hasilnya nanti akan berbeda dengan yang pertama
gunting runcing salah satu sisi lipatan
  • Selanjutnya, tempelkan dengan terlebih dahulu memberi lem pada sisi-sisi kertas dengan stik es krim yang sudah disiapkan. Jadinya akan seperti ini nih.
kipas yang kedua pun segera jadi dengan rekatkan dengan lem pada kedua sisinya dengan stik es krim yang telah disilangkan
rekatkan dengan lem pada kedua sisinya dengan stik es krim yang telah disilangkan
  • Sekarang kita akan mengerjakan kipas yang ketiga. Variasi yang diberikan adalah pewarnaan. Pada kertas kuning, saya beri garis berwarna ungu, hijau dan oranye secara mendatang sesuai panjang kertas. Lihat gambar ini.
kemudian untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan berbentuk kipas sederhana yang unik maka pada kertas yang ketiga kita beri warna dengan krayon (warna lain juga boleh)
kertas yang ketiga kita beri warna dengan krayon (warna lain juga boleh)
  • Setelah dilipat akordion, dan dilem ke stik es krim, maka jadilah kipas kita yang ketiga. Wah, ini bagus kan?
pada kreasi prakarya kertas bekas dan stik es krim ini lipat berbentuk akordion, lalu lekatkan dengan stik es krim yang telah disilangkan. hasilnya juga unik bukan?
lipat berbentuk akordion, lalu lekatkan dengan stik es krim yang telah disilangkan

Demikian langkah-langkah cara membuat kreasi stik es krim dan kertas bekas untuk membuat hiasan kelas (dekoratif) berbentuk kipas mini sederhana.

3 macam variasi kipas dari stik es krim dan kertas bekas yang indah, dibuat dengan cara yang sangat mudah sehingga cocok untuk prakarya atau kerajinan tangan untuk siswa SD atau anak-anak peserta didik di sekolah dasar
nah... ini dia hasilnya: 3 macam variasi kipas dari stik es krim dan kertas bekas yang indah

Bagaimana? Sudah bisa membuatnya? Pastinya kan.

Kamu juga pasti bisa membuat ini:
Jadwal Pelajaran Hasil Kreasi Kertas Bekas
Ukiran Sabun Mandi Bentuk Ikan
Bunga Dahlia dari Kantong Plastik Bekas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...