Cara Membuat Origami Binatang : Kepiting

Origami Kepiting

Tahu binatang yang namanya kepiting kan? Pasti deh. Iya, binatang yang satu ini memang lucu bentuknya. Begitupun kalau dibuat origami. Walaupun tidak persis-persis amat, tapi sekali pandang, dari bentuk origami ini kita akan langsung bisa mengingat namanya: kepiting. Apalagi kalau dibuat dengan kertas berwarna merah, jadi langsung terbayang kepiting yang sudah dimasak kan? Ha..ha... Beberapa hal yang unik dari kepiting adalah, mereka mempunyai kaki yang berjumlah sepuluh dengan dua capit yang berukuran besar. Tubuh mereka keras karena dilapisi karapaks (suatu zat protein) yang apabila dipanaskan warnanya akan berubah merah kekuning-kuningan. Dagingnya lezan nian untuk disantap. Tentunya dengan harus terlebih dahulu memecah karapaks yang merupakan rangka luar pelindung tubuhnya itu. Oh ya, mereka juga harus berganti kulit (molting) apabila ingin tumbuh membesar. Karena itulah, kadang kita mendapatkan kepiting yang karapaksnya belum begitu keras karena ia baru menggantinya.

Nah, kali ini kita akan mencoba membuat origami kepiting. Lihatlah, matanya yang besar itu, serta bentuk tubuhnya yang khas itu. Bagus bukan? Ayo disimak langkah-langkah membuat origami kepiting berikut ini.

cara membuat origami binatang kepiting
origami kepiting (by Fumiaki Shingu)

Baca Juga:
Origami Berudu (Kecebong) Kodok
Origami Burung Merak
8 Tutorial Origami Sederhana untuk Anak SD dan TK


Cara Membuat Origami Kepiting

Baiklah, sekarang kita langsung saja membahas bagaimana cara membuatnya, langkah per langkah dengan disertai foto dan diagram origaminya.
  • Pertama-tama, siapkan selembar kertas origami warna merah. Warna lain? Boleh kok. Kalau bisa ukurannya yang agak besar. Saya menggunakan kertas ukuran 16 cm x 16 cm. Kamu juga boleh pakai kertas lain jika tidak punya kertas origami, misalnya kertas bekas bungkus kado atau kertas HVS, asal cukup tipis untuk memudahkan melipatnya. (Gambar 1).
  • Perhatikan diagram origami pada Gambar 2. Ini menunjukkan kita harus melipat ke arah atas sehingga sisi atas bertemu dengan sisi bawah. 
  • Rapikan dan tajamkan lipatan. Hasilnya akan seperti Gambar 3.
  • Selanjutnya, perhatikan diagram origami pada Gambar 4. Kita akan melipat kertas dari sisi kanan ke sisi kiri.
  • Tajamkan dan rapikan lipatan, dan hasilnya akan menjadi seperti Gambar 5.
cara membuat origami binatang kepiting
langkah-langkah awal membuat origami kepiting
  • Gambar 6 menunjukkan bahwa kita harus membuka lipatan atas segiempat kecil ke arah kanan. Caranya selipkan ujung jari seperti ditunjukkan panah besar berwarna biru, bawa kertas ke arah kanan.
  • Sesaat hasilnya akan tampak seperti Gambar 7.
  • Perhatikan diagram origami pada Gambar 8. Itu artinya kita akan menekan kertas sesuai arah panah besar berwarna biru menuju ke atas.
  • Jika sudah ditajamkan dan dirapikan lipatannya, maka hasilnya akan tampak seperti pada Gambar 9.
cara membuat origami binatang kepiting
menyiapkan bentuk dasar origami kepiting
  • Perhatikan Gambar 10. Diagram origami ini menunjukkan bahwa kita harus membalikkan kertas. Jika sudah dibalikkan, maka hasilnya akan tampak seperti Gambar 11.
  • Selanjutnya pada diagram origami di Gambar 12 menunjukkan kita kembali harus membuka dan menarik selapis segiempat kecil. Tapi kali ini arahnya ke kiri. Prosesnya dari gambar 13 dan 14 (sama seperti sebelumnya). Tajamkan lipatan sehingga akan menjadi bentuk segitiga dengan bagian datar ada di sebelah atas seperti pada Gambar 15.
cara membuat origami hewan kepiting
langkah-langkah lanjut membuat bentuk dasar origami kepiting
  • Perhatikan diagram di Gambar 16. Lapisan atas sebelah kiri dan kanan segitiga terbalik itu akan kita lipat ke arah belakang (tetapi masih di atas lapisan lainnya).
  • Prosesnya dimulai seperti pada Gambar 17. Kita mulai saja melipat sisi atas sebelah kanan ke arah belakang (di atas lapisan terbawah) .
  • Lalu lanjutkan dengan sisi kiri seperti diperlihatkan Gambar 18.
  • Diagram origami pada Gambar 19 menunjukkan bahwa kita harus membalikkan kertas, hingga akhirnya tampak seperti Gambar 20.
cara membuat origami hewan kepiting
mulai membuat lipatan capit kepiting
  • Lihatlah diagram pada Gambar 21. Dari sudut lancip di bagian bawah, kita akan melipatnya ke arah atas. Lipatan ini akan membentuk ekor dan perut kepiting seperti ditunjukkan oleh Gambar 22.
  • Perhatikan diagram pada Gambar 23. Kita akan melipat sudut-sudut pada kanan dan kiri kertas ke arah bawah. Lipatan ini nantinya akan membentuk kaki belakang kepiting.
  • Mulailah melipat sudut lancip pada bagian kanan ke arah bawah sebagaimana ditunjukkan oleh Gambar 24. Lalu lanjutkan dengan bagian kiri seperti diperlihatkan Gambar 25.
cara membuat origami hewan kepiting
melipat bagian kaki belakang pada origami kepiting
  • Perhatikan diagram origami pada Gambar 26. Diagram itu meminta kita untuk membalikkan kertas.
  • Hasilnya akan seperti Gambar 27. Uppsss.... bentuk origami kepiting sudah terlihat.
  • Berikan sentuhan akhir dengan menambahkan bulatan mata dengan spidol seperti Gambar 28.
  • Nah, selesailah sudah origami kepiting kita. Mudah saja bukan?
cara membuat origami hewan kepiting
langkah akhir: memberikan mata pada origami kepiting

Demikian tutorial cara membuat origami kepiting yang sangat mudah. Kelihatannya langkah-langkahnya banyak ya? Sebenarnya tidak juga. Banyaknya gambar di atas diberikan dengan maksud agar langkah-langkah terinci dengan jelas sehingga memudahkan kita untuk mengerjakannya. Sampai ketemu pada tutorial lainnya, semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Membuat Bunga Zinnia daari Kantong Kresek Bekas
Origami Harimau
Hiasan Dinding dari Stik Es Krim dan Sedotan Plastik
Cara Membuat Tempat Pensil dari Kaleng Bekas
Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...