Cara Membuat Origami Burung Merak

Langkah-Langkah Cara Membuat Origami Burung Merak

Beberapa waktu yang lalu di blog ini sudah dirangkum 8 Tutorial Cara Membuat Origami Mudah untuk Anak-Anak. Nah, untuk menambah koleksi cara membuat origami anak-anak, kini kita akan memberikan tutorial cara membuat origami sederhana berbentuk burung merak. Langkah-langkah melipat kertas untuk membuat origami burung merak ini seperti biasa akan dilengkapi foto-foto dan diagram untuk memudahkan anda mengikutinya, lalu mengajarkannya kepada anak-anak. Ayo kita simak.
cara membuat origami burung merak yang sangat mudah
origami burung merak yang sangat mudah

Alat dan Bahan

Jika anda tidak menggunakan kertas origami, maka mungkin anda dapat menggunakan kertas HVS atau kertas bekas bungkus kado untuk bahan origami ini, dan tentu jika demikian anda akan membutuhkan gunting untuk merapikannya dan membentuk kertas berbentuk bujur sangkar. Pada tutorial ini saya menggunakan kertas origami ukuran 20 cm x 20 cm. Anda tentu juga dapat menggunakan kertas origami ukuran lainnya. Tetapi, saya sarankan jika anda akan mengajak anak-anak untuk membuat origami burung merak ini, maka gunakanlah ukuran yang cukup besar sehingga lebih mudah untuk mereka tangani. Bahan lainnya? Gak ada, kecuali sedikit kreativitas dan kerapian dalam melipat kertas.

Baca Juga:
Cara Membuat Hiasan Dekorasi Berbentuk Burung Merak dari Kertas Bekas
Cara Menggambar Manga: Wajah Cewek
Cara Membuat Bintang dari Kertas Bekas



Langkah-Langkah Membuat

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat origami burung merak.
  • Siapkan selembar kertas origami ukuran 20 cm x 20 cm atau ukuran apa saja, tetapi untuk anak-anak akan lebih mudah jika mereka diberikan kertas dengan ukuran lebih besar. Anda tentunya juga dapat membuat origami ini dengan kertas lainnya asalkan bentuknya bujur sangkar. (Gambar 1).
  • Perhatikan diagram origami pada gambar 2. Kita akan membuat sebuah lipatan diagonal dari dua sudut kertas yang berseberangan. Lipat dengan rapi dan tegas dari sudut kiri bawah menuju sudut kanan atas, lalu buka kembali lipatan tersebut.
  • Perhatikan gambar 3 yang menunjukkan diagram origami langkah selanjutnya. Kita akan membuat lipatan berdasarkan garis diagonal yang dibentuk lipatan pertama yang telah dibuka. Perhatikan, lipatan akan dibuat dari sisi-sisi atas dan bawah menuju garis diagonal dengan sudut ada di bagian atas sebelah kiri.
  • Gambar 4 dan 5 menunjukkan bagaimana anda akan melipat kertas berdasarkan diagram pada gambar 3. Lihatlah bentuk akhir langkah ini pada gambar 5.

langkah-langkah atau cara membuat origami burung merak untuk anak-anak
langkah-langkah awal membuat origami burung merak
  • Berikutnya, perhatikan gambar 6. Pada gambar 6 ini ditunjukkan diagram yang menunjukkan kalau anda selanjutnya harus melipat kertas origami ke aras bawah berdasarkan lipatan diagonal yang pertama kali tadi anda lakukan.
  • Maka hasilnya akan seperti yang terlihat pada gambar 7.
  • Perhatikan gambar 8 yang menunjukkan diagram origami untuk langkah berikutnya. Anda akan melipat kertas pada ujung runcing di kiri atas ke arah bawah. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa lipatan ini akan dilakukan dengan menyelipkan ujung runcing tersebut di dalam sisi-sisi segitiga. Caranya mulailah dengan melipat kertas kira-kira 1/3 bagian dari panjang sisi bawah segitiga ke arah depan seperti gambar 9. Setelah itu balikkan kertas origami dan lipat lagi ujung segitiga lancip ke arah berlawanan untuk memudahkan nantinya melipat kertas ke dalam sisi-sisi segitiga yang akan menjadi badan burung merak.
cara membuat dan membentuk badan origami burung merak
membentuk badan origami burung merak

  • Perhatikan gambar 10. Gambar ini menunjukkan bagaimana cara melipat ujung lancip segitiga ke arah dalam sisi-sisi segitiga berdasarkan garis lipatan yang telah dibuat pada langkah gambar 9. Tekan lipatan kertas dengan rapi.
  • Lihat gambar 11 yang menunjukkan diagram origami langkah selanjutnya: anda akan melipat kembali ujung runcing yang telah mengarah ke bawah menuju ke atas. Caranya akan lebih mudah dari langkah sebelumnya, karena anda cukup mendorong ujung lancip tersebut ke arah atas sehingga nantinya akan menjadi seperti gambar 12. Tekan lipatan kertas yang baru terbentuk supaya rapat dan rapi. Lipatan ini akan akan membentuk leher burung merak.
  •  Pada gambar 13 ditunjukkan diagram bagaimana anda akan kembali melipat ujung lancip ke arah bawah untuk membentuk paruh burung merak.
langkah-langkah melipat kertas untuk membentuk bagian leher dan paruh origami burung merak
membentuk bagian leher dan paruh origami burung merak
  • Lihatlah gambar 14 dan 15 di mana untuk melakukan langkah pada diagram di gambar 13 anda sebaiknya melipat ujung lancip ke arah depan dan belakang lipatan untuk membuat awalan lipatan paruh burung merak.
  • Gambar 16 menunjukkan bagaimana anda harus mendorong ujung lancip ke dalam sisi-sisi bagian leher sehingga terbentuk lipatan paruh.
  • Terakhir, pada gambar 17, pipihkan dan rapikan lipatan sehingga origami burung merak anda selesai dibuat.
langkah-langkah akhir membuat origami burung merak untuk anak-anak yang sangat mudah
langkah-langkah akhir membuat origami burung merak

Bagaimana? Mudah Bukan? Untuk anak-anak yang lebih muda biasanya akan sedikit kesulitan untuk membuat lipatan leher dan paruh. Jadi mungkin bantuan anda diperlukan pada langkah tersebut. Tetapi, pada anak-anak SD kelas 2 dan 3 mereka mungkin sudah dapat melakukannya secara mandiri.

Demikian tutorial cara membuat origami burung merak, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca juga:
Cara Membuat Kincir Angin 8 Baling-Baling
Contoh Kerajinan Tangan Anak SD: Angsa dari Kertas
Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas
Kerajinan Tangan SD: Berlian dari Sedotan Plastik
18 Tutorial Cara Membuat Bunga dari Barang Bekas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...