Cara Membuat Bintang dari Kertas Bekas

Bentuk Bintang, Bentuk Dekoratif yang Menarik

Bintang memang bentuk yang sangat menarik. Karena itu tak heran jika bentuk bintang banyak dibuat untuk bahan dekoratif. Apalagi jika cara membuatnya sederhana dan mudah, sehingga dapat diajarkan pada anak-anak SD kelas rendah. Bahan-bahan dekoratif berbentuk bintang dapat dibuat dari kertas sebagai bentuk kerajinan tangan (papercraft). Cara pembuatannyapun sering kali unik dan khas untuk setiap jenisnya. Ada juga bahan dekoratif bentuk bintang ini yang menggunakan bahan lainnya seperti dari kayu, sedotan plastik, dan bahan lainnya. Kali ini kita akan mencoba membuat bintang yang beukuran mungil dari potongan-potongan kertas HVS. Lihatlah gambar di samping, kerajinan tangan bintang kecil dari potongan kertas ini sangat mudah dibuat. Di tulisan ini anda dapat melihat langkah-langkah pembuatannya disertai foto.
contoh hasil kerajinan tangan dari potongan kertas bekas yang berbentuk bintang, sangat cocok untuk anak-anak kelas 4 sampai 5 SD

Oh ya, sekedar mengingatkan, sebelumnya di blog ini telah pernah diuraikan cara membuat bunga bintang dari sedotan plastik (bintang segilima) dan bintang segitiga yang juga dari sedotan plastik untuk bahan dekoratif seperti tirai, kalung, gelang atau hiasan gantung yang juga cocok untuk dikerjakan sebagai prakarya anak-anak yang masih duduk di SD (Sekolah Dasar). Dan, di blog ini juga pernah diuraikan cara melipat dan menggunting kertas untuk membentuk bintang segilima dan segienam.

Langkah-Langkah Membuat Bintang Kecil dari Potongan Kertas HVS Bekas

 Berikut ini adalah langkah-langkah membuat bintang kecil dari potongan kertas HVS bekas:

  • Untuk membuat sebuah bintang kecil, siapkan potongan kertas HVS dengan lebar lebih kurang 1 cm. Potong kertas dengan menggunakan mistar dan cutter agar rapi. Untuk panjangnya, saya menggunakan selebar kertas HVS, lebih kurang 21 cm.

alat dan bahan dari barang bekas berupa kertas untuk membuat prakarya bintang kecil untuk bahan dekoratif cocok untuk anak SD kelas 3
langkah 1
  • Buat lengkungan kertas seperti gambar di langkah 2. Perhatikan bahwa ujung yang pendek diletakkan di bawah sementara ujung yang panjang diletakkan di atas. 
langkah pertama adalah membuat lengkungan kertas yang telah dipotong selebar 1 cm
langkah 2
  • Masukkan ujung pendek ke dalam lengkungan. Perhatikan gambar pada langkah 3. Rapikan sehingga terbentuk simpul yang rapat berbentuk segilima.
pada langkah kedua kertas yang telah dibuat simpul dipipihkan
langkah 3
  • Pipihkan simpul. Lihat langkah 4.
simpul dirapikan sehingga bentuk segi lima tampak jelas ini adalah dasar bentuk bintang nantinya
langkah 4
  • Lipat ujung pendek sesuai sisi segilima yang terbentuk. Gulung ujung kertas panjang mengitari segilima. Tips: jangan terlalu menekan sisi segilima sehingga lipatan kertas tidak terlalu rapat, kecuali pada sudut-sudut segilima.
pada langkah kelima sisa kertas dilipat mengikuti bentuk segilima
langkah 5
  • Gulung ujung panjang sampai mencapai akhir ujung kertas HVS bekas. Perhatikan gambar pada langkah 6.
potongan kertas bekas terus dilipat hingga ujung
langkah 6
  • Selanjutnya, sisipkan ujung kertas ke dalam segilima yang terbentuk. Jika berlebih, potong dengan gunting. Lihat langkah 7.
pada langkah ke 7 ujung kertas dipotong lalu diselipkan ke dalam segilima
langkah 7
  • Tekan dua sisi segilima dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan ibu jari. Perhatikan gambar langkah 8. Putar segilima, lalu tekan sisi-sisi lainnya sehingga sisi-sisi tersebut melekuk ke arah dalam (menuju pusat segilima) dan membentuk bintang kecil yang diinginkan. Perhatikan gambar langkah 8 di bawah ini bagaimana cara meletakkan ujung jari telunjuk dan ibu jari pada sisi-sisi segilima dan menekannya.
langkah ke 8 bentuk segilima ditekan pada setiap sisi-sisinya sehingga terbentuk bintang berukuran kecil yang cantik
langkah 8
  • Nah, setelah semua sisi segilima melekuk ke dalam, maka terbentuklah bintang kecil potongan dari kertas HVS bekas. Agar bekas lipatan tampak rapi, anda boleh mengaplikan sedikit lem kertas dengan bantuan ujung jarum atau kawat kecil. Lihat gambar langkah 9.
inilah hasil akhir kerajinan tangan dari kertas bekas berbentuk bintang segilima yang imut
langkah 9
Demikian langkah-langkah cara membuat bintang kecil (diameter lebih kurang 1 cm) dari potongan-potongan kertas HVS bekas. Bagus bukan?

Baca juga:
Bermain Bentuk-Bentuk Sederhana dengan Melipat dan Menggunting Kertas Berwarna
Membuat Baling-Baling Kertas dengan Teknik Melipat
Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas dengan Teknik Quilling
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...