Origami untuk Anak TK : Kucing

papercraft origami anak TK dan anak SD
origami kucing untuk anak TK dan SD
Papercraft atau kerajinan tangan yang berhubungan dengan kertas memang sangat menarik. Tidak terkecuali kerajinan tangan atau prakarya untuk anak TK atau anak SD kelas rendah. Kali ini, kita akan kembali mengeksplorasi papercraft dengan harapan dapat menjadi inspirasi bahwa seni melipat kertas (origami) itu sangat mengasyikkan buat anak-anak. Tentu saja, hal ini dapat dilakukan jika kita menyesuaikan tingkat perkembangan yang dimiliki oleh anak TK atau anak SD kelas rendah dengan tingkat kerumitan mode atau design origami yang akan dibuat. Nah, kali ini kita akan mencoba menulis cara membuat papercraft berbentuk kepala kucing.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Alat dan bahan yang diperlukan tentu sangat sederhana, kita hanya membutuhkan selembar kertas origami. Saran, gunakan kertas origami dengan ukuran besar sehingga anak-anak mudah melipat dan menanganinya. Selain itu kita akan membutuhkan sebuah spidol berwarna hitam atau biru untuk menggambar bagian-bagian wajah kucing setelah origami selesai dibuat.

Cara Membuat Origami Kucing untuk Anak TK atau SD Kelas Rendah

  • Ambil selembar kertas origami ukuran besar, jika tidak punya anda dapat menggunakan kertas bekas yang dibentuk menjadi persegi. Lihat gambar 1.
  • Lipatlah kertas tersebut dari salah satu sudut ke sudut lain menurut diagonalnya, sehingga terbentuk lipatan kertas berbentuk segitiga. Perhatikan gambar 2.
  • Sekali lagi lipatlah kertas dari sisi panjangnya, sehingga terbentuk lipatan segitiga yang lebih kecil. Lihat gambar 3.
  • origami anak TK dan anak SD
    gambar 1
    origami anak TK dan anak SD
    gambar 2
    origami anak TK dan anak SD
    gambar 3
  • Buka kembali lipatan terakhir yang baru dibuat, karena tujuannya hanya untuk membuat garis bantu untuk menentukan garis tengah segitiga besar yang pertama dibuat sebelumnya. Lihatlah gambar 4.
  • Selanjutnya lipatlah seperempat ujung atas segitiga menurut garis bantu yang tadi dibuat. Perhatikan gambar 5.
  • Kemudian ambil salah satu sudut yang belum dilipat, lipatlah sudut ini ke arah atas. Perhatikan bahwa sudut ini dilipat ke atas sekitar 1,5 cm atau 2 cm dari garis bantu. Lihat gambar 6.
  • origami anak TK dan anak SD
    gambar 4
    origami anak TK dan anak SD
    gambar 5
    origami anak TK dan anak SD
    gambar 6
  • Ambil lagi sudut terakhir yang belum dilipat. Lipat ke atas seperti halnya sudut sebelumnya. Lihat gambar 7.
  • Balikkan kertas. Bentuk origami kepala kucing sudah selesai dibuat. Perhatikan gambar 8.
  • Terakhir, berikan sentuhan dengan gambar bagian-bagian wajah kucing. Gunakan spidol untuk ini. Mulailah dengan membuat 2 buah titik besar untuk mata dan 1 buah titik besar lainnya untuk hidung kucing. Kemudian buat garis lengkung ke kiri dan ke kanan dari bawah titik hidung. Tambahkan kumis dan bulu mata. Perhatikan gambar 9.
  • origami anak TK dan anak SD
    gambar 7
    origami anak TK dan anak SD
    gambar 8
    origami anak TK dan anak SD
    gambar 9

Nah, selesai sudah papercraft berupa origami wajah kucing yang sederhana dan mudah ini. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya bersama anak anda atau murid-murid anda yang masih duduk di bangku TK atau anak SD kelas rendah? Demikian, semoga bermanfaat. Wassalam.
Baca Juga:
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kertas Bekas: Boneka
Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas
Cara Membuat Kelinci Kertas
Kincir Angin Mini dari Kertas Bekas
Bunga Kertas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...