Prakarya Bunga dari Kulit Bawang

Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang

Di sekitar kita ada banyak bahan limbah yang ternyata kalau diamati mengandung nilai eksotika atau keindahan tertentu. Bentuk alami kulit bawang merah dan bawang putih misalnya, jika dilihat secara seksama menunjukkan guratan-guratan dan warna yang indah. Karenanya limbah kulit bawang dapat dijadikan bahan kerajinan tangan atau prakarya yang menarik. Memang sifatnya yang rapuh dan tipis sedikit menyulitkan untuk dibentuk dan dikreasikan. Akan tetapi, ketika kita mampu melakukannya dengan kesabaran dan ketelatenan, maka hiasan indah dan unik seperti bunga dalam figura seperti foto di bawah mungkin dapat dibuat. Dan tentu saja, dan lebih banyak latihan, kualitas kerajinan tangan dari kulit bawang ini akan dapat menjadi lebih baik dan memiliki nilai jual. Lalu, bagaimanakah cara membuat hiasan dari kulit bawang seperti foto ini? Ayo disimak  tutorialnya.


cara membuat hiasan dinding dari kulit bawang putih dan bawang merah yang berbentuk bunga cantik
prakarya dari kulit bawang merah dan bawang putih

Alat dan Bahan

Untuk membuat prakarya sederhana dari bahan limbah atau sampah kulit bawang ini, kita menggunakan alat dan bahan yang sangat sederhana, yaitu:
  • kulit bawang merah dan bawang putih
  • ranting kering ukuran kecil 
  • lem
  • gunting
  • pinset (jika diperlukan)
  • media untuk menempel berupa kertas (anda juga dapat menggunakan kain hitam beludru untuk hasil yang lebih baik)
  • kertas bekas warna kuning
  • spidol atau cat air atau pewarna lainnya
  • lidi untuk membantu mengaplikasikan lem pada kulit bawang

Cara Membuat

Adapun langkah-langkah membuat hiasan dinding berbentuk bunga dari kulit bawang merah dan bawang putih adalah sebagai berikut:
  • Siapkan kulit bawang putih dan bawang merah. Pilih yang bersih dan ukurannya agak besar. 
  • Siapkan kertas atau kain untuk media tempelan. Sesuaikan ukurannya dengan figura yang anda miliki agar lebih praktis.
  • Potong ranting kecil (anda dapat pula menggunakan batang bawang putih yang biasanya terdapat pada kumpulan beberapa siung bawang putih) seperti Gambar 2. Atur posisinya sesuai selera dan kreatifitas anda. Bentuklah rumpun batang bunga dan rekatkan dengan lem pada media tempel.
cara membuat hiasan dinding dari kulit bawang putih dan bawang merah yang berbentuk bunga cantik
langkah awal membuat prakarya dari kulit bawang
  • Berikutnya, buatlah kelopak (mahkota) bunga berbentuk segitiga dengan sudut-sudut yang tumpul. Perhatikan garis-garis pada kulit bawang dalam menggunting kulit agar terlihat natural seperti mahkota bunga sungguhan. Siapkan beberapa helai. Perhatikan Gambar 3.
  • Sekarang, perhatikan Gambar 4. Anda harus mengaplikasikan lem pada calon kelopak bunga dari kulit bawang ini secukupnya dengan menggunakan lidi. Jika kesulitan memegang kelopak, gunakan pinset untuk menjepitnya. Selanjutnya atur posisi setiap kelopak agar tersusun seperti susunan kelopak bunga.
cara membuat hiasan dinding dari kulit bawang putih dan bawang merah yang berbentuk bunga cantik
mulai merangkai kulit bawang menjadi bunga
  • Perhatikan Gambar 5, sekarang kelopak sudah tersusun dengan rapi. Jika diinginkan anda dapat menambahkan lapisan kelopak sehingga mempunyai bentuk kelopak rangkap. Susunlah kelopak dari ukuran besar di bagian bawah hingga ke ukuran paling kecil di lapisan atas.
  • Pada Gambar 6 ditunjukkan bagaimana contoh cara membuat putik bunga. Anda dapat menggunakan kertas seperti saya. Gunakan kertas berwarna kuning dengan lebar sekitar 1 cm dan panjang sekitar 5 cm (Gambar 6a). Selanjutnya potong-potonglah kertas kecil-kecil pada salah satu sisi panjangnya (6b). Kemudian, gulung kertas dan beri lem agar tidak terbuka. Potong bagian pangkal gulungan jika putik yang terbentuk terlalu tinggi untuk ukuran bunga dari kulit bawang anda. Selanjutnya aplikasikan secuil lem pada pangkal putik dan tempelkan pada pusat rangkaian bunga kulit bawang.
langkah-langkah membuat kerajinan tangan hiasan dinding dari kulit bawang
menyiapkan putik dari kertas
  • Hasilnya akan seperti Gambar 7. Kelopak berwarna merah dengan putik berwarna kuning merupakan perpaduan yang bagus bukan?
  • Tambahkan beberapa helai kulit bawang pada bagian batang bunga lainnya. Di sini saya membuatnya berbentuk seperti kuncup bunga saja. (Gambar 8). Tempelkan pada posisi-posisi yang sesuai menurut selera anda.
langkah-langkah membuat hiasan dinding berbentuk bunga dari kulit bawang
tinggal menambahkan daun dari kulit bawang putih
  • Berikutnya kita akan membuat daun. Bahannya dari kulit dan batang bawang putih. Pilihlah kulit yang bersih dan tidak kusam. Gunting seperti bentuk daun pandan (memanjang). Buat beberapa helai. Perhatikan Gambar 10 berikut.
  • Jika sudah siap, tempelkan kulit bawang putih ini untuk membentuk daun (Lihat Gambar 11). 
cara membuat prakarya dari limbah kulit bawang menjadi hiasan dinding
tinggal sentuhan akhir, prakarya dari kulit bawang ini sudah menunjukkan bentuk
  • Terakhir, jika diinginkan, berilah warna hijau pada daun. Saya menggunakan spidol warna hijau muda dan hijau tua untuk ini. Anda tentu boleh menggunakan pewarna lain seperti cat air, cat minyak, atau bahkan larutan pewarna makanan. 
  • Kalau sudah selesai, hasilnya akan tampak seperti Gambar 12.
cara membuat prakarya dari limbah kulit bawang menjadi hiasan dinding yang cantik dan unik
memberi warna hijau pada daun
Bagaimana? Mudah saja ternyata untuk membuat prakarya hiasan dinding dari kulit bawang putih dan bawang merah ini, bukan? Oh ya, jika anda ingin hiasan dinding berbentuk bunga ini lebih awet, celupkan kulit bawang sebelumnya pada bahan kimia anti jamur atau air gerusan kapur barus. Boleh juga, ketika anda memasang hiasan dinding ini dalam figura dengan kaca, selipkan beberapa butir kapur barus (naftalen) ukuran kecil di dalamnya.

Demikian tutorial cara membuat prakarya atau kerajinan tangan sederhana berbentuk hiasan dinding bunga dari bahan limbah kulit bawang putih dan bawang merah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Prakarya untuk Anak SD dan TK : Ikan dari Kertas
Kerajinan Tangan Anak: Kodok Lucu dari Kertas
Cara Membuat Hiasan Dinding Berbentuk Kupu-Kupu
12 Tutorial Cara Membuat Bunga dari Barang Bekas, Limbah dan Sampah
Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...