Cara Membuat Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas

Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas

Seringkali saat berbelanja dari pasar tradisional, kita diberikan kantong kresek untuk membawa barang-barang yang kita beli. Harganya yang murah, kuat, dan ringan membuatnya sangat populer untuk digunakan. Salah satu jenis kantong plastik yang diberikan ada yang berwarna ungu. Kalau melihat warna ungu, mungkin ingatan kita akan segera melayang pada bunga lavender. Nah, kantong plastik bekas yang berwarna ungu bekas pakai itu ternyata dapat dibuat menjadi bunga lavender yang cantik. Usaha yang dilakukan dengan menggunakan kembali (reuse) kantong plastik bekas ini tentunya akan membantu usaha pelestarian  lingkungan kita yang sudah sangat penuh dengan sampah plastik yang tentu saja sulit terurai di alam. Jadi, kerajinan tangan dari kantong plastik bekas untuk membuat bunga lavender ini juga bentuk kepedulian kita pada alam.

bunga lavender dari kantong kresek bekas yang cantik
bunga lavender dari kantong kresek/plastik bekas
Silakan baca bagaimana cara atau langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.
Baca juga:
Cara Membuat Bunga Teratai dari Kertas Bekas Sampul Makalah
Cara Membuat Tempat Pensil dari Bekas Kotak Teh Celup
Kerajinan Tangan dari Sedotan Plastik: Bentuk Berlian
Kerajinan Tangan Bunga dari Kertas Bekas yang Sangat Mudah


Cara Membuat Bunga Lavender dari Kantong Kresek Bekas

Baiklah, sebelum kita mulai menguraikan langkah-langkah pembuatan bunga lavender dari kantong kresek bekas, maka kita harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan.

Alat dan Bahan Membuat Bunga dari Kantong Plastik Bekas

  • kantong kresek warna ungu, pilihlah kantong kresek yang tidak terlalu tipis sehingga bunga yang terbentuk tidak terlalu lemas dan terkulai.
  • kantong kresek warna hijau untuk menutupi tangkai bunga, boleh juga menggunakan floral tape (selotip warna hijau)
  • spidol
  • kawat ukuran sedang  untuk tangkai bunga
  • kawat ukuran kecil (diambil dari bekas kabel yang sudah tidak terpakai)
  • gunting
  • tang 
  • penjepit kertas (binder clip)
  • botol atau wadah kemasan minyak rambut atau benda lainnya berbentuk bulat untuk cetakan lingkaran dengan diameter kira-kira 5 cm.

Langkah-Langkah/Cara Membuat Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas

  • Hamparkan kantong plastik bekas warna ungu di atas lantai. Rapikan, lalu potong bagian bawah dan atas kantong plastik dengan gunting seperti terlihat pada gambar.
menyiapkan kantong plastik untuk bahan membuat bunga lavender
potong kantong plastik untuk merapikan

  • Rentangkan lipatan, lalu potong salah satu sisinya agar lembaran kantong plastik terbuka penuh.
gunting salah satu sisi kantong kresek agar membentuk lembaran
potong salah satu sisinya untuk membuka lembaran plastik

  • lipat-lipat lembaran kantong plastik bekas dan sesuaikan dengan ukuran lingkarang yang akan dipakai, lalu gunting. Dari selembar kantong plastik bekas, kita akan mendapatkan beberapa lembar bahan membuat bunga lavender ini.
potong lipatan-lipatan kantong plastik bekas dengan gunting
potong sesuai ukuran lingkaran pola

  • gunakan spidol untuk menandai lingkaran yang akan digunting. Gunakan penjepit kertas pada beberapa bagian sisi agar lipatan-lipatan plastik bekas yang bertumpuk tidak bergeser.
cara membuat bunga dari kantong plastik bekas
gambar pola lingkaran pada kantong plastik

  • Berikutnya, gunting mengikuti garis yang telah dibuat dengan spidol, lakukan pada semua lembaran kantong plastik yang telah dilipat bertumpuk. Sisihkan sisa guntingan, jangan dibuang, kita akan menggunakannya untuk membuat isi putik bunga.
langkah membuat bunga dari kantong plastik bekas
lingkaran-lingkaran yang telah disiapkan

  • Ambil sisa-sisa potongan kantong plastik, letakkan di atas sebuah lingkaran, kita akan menjadikannya sebuah putik bunga lavender.
cara membuat bunga lavender dari kantong kresek
sisa-sisa potongan diletakkan di bagian tengah

  • Pilin lingkaran sehingga sisa-sisa guntingan kantong plastik yang ada di tengah lingkaran tadi membentuk pentol putik bunga. Sisihkan.
cara membuat bunga lavender dari kantong kresek bekas
ini calon putik bunga lavender dari kantong plastik kita
  • Selanjutnya, ambil selembar kantong plastik berbentuk lingkaran lainnya. Kita akan melipat dan mengguntingnya membentuk mahkota bunga. Perhatikan, diperlukan 4 kali lipatan agar nanti dihasilkan mahkota bunga dengan kelopak berjumlah 8. Gunting membulat pada ujung luarnya. Lihat gambar.
cara membuat mahkota bunga dari kantong plastik bekas
membuat mahkota bunga lavender

  • buka lipatan yang telah digunting. Hasilkan akan tampak seperti pada gambar. Kemudian, gunting dari salah satu sisi mahkota menuju ke pusat bunga. Lihat garis merah pada gambar, disitulah kita harus mengguntingnya.
mahkota bunga lavender dari kantong plastik
mahkota bunga lavender dari kantong plastik

  • ambil putik yang telah dibuat sebelumnya. Selanjutnya, lingkarkan mahkota pada putik, lalu ikat dengan kawat halus yang diambil dari kabel bekas. Panjang kawat lebih kurang 15 cm untuk memudahkan kita mengikat mahkota pada putik dengan kuat. Setelah kencang, bentuk mahkota dengan menarik ujung-ujung mahkota ke arah luar lingkaran. Perhatikan gambar.
cara membuat bunga lavender dari kantong kresek bekas
menyatukan putik dengan mahkota

  • siapkan beberapa kuntum bunga. Pada contoh ini kita menggunakan 5 kuntum kecil yang nantinya akan disatukan menjadi setangkai besat bunga lavender. Urutkan dari dari kecil ke yang besar. (ukuran yang bervariasi akan terbentuk dengan sendirinya saat kita membuat kuntum-kuntum kecil bunga lavender).
cara membuat bunga lavender dari kantong plastik bekas
urutkan kuntum bunga dari yang kecil ke yang besar
  • Ambil sepotong kawat ukuran sedang. Siapkan juga kantong kresek berwarna hijau yang telah digunting memanjang dengan lebar lebih kurang 2 cm.
  • Ambil kuntum bunga paling kecil, pasang pada kawat dan lilit dengan helaian kantong plastik bekas warna hijau. Kita juga dapat menggunakan floral tape untuk mengganti kantong plastik hijau.
  • Ambil lagi kuntum bunga lainnya secara berurutan dan berseling diatur pada tangkai kawat untuk membentuk tandan bunga lavender.
  • Lakukan hingga tandan bunga lavender cukup besar dan tampak natural.
membuat bunga lavender dari kantong kresek bekas
menyusun kuntum-kuntum bunga pada tangkai

  • Selesaikan melilitkan kantong kresek warna hijau pada tangkai dari kawat. Bentuk tangkai dan bunga agar terlihat indah dan rapi.
setangkai bunga lavender dari kantong plastik bekas
inilah hasil akhirnya, setangkai bunga lavender
Nah, itulah cara membuat bunga dari kantong plastik bekas (kresek). Tidak terlalu sulit kan? Saya yakin semua pasti bisa membuatnya.
Baca juga:
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas
Contoh Kerajinan Tangan Bunga dari Kertas Bekas
Cara membuat Bunga Mawar dari Kertas Bekas
Cara membuat Bunga dari Kertas dan Cotton Bud
Yuk Buat Kincir Angin Kertas dengan 8 Sirip Baling-Baling


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...