Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik

Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas

Bunga yang cantik dan indah dapat dibuat dari bahan limbah. Kadang bahannya sangat sederhana dan mudah didapat, misalnya kantong plastik. Pada kehidupan sehari-hari kita banyak menggunakan kantong plastik. Hitung saja, dari pagi sampai malam hari kita tidur, berapa banyak kita menggunakan kantong plastik? Belum lagi kalau kita bicara soal orang-orang yang berbelanja di pasar. Bayangkan, berapa lembar kantong plastik yang secara potensial adalah pencemar bagi lingkungan terutama tanah dan air. Karena itu usulan penggunaan kantong plastik dengan berbahan yang lebih mudah diuraikan oleh bakteri tentunya harus disambut dengan baik. Hanya saja mungkin ide ini lebih sulit diterapkan karena tentu bahan dasar plastik yang lebih mudah diuraikan di alam ini lebih mahal.

Oke, balik lagi ke soal bunga yang cantik pada gambar di bawah ini. Ia merupakan salah satu contoh bagaimana kita dapat memanfaatkan kantong plastik bekas menjadi barang lain yang dapat dimanfaatkan sebagai penghias ruangan (bahan dekorasi), atau bahkan bukan tidak mungkin dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Ada banyak contoh orang-orang kreatif yang mampu menghasilkan uang dari barang-barang bekas macam kantong plastik ini.

Oh ya, mungkin anda tertarik untuk mencoba membuat bunga seperti gambar di bawah? Walaupun sekilas mirip, cara pembuatannya sedikit berbeda dengan Cara Membuat Bunga yang Mudah dari Kantong Plastik Bekas yang sebelumnya telah diberikan tutorialnya.

Berikut kami berikan tutorial (cara pembuatan) bunga cantik kreasi kantong plastik ini. Simak penjelasan dan gambarnya ya...
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas
cantik bukan bunga kreasi kantong kresek ini?

Cara Membuat Bunga Cantik dari Kantong Plastik

Alat dan Bahan

Sediakanlah alat-alat dan bahan-bahan berikut:
  • kantong plastik yang agak tebal. Saya menggunakan warna merah pada tutorial ini. Anda dapat menggunakan warna lain favorit anda atau berdasarkan ketersediaan kantong plastik dari kotak penyimpanan bahan kerajinan tangan anda.
  • kawat ukuran sedang untuk tangkai bunga. Panjang lebih kurang 20 cm.
  • lilin dan korek api
  • tang
  • gunting.

Langkah-Langkah Membuat

Ikuti penjelasannya dan perhatikan gambar-gambarnya
  • Hamparkan kantong plastik di atas lantai atau meja. Rapikan seluruh bagian terutama sudut-sudutnya.
  • Gunting kantong plastik sehingga anda mendapatkan potongan-potongan kantong plastik ukuran 8 cm x 8 cm. Jika ingin bunga yang lebih besar, anda dapat memotong hingga ukuran 12 cm x 12 cm. Atau jika ingin lebih kecil, anda dapat memotong hingga ukuran 6 cm x 6 cm.
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas 1
menyiapkan potongan 8 cm x 8 cm
  • Buatlah pada setiap potongan plastik itu mahkota bunga seperti Gambar 3 berikut. Caranya sangat mudah. Anda dapat membuat sebuah pola terlebih dahulu di atas selembar kertas karton ataulangsung melipatnya. Cara menggunting bentuk mahkota bunga seperti ini dengan cara melipat sama persis dengan cara menggunting kertas bentuk bintang yang tutorialnya dapat dibaca di sini: Cara Melipat dan Menggunting Kertas Bentuk Bintang.
  • Sediakan untuk sekuntum bunga 5 sampai 6 helai mahkota.
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas 2
mahkota atau kelopak segilima
  • Selanjutnya, seperti tutorial membuat bunga paling mudah dari kantong plastik, maka buatlah inggit-inggit pada tepi mahkota bunga dengan cara "merobek"-nya.
  • Lakukan pada seluruh tepi mahkota.
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas 3
memberi inggit-inggit pada tepi kelopak bunga
  • Berikutnya buatlan lipatan pada mahkota, pada bagian tengah helaian mahkota. Lalu panaskan dengan api dari lilin. Bekas lipatan yang dibakar akan menguatkan helaian mahkota sehingga lebih kaku dan selain itu juga berguna untuk membuat helaian plastik menjadi mengerucut menuju titik pusatnya.
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas 4
membuat lipatan pada tiap helai kelopak bunga
  • Bila semua mahkota telah siap, sekarang siapkan pula putik bunga.
  • Caranya, gumpalkan sehelai lembaran kantong plastik ukuran 8 cm x 8 cm yang lain, lalu ikan dengan kawat. Gunakan tang untuk mempermudah pekerjaan anda. Lihatlah Gambar 6 berikut.
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas 5
menyiapkan putik dan tangkai bunga
  • Kemudian, satu persatu, masukkan mahkota (kelopak) bunga. Cobalah mengurutkannya dari yang terkecil dulu baru terakhir yang paling besar. Walaupun kita membuat helaian mahkota dengan pola atau menggunakan plastik dengan ukuran yang sama, proses pengguntingan dan pelipatan (pemanasan) mengakibatkan lebar mahkota (kelopak) bunga dapat berbeda ukurannya.
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas 6
memasang kelopak pada tangkai bunga dan putik
  • Rapatkan hingga ke ujung benang sati seperti Gambar 8.
  • Tutup bagian bawah bunga (sisa ikatan putik) dan mahkota dengan floral tape atau kertas warna hijau. Tutupi juga seluruh tangkai kawat.
  • Buatlah beberapa kuntum bunga. Padukan dengan daun yang banyak dijual di toko kerajinan tangan, atau mungkin anda dapat membuatnya sendiri dari kantong plastik warna hijau atau kertas.
  • Rangkai dalam pot atau vas bunga.
  • Selesai.
cara membuat kreasi bunga dari kantok kresek bekas 8
bunga cantik ini dari kantong kresek bekas

Demikian cara memnbuat bunga cantik kreasi kantong plastik bekas, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kantong Plastik Bekas
Cara Membuat Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas
Cara Membuat Bunga Rumput dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bunga Zinnia dari Kantong Kresek
12 tutorial Membuat Bunga dari Barang Bekas
Cara Buat Bunga Pita dari Bekas Kemasan Plastik dan Kaleng Aluminium
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...