Prakarya Cara Mengukir Sabun Bentuk Ikan

Mengukir Sabun Batangan

Kali ini kita akan mencoba membuat benda 3 dimensi dengan cara mengukirnya (memahat). Bahan yang akan kita pakai sebagai bahan baku adalah sabun batangan. Lebih tepatnya, pada contoh ini saya menggunakan sebatang sabun mandi.

Sulitkah mengukir sabun batangan? Jawabannya relatif. Bagi sebagian orang kegiatan ini sangat mudah, sementara pada sebagian orang lainnya sangat sulit. Hal penting agar hasil ukiran sabun menjadi bagus adalah kemampuan berimajinasi si pembuat ukiran sabun. Ia harus mampu membayangkan bentuk akhir 3 dimensi yang sedang diukirnya pada setiap serutan yang dilakukannya pada sabun batangan. Jika kemampuan berimajinasi dan memperspektifkan bentuk yang ingin dibuatnya ke dalam bentuk batang sabun, maka bisa jadi orang itu akan kesulitan membuat ukirannya.


langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan
ukiran berbentuk ikan dari sabun mandi batangan
Akan tetapi penggunaan bahan baku ukiran berupa sabun mandi batangan ini paling tidak ada untungnya di samping ruginya. Lho? Iya, sabun batangan begitu lembut dan mudah diserut dengan pisau atau cutter. Sehingga proses mengukirnya tidak memerlukan tenaga yang besar seperti pemahat batu atau kayu. Tetapi kerugiannya adalah sabun mudah patah jika desain yang dibuat terlalu tipis atau kecil. Dan secara umum, kesalahan menyerut (memahat) bisa jadi membuat kegagalan total pada bentuk yang ingin dipahat karena sabun yang sudah diserut tidak bisa lagi disambung.

Baiklah, sesuai janji saya di atas, saya akan mencoba menjelaskan dan memberikan gambar-gambar per langkah bagaimana membuat sebuah ukiran dari bahan sabun batangan. Bentuk yang akan kita buat adalah bentuk ikan karena bentuk ini sangat akrab dengan kita. Masih ingat, kita mungkin sangat mudah menggambar ikan di atas selembar kertas, dan kita semua punya pengalaman yang banyak tentang bentuk ikan sehingga lebih mudah memperspektifkannya dalam sebatang sabun mandi.

Siap? Ayo kita mulai tutorialnya.

Langkah-Langkah Mengukir Sabun Menjadi Seekor Ikan

  • Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan berupa: cutter kecil (lebar 1 cm) yang cukup tajam dan tipis, sebuah pulpen (ballpoint) yang telah habis tintanya, dan sebuah spidol warna hitam.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 1
sabun adalah satu bahan yang dapat dipakai untuk latihan mengukir
  • Gambar bentuk ikan pada sabun batangan. Usahakan memanfaatkan semaksimal mungkin batangan sabun dari sudut ke sudut sehingga ikan yang dihasilkan tidak terlalu kecil dan kita tidak terlalu banyak harus menyerut sabun untuk dibuang.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 2
buat desainnya dulu dengan spidol
  • Selanjutnya serut sedikit demi sedikit (bukan dipotong) bagian tepi-tepi sabun yang berada di luar desain ikan kita. Jangan terlalu dekat dengan garis gambar ikan. Biar saja bentuk kasar ini jauh dari garis. Kita memerlukan bentuk dasar yang kokoh yang tidak mudah patah untuk membentuk ukiran secara perlahan-lahan tanpa tergesa-gesa.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 3
gambar desain ikan pada sabun
  • Selanjutnya tipiskan permukan kiri dan kanan sabun, serta bagian atas dan bawah tubuh ikan kita. Bukankah bentuk tubuh ikan demikian?Perhatikan, sebaiknya bagian yang tipis dan kecil seperti batas ekor dengan badan diukir terakhir agar sabun tidak mudah patah saat kita masih harus mengerjakan bentuk tubuh ikan yang lain.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 4
bentuk dasar yang kasar
  • Haluskan serutan untuk mendapatkan permukaan yang licin. Ingat, jangan tergesa-gesa. Serutan yang berukuran kecil jauh lebih bagus hasilnya dibanding serutan berukuran besar. Walaupun lambat pekerjaannya, kemungkinan anda salah serut dan merusak bentuk ikan nantinya akan lebih kecil kemungkinannya jika kita menyerut secara perlahan, tipis dan kecil-kecil.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 5
bentuk dasar tanpa ekor
  • Jika bentuk tubuh utama ikan sudah menjadi, sekarang kita boleh membuat lekukan batas ekor dan tubuh. Ingat, jangan terlalu kecil dan tipis karena sabun mudah patah. 
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 6
bentuk dasar ikan dari sabun
  • Sempurnakan bentuk ekor ikan dengan menyerutnya kecil-kecil dan perlahan. Lakukan pada kedua sisi. Jangan membuat ekor yang terlalu tipis.
  • Selanjutnya buat serutan untuk membuat batas kepala dengan badan, tambahkan pula sirip dada. Hati-hati saat mengaplikasikan cutter untuk membentuk bagian kepala dan sirip dada ini. Tidak perlu serutan yang dalam. Yang penting terlihat jelas ada batas antara kepala dan badan, serta sirip dada muncul di atas permukaan badan.
  • Untuk mendapatkan efek munculnya sirip dada di atas badan (perut) ikan kita harus menyerut sabun tipis-tipis dan perlahan pada seluruh tubuh, utamanya bagian di sekitar sirip tersebut untuk dibuang. 
  • Buat juga sirip punggung dan sirip perut. Ingat, biarkan sirip pada ketebalan yang cukup agar tidak mudah patah atau pecah. Kita tidak dapat membuat bentuk ikan yang benar-benar realistik dari sabun karena kekurangan sifat bahan yang mudah patah ini.
  • Nah, bentuk ikan sudah menjadi. Tinggal sedikit sentuhan kecil.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 7
menambahkan detail sirip dan kepala
  • Gunakan sebuah pulpen yang sudah habis tintanya. Kita akan menggunakan ujung pulpen ini untuk membuat garis-garis pada tubuh ikan.
  • Mula-mula buatlah bulatan mata pada tempat yang sesuai dengan ukuran yang juga harus sesuai. Untuk mengetahui di mana letak dan berapa ukurannya anda dapat mencoba menuliskannya dengan spidol sebelum menggoresnya dengan ujung pulpen.
  • Jika sudah didapatkan posisi yang pas makan serutkan ujung pulpen pada mata.
  • Berikutnya tambahkan garis-garis setengah lingkaran yang saling overlap (tumpang tindih) pada tubuh ikan secara perlahan-lahan. Garis-garis tidak usah terlalu dalam, yang penting cukup memberikan bekas dan terlihat.
  • Buat juga garis-garis pada sirip dada, sirip punggung, sirip perut, hingga sirip perut ikan.
  • Bersihkan remah-remah sabun dengan mengusapnya dengan kertas tisu atau tangan secara perlahan.
  • Selesai.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 8
sisik dan sirip digores dengan ujung pulpen
  • Nih dia hasilnya.
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 10
setelah dibersihkan sisa-sisa remah sabunnya
  • Cukup bagus bukan?
langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan 11
ikan yang diukir dari sabun mandi

Demikian cara membuat prakarya ukiran dari sabun mandi batangan. Kita dapat mengemas ukiran sabun ini untuk menjadi hadiah unik buat sahabat kita, atau diletakkan dalam sebuah wadah untuk penghias dan pengharum ruangan.Sampai di sini dulu ya, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Prakarya dari Janur kelapa: kepiting
Kerajinan Tangan Kulit Jagung dan Kardus
Cara Membuat Bunga Teratai dari Kertas Bekas
Cara Buat Bunga Pita dari Kaleng Aluminium
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kantong Kresek
Hiasan Dinding dari Kulit Bawang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...