PUPNS Sekolah Tidak Ditemukan pada Form Data Riwayat Pendidikan

Tolong, Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS

Saat ini, sebagai seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil), saya sedang disibukkan dengan urusan melakukan registrasi (pendaftaran ulang) pada situs PUPNS. Ternyata tidak gampang melakukannya karena situs milik BKN ini ramai-ramai diakses oleh para pegawai negeri sipil di seluruh pelosok tanah air.  Kita harus pandai-pandai mencari waktu yang tepat saat server tidak sedang ramai dikunjungi para pns yang ingin login mengupdate data mereka secara online.

Nah, pada suatu kesempatan, ketika saya akan mengisi Data Riwayat - Pendidikan, saya menemukan kendala pada saat ingin melengkapi data nama sekolah saya sewaktu masih SMP dulu. Lihatlah form berikut ini. Saya mendapati pada form nama sekolah ketika saya mengetikkan nama SMP sesuai dengan ijazah saya, sistem PUPNS mengatakan bahwa SMP saya tidak ditemukan dalam database mereka. Tolong... Apa yang harus saya lakukan?

Setelah sedikit baca-baca buku petunjuk dan bertanya dengan seorang kawan yang telah selesai melewati formulir Data Riwayat - Pendidikan ini saya mengetahui penyebabnya dan berhasil memecahkan masalah ini. Mau tau caranya? Hihi... siapa tau anda juga mengalami masalah yang sama dengan saya terkait Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil yang sedang digenjot oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) ini. Ayo disimak.

Cara Mengatasi Masalah Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS  1
aduh, tolong... data sekolah untuk data riwayat pendidikan saya tidak ditemukan

Penyebab Data Sekolah Tidak Ditemukan pada PUPNS

Menurut saya (dan juga teman) yang telah membantu saya, ada 2 kemungkinan penyebab mengapa data riwayat untuk pendidikan, yaitu nama sekolah tempat kita bersekolah dulu tidak dapat ditemukan oleh sistem PUPNS.


Pertama, data itu memang belum dimasukkan ke dalam sistem oleh pengelola situs PUPNS ini. Mungkinkah hal ini terjadi? Tentu saja mungkin. Sistem yang terdapat dalam PUPNS dibuat oleh manusia, jadi bukan tidak mungkin suatu kesalahan terjadi. Tapi tenag saja, ada solusinya kok.

Kedua, penyebab data sekolah tidak ditemukan untuk data riwayat pendidikan karena kita salah mengetikkan nama sekolah kita. Misalnya saja begini. Kita pada form mengetikkan SMP Negeri Alabio, padahal pada sistem, nama sekolah itu didata dengan format SMPN Alabio. Nah, ketidaksamaan format dapat mengakibatkan kita tidak menemukan nama sekolah yang kita cari.

Ketiga, inilah yang terjadi pada saya. Data pada sistem PUPNS menggunakan nama sekolah terbaru. Kita tahu nama-nama sekolah sekarang banyak mengalami perubahan. Lihatlah ijazah kita, dan bandingkan dengan nama sekolah kita dulu itu dengan namanya sekarang. Pergantian nama dapat mengakibatkan data nama sekolah untuk data riwayat pendidikan tidak dapat ditemukan oleh sistem. Sistem hanya memuat nama-nama sekolah saat ini. Bayangkan, kalau dulu yang sekolah di kejuruan misalnya memakai nama SMEA, sekarang namanya telah diubah menjadi SMK.

Cara Mengatasi Masalah Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS 

Baiklah, sekarang saya akan menjelaskan pengalaman saya untuk mengatasi masalah ini.
  • Cobalah untuk mengecek nama sekolah anda sekarang. Pergilah ke sekolah tersebut untuk mengetahui perubahan nama yang terjadi. Dalam kurun waktu puluhan atau belasan tahun, bisa saja sekolah telah berubah nama, bahkan bukan tidak mungkin sampai beberapa kali perubahan nama. Nah, pakailah nama terbaru sekolah tersebut. Jangan terpaku pada nama sekolah yang tercantum pada ijazah. Inilah yang saya alami. Saya mengetikkan nama sekolah berdasarkan ijazah, jadi tak ditemukan deh. Pas saya coba ganti dengan nama sekolah saat ini. Eh... berhasil.
  • Oh iya, untuk anda yang telah mencoba cara di atas, atau telah mencoba mengganti kata SMP Negeri dengan SMPN (misalnya) tapi tetap sekolah tempat anda menempuh pendidikan dulu tidak ditemukan juga, maka mungkin anda harus minta bantuan helpdesk (admin PUPNS dari BKN di Jakarta sono). Caranya, klik TOMBOL TANDA TANYA WARNA MERAH PADA UJUNG KANAN KOLOM FORM, otomatis akan terbuka sebuah jendela pop up seperti gambar di bawah ini. Nah, selanjutnya isikan kolom INSTANSI, dan NAMA SEKOLAH. Lalu klik TOMBOL KIRIM yang berwarna biru pada bagian bawah jendela pop up. Selanjutnya anda tinggal menunggu tanggapan helpdesk atau anda coba lagi mengisikan form nama sekolah anda, siapa tahu sudah dimasukkan ke dalam sistem data base mereka (PUPNS).
Cara Mengatasi Masalah Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS
form bantuan data riwayat sekolah tidak ditemukan
Demikian Cara Mengatasi Masalah Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS, semoga bermanfaat. Selamat mengisi data online anda. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Mengedit atau Meng Up date Data Riwayat Pendidikan pada Sistem PUPNS Online BKN
Cara Mengetahui Kembali Kode Registrasi yang Kelupaan Saat Ingin Login di PUPNS BKN
PUPNS 2015: Lupa Kata Kunci (Password) untuk Login dan Cara Mengatasinya
PUPNS 2015, Cara Mengisi, Mengedit, atau Menambahkan DATA UTAMA Kepegawaian Anda
Cara Registrasi e-PUPNS 2015 secara Online di situs BKN Cara Menambahkan Data Guru - Riwayat Mengajar di PUPNS 2015 Data Terlanjur Terkirim Padahal Ada yang Masih Salah dan Ingin di Edit

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...