Prinsip-Prinsip Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Dalam implementasi Kurikulum 2013 pembelajaran berbasis inkuiri sangat dianjurkan untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Untuk dapat melaksanakan pembelajaran berbasis inkuiri dengan baik guru harus memperhatikan prinsip-prinsip pelaksanaan pembelajaran ini. Adapun prinsip-prinsip yang dimaksud adalah sebagai berikut:


paling tidak ada 5 prinsip pembelajaran berbasis inkuiri yang harus dipahami oleh guru sebelum dapat melaksanakan proses pembelajaran yang disarankan dalam implementasi kurikulum 2013 itu
prinsip-prinsip pembelajaran berbasis inkuiri

1. Orientasi Perkembangan Intelektual Siswa

Pembelajaran berbasis inkuiri dirancang oleh para ahli pendidikan dengan tujuan agar dapat meningkatkan perkembangan intelektual anak (siswa). Oleh karena, selama pembelajaran dilangsungkan dengan model pembelajaran berbasis inkuiri ini, proses pembelajaran yang dilakukan oleh anak sangat penting, tidak melulu hanya memperhatikan hasil belajarnya saja.


2. Prinsip Interaksi dan Kolaborasi

Melalui pembelajaran berbasis inkuiri, siswa didorong untuk selalu berinteraksi dengan semua siswa lainnya melalui diskusi-diskusi. Guru menjadi fasilitator dalam pembelajaran. Guru harus mampu membuat siswa termotivasi untuk berkolaborasi dengan teman-teman di dalam kelompoknya, juga dengan teman-teman lain di kelasnya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dikehendaki.

3. Bertanya, Bertanya dan Bertanya

Di dalam proses pembelajaran berbasis inkuiri, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh guru sebagai fasilitator belajar sangat penting. Pertanyaan-pertanyaan diarahkan sehingga siswa terpacu untuk berpikir dan mengembangkan kemampuan kognitifnya. Sedemikian penting pertanyaan yang dilontarkan oleh guru, jauh lebih penting lagi pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa menunjukkan seberapa dalam mereka berpikir. Makin baik kualitas pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan siswa, maka makin bagus pembelajaran berbasis inkuiri yang dilaksanakan oleh guru. Pertanyaan-pertanyaan ini kemudian harus dicari sendiri oleh siswa pemecahan dan jawabannya. Karena, pembelajaran berbasis inkuri adalah pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan sendiri pengetahuannya berdasarkan rasa ingin tahunya.

4. Belajar dalam Pembelajaran Berbasis Inkuri adalah Belajar Berpikir

Prinsip penting pembelajaran berbasis inkuiri adalah belajar berpikir. Ketika siswa diberi rangsangan atau stimulasi di awal pembelajaran, maka akan muncul rasa ingin tahu pada diri mereka. Ini menunjukkan bahwa mereka berpikir. Ketika mereka melontarkan pertanyaan-pertanyaan, itu menunjukkan bahwa mereka memiliki rasa ingin tahu, dan juga berpikir. Selanjutnya guru tinggal mengarahkan mereka untuk memuaskan rasa ingin tahu dan melanjutkan proses berpikir tersebut sehingga mereka secara mandiri dan atas dasar keinginan sendiri menemukan pengetahuan dan fakta-fakta yang relevan.

5. Keterbukaan dan Kesempatan Seluas-luasnya untuk Siswa Belajar

Pembelajaran berbasis inkuiri menekankan bahwa peran guru adalah fasilitator di kelasnya. Guru bukan satu-satunya sumber informasi dan juga bukan sumber informasi utama. Informasi dan pengetahuan akan diperoleh siswa dari kesempatan yang diberikan oleh guru untuk mengeksplorasi hal yang ingin diketahui lebih dalam oleh siswa. Adanya keterbukaan bagaimana cara siswa menemukan dan di mana ia menemukan informasi yang dibutuhkan adalah juga merupakan prinsip penting dalam pembelajaran berbasis inkuiri ini. Setiap kelompok-kelompok siswa mungkin akan menggunakan cara-cara dan metode-metode, serta sumber informasi yang berbeda selama proses pembelajarannya.

Demikian beberapa prinsip pembelajaran berbasis inkuiri yang harus dipahami oleh guru sebelum dapat mengimplementasikan pembelajaran ini di kelasnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Mengapa Pembelajaran Inkuiri itu Bagus untuk Membuat Siswa Belajar?
Beberapa Fakta tentang Pembelajaran Berbasis Inkuiri yang akan Guru Temukan Saat Melaksanakannya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...