Latihan dan Try Out UN 2016 di Situs Kemdikbud

Bapak dan Ibu Guru pengampu mata pelajaran UN (Ujian Nasional) 2016, sudah tahu belum kalau kemdikbud di situsnya menyediakan soal-soal latihan dan try out (uji coba) UN (Ujian Nasional) secara online? Nah, kalau belum tahu, baca dulu ya.

http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id
tampilan aplikasi latihan dan try out UN milik Kemdikbud

Nama situsnya adalah Aplikasi Try Out UN, disingkat ATUN. Pengembangnya adalah Balai Pengembangan Multimedia-Pustekkom, Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Aplikasi online yang sangat cocok diakses dengan handphone (mobile gadget) ini dibuat dengan tujuan untuk melatihkan soal-soal UN kepada para siswa kelas IX (SMP/MTs), atau XII (SMA/MA/SMK). Balai Pengembangan Multimedia - Pustekkom Kemdikbud berharap dengan dibuatnya situs yang memuat soal-soal latihan dan try out Ujian Nasional ini akan dapat membantu para siswa belajar secara mandiri dengan latihan-latihan, ujungnya, nanti akan membuat siswa-siswi yang akan menempuh Ujian Nasional (UN) tahun 2015/2016 akan lebih percaya diri dan siap. Pada akhirnya, pemerintah berharap hasil UN yang dicapai juga akan semakin membaik.

Bagi bapak dan ibu guru, tentunya sangat penting untuk memberitahukan adanya aplikasi latihan dan try out UN secara online dari Kemdikbud ini. Lakukanlah sosialisasi di sekolah Bapak dan Ibu guru, sehingga siswa bisa melakukan latihan untuk membuat mereka lebih siap dan percaya diri. Selain itu, belajar mata pelajaran yang di UN kan juga mungkin akan lebih menyenangkan dengan variasi ini.

Ikuti juga latihan soal UN lainnya di:
Soal Latihan UN 2016 IPA SMP/MTs model 1
Soal Latihan UN 2016 IPA SMP/MTs model 2
Soal Latihan UN 2016 Matematika SMP/MTs model 1
Soal Latihan UN 2016 Bahasa Inggris SMP/MTs model1
Soal Latihan UN 2016 Bahasa Indonesia SMP/MTs model 1
Soal Latihan UN 2016 Bahasa Indonesia SMP/MTs model 2 
Lalu bagaimana menggunakannya? Caranya gampang sekali, cukup bermodal sebuah alamat email dan koneksi internet tentu saja, karena semuanya akan diakses dan dikerjakan secara online. Tetapi berkat kemajuan jaman, para siswa mungkin sekarang sudah banyak yang mempunyai fasilitas ini di smartphone yang mereka miliki. Jadi belajar secara mandiri dan online bukan hambatan lagi bagi mereka.

Secara detail, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/ di browser yang ada di smartphone, atau laptop yang telah dikoneksikan dengan jaringan internet.
  2. Lakukan registrasi dengan mengklik tulisan belum registrasi? pada bagian bawah halaman muka Aplikasi Try Out UN (ATUN) ini.
  3. Maka akan terbuka sebuah formulir pendaftaran (LOGIN DATA), berupa: alamat email, password yang anda inginkan bila mau login, provinsi anda tinggal, kabupaten/kota anda tinggal, nama sekolah, dan alamat sekolah.
  4. Selanjutnya isikan biodata lengkap anda, meliputi nama lengkap, jenis kelamin, telepon/HP, dan jenjang sekolah (SD/SMP/SMA).
  5. Kemudian klik tombol SIMPAN di bagian bawah halaman.
  6. Untuk masuk (login) ke halaman yang berisi soal-soal latihan dan try out UN (Ujian Nasional), pergilah ke alamat http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/?mnu1=login atau kembali ke HOME di http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/ untuk tinggal mengisi alamat email dan password (kata sandi) yang tadi dibuat saat registrasi.
  7. Kalau LOGIN berhasil, anda akan dibawa masuk ke halaman soal-soal. Soal dibagi berdasarkan jenjang pendidikan, mata pelajaran dan jurusan.
Nah, jangan rugi karena belum pernah mengakses halaman aplikasi online untuk latihan dan try out UN dari kemdikbud ini. Memang ada berapa banyak sih soal-soal yang disediakan di ATUN Kemdikbud? Cek saja sendiri.

Semoga bermanfaat. wassalam.

Baca Juga:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...