Tips Sukses UKG 2015 Bagian 2

Tips Sukses UKG 2015 (Bagian Kedua)

Siapa yang tak ingin sukses? Tentu semua orang ingin. Demikian pula untuk guru-guru yang saat ini sudah memulai melaksanakan Uji Kompetensi Guru 2015 sebagaimana yang dijadwalkan dimulai pada hari ini (9 November 2015) sampai nanti berakhir seluruhnya pada tanggal 27 November 2015. Agar sukses dalam menempuh UKG 2015, kami telah memberikan beberapa tps yang dapat dipertimbangkan oleh bapak dan ibu guru pada tulisan sebelunya Baca tips suskes dalam mengikuti UKG 2015.

Setelah membaca beberapa berita di berbagai media online pada hari ini, ternyata keluhan-keluhan yang sebagian sama dengan pelaksanaan UKG sebelumnya juga kembali mencuat. Keluhan-keluhan itu di antaranya: tidak cukup waktu, banyak istilah-istilah asing, pilihan jawaban yang panjang-panjang dan mirip.

beberapa tips yang patut dipertimbangkan sebelum dan saat mengikuti UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015).

Untuk menyikapi hal tersebut, bagi bapak dan ibu guru yang belum terjadwalkan UKG 2015 pada hari ini, masih punya kesempatan untuk menentukan bagaimana nantinya melaksanakan ujian tersebut dengan baik terkait keluhan-keluhan yang telah dilontarkan oleh sebagian guru pada hari pertama UKG 2015 ini. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

Jangan sekali-kali berharap meminta bantuan jawaban dari rekan guru di dekat anda

Tidak usah dipungkiri, bahwa pada kenyataannya di lapangan (tempat uji kompetensi), beberapa guru bersikap kurang baik. Mereka seakan tidak punya inisiatif untuk menjawab sendiri soal-soal yang ada di hadapannya karena berharap soal yang sama akan muncul pada layar monitor rekan yang ada di sebelahnya (duduk di dekatnya). Hal ini sebenarnya sangat merugikan guru tersebut sendiri karena ia telah menghabiskan waktu dengan menunggu padahal julah soal yang diberikan kepadanya dapat berjumlah 60 sampai 100 buah soal untuk dijawab dalam waktu 120 menit. Waktu yang singkat dengan jumlah yang demikian banyak. Berharap bahwa soal yang sama muncul pada layar monitor rekan di sebelah juga tidak pada tempatnya, selain mengurangi citra guru, juga besar kemungkinan soal yang sama tidak akan pernah muncul pada rekan di sebelah. Jadi menunggu itu benar-benar tidak bermanfaat dan mengganggu guru lain yang sedang mengerjakan soal ujiannya sendiri.


Perhatikan kata kunci penting pada soal untuk menemukan jawaban pada alternatif-alternatif jawaban yang panjang dan mirip

Karena soal dilengkapi dengan alternatif-alternatif jawaban yang panjang dan mirip, sekilas tampak akan sangat membingungkan karena tampak mirip. Tetapi jika bapak dan ibu guru jeli, maka temukan kata-kata kunci yang membedakan alternatif-alternatif jawaban tersebut dan hubungkan dengan kata kunci yang terdapat pada rumusan soal. Kadangkala justru jika bapak dan ibu guru tidak stres duluan, soal-soal model begini jauh lebih mudah dijawab. Seringkali tampak petunjuk jawaban soal, walaupun agak tersamarka oleh panjangnya soal dan pilihan jawaban.

Banyak kata-kata asing? Jangan alergi dengan Bahasa Inggris
Jika bapak dan ibu guru belum mengikuti UKG 2015 karena belum sampai pada jadwal pelaksanaan untuk bapak dan ibu guru, maka kembalilah buka referensi materi UKG 2015 sesuai dengan kisi-kisi yang telah diberikan bagi setiap kelompok mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Jangan alergi dengan istilah-istilah yang terdapat dalam buku-buku atau bahan-bahan bacaan tersebut, karena memang sebagai guru yang profesional, bapak dan ibu guru juga harus mengetahui makna dari istilah itu atau padanan kata suatu konsep dalam kompetensi pedagogik atau kompetensi profesional dalam bahana asingnya.

Baca:
UKG 2015 dan Hubungannya dengan Pelatihan Guru
Solusi Tidak Terdaftar UKG 2015 Padahal Memiliki NUPTK
Berapa Standar Nilai UKG 2015? 

Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Ketika pada saat bapak dan ibu guru mengikuti UKG 2015 di depan layar monitor komputer, perhatikan bahwa ada tombol untuk melompati pertanyaan yang sulit, agar bapak ibu dapat meneruskan untuk menjawab soal-soal lainnya. Jangan sampai bapak dan ibu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk sebuah nomor soal yang bahkan mungkin sampai akhir ujian tidak diketahui apa jawabannya. Lebih baik manfaatkan waktu untuk menjawab soal-soal lainnya yang lebih bapak ibu kuasai (lebih mudah). Jika semua soal yang mudah telah dikerjakan maka barulah pada sisa waktu yang dimiliki digunakan untuk menjawab soal-soal yang lebih sulit. Waktu sangat berharga dalam UKG 2015. Jangan habiskan untuk hal-hal yang tidak perlu dan tidak bermanfaat seperti bertanya atau menjawab pertanyaan rekan anda yang duduk di sebelah. Jika tidak paham secara teknis, tanyakan pada panitia di tempat uji kompetensi (TUK) bapak dan ibu guru.

Demikian tips bagian 2 agar sukses mengikuti UKG 2015 ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Latihan Soal UKG 2015 Online untuk Guru Kelas SD versi 1
Latihan Soal UKG 2015 Online untuk Guru Kelas SD versi 2
Latihan Soal UKG 2015 Online untuk Guru Kelas SD versi 3
Latihan Soal UKG 2015 Online untuk Guru Kelas SD versi 4
Latihan Soal UKG 2015 Online untuk Guru Kelas SD versi 5
Latihan Soal UKG 2015 Online untuk semua guru pada Kompetensi Pedagogik - Penelitian Pendidikan Versi 1
Latihan Soal UKG 2015 Online untuk semua guru pada Kompetensi Pedagogik - Penelitian Pendidikan Versi 2
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...