Usulan Formasi CPNS dari Daerah Paling Lambat 30 November 2015

Kembali mengangkat tema tentang perkembangan seleksi CPNS yang akan digelar pada tahun 2016 mendatang, kali ini kami ingin berbagi info, berdasarkan beberapa berita yang tersebar di internet bahwa ada edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang meminta pihak daerah (BKD) untuk segera mengusulkan formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang dibutuhkan paling lambat pada tanggal 30 November 2015 mendatang. Hal ini mengindikasikan bahwa berita tentang adanya seleksi CPNS di tahun 2016 dipastikan benar adanya.

saat ini daerah mulai menggodok usulan formasi CPNS untuk seleksi tahun 2016 mendatang. daftar formasi harus diterima oleh kemenPAN-RB paling lambat 30 November 2015.
Seleksi CPNS 2016

Perlu diketahui bahwa moratorium (penghentian untuk sementara) penerimaan CPNS yang disebut-sebut akan berlangsung sampai tahun 2019 mendatang ternyata tidaklah sepenuhnya benar, karena pemerintah tetap membutuhkan CPNS baru pada tahun 2016 nanti. Memang posisi-posisi yang disediakan jauh lebih sedikit dibanding pada tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya saja, hampir dapat dipastikan bahwa pada tahun 2016 nanti tidak akan ada penerimaan CPNS untuk tenaga administrasi. Seleksi CPNS difokuskan untuk merekrut tenaga-tenaga di bidang pendidikan, kesehatan, dan penegak hukum. Lowongan CPNS 2016 juga akan diisi oleh tamatan sekolah-sekolah kedinasan yang formasinya memang telah disediakan.



Satu lagi berita yang banyak beredar adalah mengenai lulusan SMA atau sederajat yang nantinya akan dapat mengikuti seleksi CPNS 2016. Adapun formasi yang disediakan bagi lulusan SMA atau sederajat ini adalah untuk sipir penjara dan polisi pamong praja (satpol PP). Penerimaan lulusan SMA atau sederajat masih dimungkinkan karena pada beberapa daerah masing kekurangan sumber daya manusia lulusan diploma 3 yang sebenarnya dianggap lebih ideal untuk mengisi formasi sipir penjara dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tersebut.

Hingga saat ini di beberapa daerah kabupaten/kota masih digelar rapat-rapat untuk menentukan kebutuhan riil pegawai baru yang akan diseleksi melalui tes CPNS 2016. Diperkirakan oleh banyak pihak, bahwa seleksi CPNS 2016 akan digelar sekitar bulan Mei atau Juni 2016.

Baca Juga:
Nasib Honorer K2 Pada Seleksi CPNS 2016
Formasi untuk Pelamar Umur pada Seleksi CPNS 2016
Kapan Proses Seleksi CPNS 2016 Dimulai?
Seleksi CPNS 2016: Informasi Terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...