3 Tahap UN (Ujian Nasional) tahun 2016

Tahap Pelaksanaan UN 2016


Update:  Download Kisi-Kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 Lengkap Semua jenjang: SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB, Paket B dan Paket C

Saat ini persiapan di segala lini menyambut datangnya UN (Ujian Nasional) 2016 sudah mulai digalakkan. Beragam pelatihan untuk guru mata pelajaran yang di-UN-kan mulai digelar, baik dalam skala dan level nasional, hingga level dan skala kecil seperti kabupaten/kota dan kecamatan. Banyak pula organisasi guru seperti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) memfokuskan bahasan pertemuan-pertemuan mereka mengenai persiapan ujian nasional tahun 2016.

Sebagian dari sekolah dan guru-guru yang menjadi garda terdepan untuk membantu kesuksesan peserta ujian nasional (UN), dalam hal ini siswa mereka ,sudah tahu bahwa UN 2016 akan dilaksanakan dalam 3 tahap. Tetapi sebagian lagi belum tahu.

Sebenarnya perencanaan Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) mengenai pelaksanaan UN tahun 2016 yang terdiri dari 3 tahap itu telah beredar luas informasinya sejak bulan Juli 2015 lalu. Berita mengenai pelaksanaan 3 tahap Ujian Nasional tahun 2016 ini semakin gencar di penghujung tahun 2015 ini.

3 tahap ujian nasional (UN) tahun 2016 mendatang yaitu UN 1 (perbaikan UN 2015), UN 2 (UN Utama), dan UN 3 (perbaikan UN Utama tahun 2016) beserta teknik yang digunakan dalam pelaksanaannya yang meliputi ujian berbasis kertas dan ujian berbasis komputer (UNBK).
persiapan UN 2016

Ketiga tahap UN yang akan digelar pada tahun 2016 mendatang adalah:
  • UN 1 (adalah ujian nasional yang diperuntukkan sebagai bentuk UN Perbaikan bagi peserta didik yang pada UN tahun 2015 lalu belum beroleh SKL (Surat Keterangan Lulus) pada satu atau lebih mata pelajaran Ujian Nasional yang telah diikutinya dan berkeinginan memperbaikinya.
  • UN 2 (adalah ujian Nasional atau UN Utama, di mana pada pelaksanaannya akan menggunakan kisi-kisi tahun 2016 yang merupakan irisan dari kisi-kisi UN Krikulum 2006 dan kisi-kisi UN Kurikulum 2013).
  • UN 3 (adalah Ujian Nasional atau UN Perbaikan bagi peserta didik yang belum berhasil lulus sehingga belum memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran yang diujikan kepadanya pada tahun 2016).

Teknik Pelaksanaan UN 2016

Pelaksanaan Ujian Nasional 2016 untuk ketiga tahapan tersebut menggunakan teknik yang berbeda, di mana pada UN 1 (UN Perbaikan tahun 2015) merupakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang lokasinya ujiannya adalah pada SMA/SMK yang memiliki fasilitas laboratorium komputer yang memadai untuk menyelenggarakan UN Perbaikan tahun 2015, yang berada di kabupaten/kota tempat domisili siswa yang ingin mengikuti ujian untuk memperoleh Surat Keterangan Lulus (SKL). Jika peserta didik yang belum lulus satu atau lebih mata pelajaran UN pada tahun 2015 lalu dan ingin memperbaikinya dengan mengikuti UN 1 (UN Perbaikan) ini maka dapat mendaftarkan diri ke Dinas Provinsi masing-masing secara Online.

UN 2 (merupakan UN UTama tahun 2016), adalah Ujian Nasional berbasis kertas dan berbasis komputer. Jadi akan ada 2 teknik yang digunakan, yaitu dengan kertas di mana seperti kebanyakan UN 2015 dan sebelumnya, peserta didik menjawab soal-soal UN melalui LJK (Lembar Jawaban Komputer) dengan menggunakan pensil 2B untuk kemudian dilakukan proses scanning untuk memperoleh skor dan dianalisis. Teknik lainnya yang digunakan adalah dengan menggunakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di mana siswa akan mengikuti ujian secara online pada tempat-tempat dan jadwal masing-masing yang telah ditentukan. Jumlah peserta dan sekolah yang melaksanakan UNBK untuk UN Utama pada tahun 2016 mendatang meningkat 3 kali lipat dari jumlah pada tahun sebelumnya (2015).

Pada UN 3 (yang merupakan perbaikan dari UN Utama tahun 2016), juga hanya disediakan dengan teknik UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Tempat pendaftarannya juga sama seperti UN 1, yaitu pada Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing secara online, untuk peserta didik yang belum lulus pada satu atau lebih mata pelajaran di UN Utama dan ingin memperbaikinya.

Baca Juga:
Materi UN tahun 2016
Download Ratusan Karya Inovasi dan Karya Tulis Ilmiah di Situs Simposium Guru 2015
Cara Cek SKTP tahun 2015 untuk Guru Sertifikasi (Pencarian Tunjangan Profesi)
Kriteria Modifikasi dan Inovasi Alat Peraga Praktikum/Pembelajaran yang Baik
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...