Materi Ujian Nasional Tahun 2016


Update:  Download Kisi-Kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 Lengkap Semua jenjang: SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB, Paket B dan Paket C

Ketika kita membicarakan UN (Ujian Nasional) tahun 2016 yang sudah diambang pintu, maka kita tentu akan ingat bahwa saat ini kita tengah melakukan beragam kegiatan untuk meningkatkan prestasi peserta didik kita pada ujian nasional tersebut. Berbagai upaya tersebut misalnya melakukan pembahasan materi-materi apa yang sulit untuk dikuasai siswa sehingga mereka besar kemungkinannya juga akan menjawab salah pada saat ujian nasional berlangsung. Bukankah demikian bapak dan ibu guru?

Selain itu, kita mungkin juga sedang mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, hingga MGMP (MUsyawarah Guru Mata Pelajaran) dan KKG (Kelompok Kerja Guru) di tingkat kecamatan atau kabupaten/kota terkait dengan UN 2016. Persiapan-persiapan memang harus dilakukan di semua lini.

bagaimana materi UN (Ujian Nasional) tahun 2016 mendatang. Hal-hal apa sajakah yang sepatutnya menjadi perhatian para guru kita agar pelaksanaan UN sukses dan para peserta didik mendapatkan hasil yang memuaskan
materi UN 2016
Untuk materi Ujian Nasional (UN 2016) sendiri, yang telah bapak dan ibu guru ketahui bahwa akan terdiri dari 3 tahapan, yaitu UN 1 (Perbaikan UN 2015), UN 2 (UN UTama 2016), dan UN 3 (UN Perbaikan 2016) sedikit berbeda dengan UN tahun 2015 sebelumnya. Hal ini tentu saja karena UN 2015 hanya dilaksanakan 1 kali dan tidak bertahap seperti tahun 2016 mendatang.

Adapun materi Ujian Nasional tahun 2016 adalah sebagai berikut:

  • UN Perbaikan 2015, materi yang di-UN-kan adalah sama persis materi UN tahun 2015. Tujuan dari penyelenggaraan UN 1 atau UN Perbaikan 2015 ini adala untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik yang telah mengikuti UN 2015 tetapi belum lulus pada satu atau beberapa mata pelajaran dan berkeinginan untuk tetap memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) Ujian Nasional tahun 2015.
  • UN Utama tahun 2016 (UN 2), untuk materi yang akan di-ujian nasional-kan adalah materi irisan Kurikulum 2006 dengan materi dari Kurikulum 2013 yang telah siswa ikuti dari tahun 2014/2015 lalu hingga sekarang. Kisi-kisi UN (UJian Nasional Utama tahun 2016) ini seperti kisi-kisi UN sebelumnya juga dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yang bersifat tidak rinci. Untuk itu sangat penting bagi bapak dan ibu guru untuk mengkaji kisi-kisi UN nantinya akan diterbitkan oleh BSNP untuk UN 2016 mendatang sehingga para siswa memperoleh kesusksesan dalam mengikutinya.
  • UN Perbaikan 2016, untuk materi yang diUNkan pada Ujian Nasional Perbaikan (UN 3) ini tentunya akan sama persis dengan materi UN Utama tahun 2016. UN Perbaikan 2016 fungsinya adalah untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik yang belum memperoleh SKL (Surat Keterangan Lulus) pada satu atau beberapa mata pelajaran saat mengikuti UN Utama 2016 (UN 2) sebelumnya.
Khusus untuk UN Perbaikan baik untuk perbaikan UN tahun 2015 maupun UN tahun 2016 keseluruhannya menggunakan teknik berbasis komputer yang dilakukan secara online (UNBK).

Baca Juga:
3 Tahap Pelaksanaan UN 2016
Cara Mendowload Ratusan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Inovatif Guru di Situs Simposium Guru 2015
Download Surat Edaran dari Mendikbud tentang Darurat Kabut Asap
Cara Cek Data Alumni Perguruan Tinggi Di Forlap Dikti



No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...