Kapan Seleksi CPNS 2016 Dimulai Prosesnya?

Mungkin anda telah sebelumnya membaca berita mengenai akan adanya penerimaan (rekruitmen) dan seleksi CPNS baru di tahun 2016 nanti dari berbagai media. Seperti telah ditulis sebelumnya pada blog ini tentang akan ada 230 Ribu Formasi untuk CPNS tahun 2016 nanti, maka sudah sepantasnya jika anda berminat untuk meniti karier sebagai seorang aparatus sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), untuk memantau perkembangan berita ini gembira ini.

Moratorium CPNS yang direncanakan akan berlaku hingga 2019 ternyata tidak sepenuhnya diberlakukan. Hal ini terbukti dengan telah disetujuinya oleh DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) mengenai usulan Menpan-RB tentang rekruitmen CPNS tahun 2016 sebanyak 230 ribu formasi seperti telah disebutkan di atas.

bersiaplah untuk menjadi CPNS di tahun 2016 mendatang karena saat ini usulan rekruitmen CPNS pada tahun 2016 telah disetujui sepenuhnya oleh DPR atau dewan perwakilan rakyat

Lalu, kapan proses seleksi CPNS 2016 akan dimulai? Proses seleksi CPNS tentu saja dimulai dengan pengusulan kouta untuk setiap pemerintah daerah dan instansi pemerintah yang benar-benar membutuhkan tambahan pegawai negeri sipil di unit-unit kerja atau instansi yang mereka miliki. Proses pengusulan kouta ini telah dimulai yaitu setelah proses seleksi CPNS tahun sebelumnya (2015) benar-benar telah dituntaskan.

Selanjutnya, diperkirakan, proses pengusulan kouta rekruitmen CPNS dari pemerintah daerah dan instansi pemerintah ini akan diselesaikan sepenuhnya pada bulan April 2016. Jadi tinggal beberapa bulan lagi akan ada pengumuman resmi tentang bagaimana pendaftaran dan seleksi CPNS 2016 dilakukan.

Proses usulan kouta seleksi CPNS tahun 2016 ini akan dilanjutkan dengan pengumuman kouta formasi untuk setiap unit kerja yang dimiliki oleh pemerintah daerah dan instansi pemerintah lainnya. Kemudian pelaksanaan tes seleksi secara online yang telah dilakukan seperti pada seleksi CPNS tahun sebelumnya, yaitu melalui tes online yang disebut CAT.

Penggunaan tes CAT secara online untuk rekruitmen CPNS baru di tahun 2016 nanti tentunya didasarkan pada pelaksanaan tes CAT tahun 2015 yang sukses sehingga mengurangi kemungkinan kecurangan dalam penerimaan CPNS baru.

Baca Juga:
Informasi Seleksi CPNS tahun 2016 akan Dibuka 230 Ribu Formasi
Informasi CPNS 2016 Akan Dibuka 120 Ribu Formasi untuk Pelamar Umum
Nasib Tenaga Honorer K2 pada Seleksi CPNS tahun 2016
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...