Ternyata Menjadi Blogger itu Gampang

menjadi blogger itu gampang
ada niat belajar ngeblog?
Menjadi Blogger itu Gampang

Saya sudah lama mengenal blog. Sudah lebih dari 5 tahun yang lalu. Saat berselancar di internet, saya menemukan blog-blog yang berisi informasi yang saya butuhkan atau sekedar sebagai bahan bacaan ringan. Blog itu sangat membantu saya. Kemanfaatannya sangat besar bagi orang lain yang membutuhkan informasi yang disediakannya.

Dulu, saya pikir, hebat sekali para pemilik blog itu. Bagaimana mereka bisa membuat halaman-halaman web itu tentu memerlukan skill (keterampilan) yang mempuni. Apalagi halaman-halaman blog itu ditampilkan dengan beragam variasi widget, warna, ukuran, konten, dan sebagainya. Harap maklum, itu sebelum saya tahu bahwa para blogger itu melakukan aktivitas bloggingnya ternyata dibantu oleh platform blogging.


Saat ini ada banyak sekali platform blogging. Yang paling terkenal menurut saya ya.. blogger.com dan wordpress.com. Secara umum platform ini dapat digunakan secara gratis dan mudah sekali aplikasinya. Kecuali kita ingin memiliki domain sendiri dengan menyewa hosting berbayar. Penggunaan beragam platform blogging dapat dilakukan oleh siapa saja. Tutorialnya pun banyak beredar luas di dunia maya. Jadi, jika anda tertarik untuk memulai aktivitas sebagai blogger, segeralah mulai dari sekarang. Jangan ragu, karena bersama berjalannya waktu, anda akan semakin terampil dan mahir.

Baca juga: Mengenal dashboard Blogger

Di atas sudah saya sebutkan bahwa menjalani aktivitas blogging itu dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang walaupun tidak terlalu penting, tetapi nantinya akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan blog yang dikelola. Menjadi admin blog yang baik itu setidaknya membutuhkan beberapa hal berikut:

Waktu Khusus untuk Ngeblog

Blogging itu membutuhkan waktu. Waktu itu tidak perlu rutin, yang penting kita bisa meluangkan sebagian waktu santai kita untuk beraktivitas di dunia blog. Kalau sudah asyik, anda akan menghabiskan berjam-jam hanya untuk menyiapkan sebuah konten untuk pembaca anda, atau bisa jadi anda keasyikan mengutak-atik template blog, dan mencoba mengaplikasikan tutorial blogging dan tips blogging terbaru yang anda dapatkan. Eh... blogwalking (saling berkunjung ke blog-blog lain) itu juga mengasyikkan. Tak jarang kita ketemu teman-teman baru, memperluas jaringan, menambah wawasan, ketemu ilmu-ilmu baru, dan trik-trik jitu, atau tulisan-tulisan yang lucu menghibur. Saya sendiri, dalam seminggu mungkin menghabiskan waktu 10 sampai 12 jam untuk ngeblog. Anda?

Banyak Ide Kreatif untuk Bahan Konten

Menjaga kesinambungan blog sehingga senantiasa ter-up-date adalah hal yang kadang-kadang menjadi block bagi seorang blogger baru. Saya saja seringkali merasakan ini. Tapi, makin hari, ide-ide baru makin mudah mengalir. Andai saya punya banyak waktu luang, saya mungkin dapat membuat konten setiap hari, dan mungkin lebih dari 2 atau 3 konten. Tetapi memang waktu bagi saya sangat membatasi. Ide-ide kreatif dan baru perlu dimiliki oleh seorang blogger apa ia dapat terus menyajikan sesuatu kepada pembaca blognya. Blog yang mati (karena ditinggalkan adminnya) seringkali disebabkan karena pemiliknya kehabisan ide dan bahan untuk konten blognya. Hm... apakah anda telah punya ide kreatif untuk menulis konten baru di blog anda hari ini?
Baca juga: Tips agar Tak kehabisan Ide

Semangat Berbagi dan Konsistensi

Hal yang ini juga sangat terkait dengan item sebelumnya di atas. Konsistensi seringkali menjadi faktor krusial bagi seorang blogger pemula. Seorang pemula seringkali tidak sabar dan merasa jenuh dengan aktivitasnya dalam blogging. Ini karena ia kurang memiliki semangat untuk membagi pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain. jika semangat membagi pengetahuan ini terus ditanamkan dalam hati dan menjadi niat, maka blogging akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ketika ia telah menjadi seorang blogger, maka konsistensi dalam berkegiatan di blog juga diperlukan. Seorang blogger yang konsisten untuk terus menyajikan konten yang baik pada akhirnya akan memperoleh eksistensi di dunia maya. Blognya akan ramai dan semakin banyak dibutuhkan, dijadikan rujukan. Bukankah blog juga bisa jadi ladang amal untuk berbagi pengetahuan?

Sedikit Keterampilan Menulis

Upps.... keterampilan menulis? Ya... sedikit saja. Yang penting anda bisa menulis. Awalnya mungkin hanya beberapa paragraf, atau bahkan beberapa kalimat saja, sertakan foto-foto koleksi anda, atau apapun yang sekiranya dapat melancarkan keterampilan ini. Menulis itu seperti keterampilan lainnya, makin sering dilatih, makin lihai. Jadi keterampilan menulis sebenarnya tidak akan jadi hambatan jika anda selalu pede untuk menampilkan apa yang anda tulis walaupun bagi anda itu rasanya jelek sekali. Tidak usah bertanya-tanya dulu, apakah tulisan atau konten blog saya ini ada yang bakal membaca. Tulis saja, sebisanya, seadanya, lalu terbitkan.

Sedikit Pengetahuan tentang Script

Wahh.. apa pula nih. Ah, jangan dipikirkan.. Ketika anda memulai aktivitas blogging, anda mungkin tidak memerlukan pengetahuan ini. Tanpa pengetahuan tentang script sekalipun anda dapat melakukan aktivitas blogging. Tetapi, saat anda mulai konsisten dan memantapkan diri menjadi seorang blogger, maka pengetahuan tentang script akan anda dapatkan pelan-pelan. Anda bisa memperolehnya melalui tutorial-tutorial blogging yang banyak bertebaran di blog-blog yang membahas tentang ini. Mula-mula Cuma sekekar mengcopy dan mempastekannya pada template anda, lama-lama mungkin anda bisa bikin script sendiri. Beberapa jenis script yang biasa digunakan adalah HTML,  dan CSS. Tentu ada juga script yang lain. saya sendiri juga belum tahu banyak tentang yang satu ini, dan sedikit agak alergi, tapi ya...aktivitas blogging saya tetap bisa jalan. Anda sendiri bagaimana, apakah mengerti dan bisa menulis script untuk blog?
Baca juga: Mempublikasikan artikel pertama anda

Sedikit Pengetahuan tentang SEO

SEO adalah istilah yang sangat akrab dengan seorang blogger. SEO itu adalah akronim untuk Search Engine Optimization. SEO adalah cara-cara atau teknik-teknik yang dilakukan oleh seorang blogger untuk membuat blog atau konten yang ada di dalamnya dapat diindeks, dan berhasil meyeruak ke halaman depan hasil pencarian di SERP (Search Engine Results Page) ketika seseorang mencari informasi di mesin pencari (google, yahoo, bing, ask, dsb.) dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Pengetahuan tentang SEO dirasa menjadi kebutuhan ketika seorang blogger ini konten-konten atau blog yang menayangkan konten tersebut populer di kalangan pengguna internet. Saya sendiri juga belum terlalu banyak tau tentang SEO tapi terus belajar. Siapa tahu bisa ngetop, hi..hi... Anda sendiri, apakah blognya sudah ngetop dan ramai pengunjung?
Baca juga: Tips Terbaru Meningkatkan Traffic Blog

Etika Blogging

Melakukan aktivitas apapun selalu ada etikanya, begitu juga jika anda ingin menjadi seorang blogger. Ketika aktivitas blogging diniatkan sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, maka ketika anda membuat konten hal-hal semacam hak cipta dan hak kekayaan intelektual orang lain sangat perlu diperhatikan. Jangan sampai anda melakukan copy-paste konten orang lain. membajaknya dan mengatakan bahwa itu adalah konten blog anda sendiri. Etika lain yang perlu diperhatikan adalah saat blogwalking (mengunjungi blog lain), di mana biasanya  seorang blogger akan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar. Seringkali, para blogger harus memasang pesan admin seperti “dilarang memasang link aktif pada komentar”, “berkomentarlah yang sopan”, dsb. Ini menunjukkan bahwa beberapa blogger masih suka melakukan spam. Mereka mencaci konten yang dianggapnya kurang bermutu, atau menyebarkan link URL blognya sendiri untuk berpromosi. Ketahuilah, ini adalah promosi yang keliru dan secara etika kurang baik. menambahkan link aktif pada kolom komentar tidak diperlukan. Ketika anda berkomentar secara baik, dan mampu menarik perhatian pembaca konten di mana anda berkomentar, maka melalui nama anda yang tercantum pada komentar itu, mereka akan dapat menemukan blog anda. Jadi berkomentarlah secara beretika, dan buatlah konten secara beretika pula.
Baca juga: Tips Mengatasi Plagiat dan Pencuri Konten Blog Anda

Demikian tulisan tentang bagaimana menjadi blogger itu gampang. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Apakah anda memiliki pendapat lain tentang bagaimana menjadi seorang blogger? Atau anda punya pengalaman sendiri tentang dunia yang satu ini. Silakan berbagi pengalaman dan pendapat di kolom komentar. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...