Tips Karier: Cara Mengusir Rasa Malas Saat Bekerja

tips mengusir rasa malas
rasa malas mulai menyerang?

Tips Karier: Cara Mengusir Rasa Malas Saat Bekerja


Rasa malas adalah perasaan yang mungkin dapat muncul sewaktu-waktu di tempat kerja. Ini tentu sangat tidak baik bagi karier anda. Suatu pekerjaan yang anda jalani memerlukan orang-orang yang rajin dan jauh dari rasa malas. Bos dan perusahaan tempat anda bekerja menggaji anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugas dan wewenang anda. Jadi, jika rasa malas muncul, maka sudah barang tentu harus diusir jauh-jauh agar produktivitas kerja anda kembali normal atau bahkan meningkat. Lalu bagaimanakah caranya agar rasa malas yang suka muncul pada saat anda sedang bekerja itu dapat diusir jauh-jauh? Beberapa tips berikut mungkin akan dapat membantu.

Mulai Aktivitas Lebih Awal

Kapan biasanya rasa malas muncul? Kebanyakan orang seringkali merasa malas setelah beristirahat dari pekerjaan. Misalnya, rasa malas dapat muncul pada hari senin. Itulah sebabnya ada kata-kata “I hate Monday”. Keenakan menikmati hari libur di Sabtu dan Minggu dapat membuat anda malas untuk bekerja di hari senin. Cara paling ampuh untuk mengusir rasa malas jenis ini adalah dengan memasang alarm hp atau jam wekker anda lebih awal. Jika anda biasa bangun jam 5 pagi, maka majukan sedikit alarm ke jam 4.45 pagi. Majukan 15 menit lebih awal. Lalu segeralah bangun ketika alarm berbunyi. Anda harus segera memulainya dengan aktivitas. Mulailah dengan mengerjakan pekerjaan rumah atau membersihkan diri. Pergilah mandi dan menggosok gigi. Ini akan membuat peredaran darah anda lancar. Gerakan-gerakan yang anda buat saat bangun pagi dan beraktivitas akan melancarkan peredaran darah dan memicu semangat baru pada diri anda.

Lebih Awal Sampai Di Tempat Kerja

Karena anda memulai aktivitas lebih cepat 15 menit dari biasanya, maka anda akan dapat datang lebih awal di kantor atau tempat anda bekerja. Rapikanlah meja atau tempat kerja anda. Jika anda telah merapikannya sebelumnya, anda dapat membantu merapikan bagian lain dari kantor tempat anda bekerja, atau mungkin sedikit bersih-bersih di sekitar meja anda. Berangkat lebih awal juga mungkin dapat menghindarkan anda dari keruwetan di jalan menuju kantor. Ini tentu dapat membantu anda agar tidak terkena stress akibat kemacetan atau terburu-buru di jalan.

Senyum, senyum....

Tarik ujung-ujung samping bibir anda ke atas. Buatlah senyum yang manis dan sapalah orang-orang yang anda kenal. Saat berpapasan dengan mereka atau saat anda sama-sama melangkah masuk menuju tempat kerja. Senyum yang anda bagikan akan membawa keceriaan hati bagi orang lain. tapi tidak itu saja, efeknya akan 10 kali lebih kuat untuk diri anda sendiri. Berpikirlah positif dan yakinlah bahwa anda selalu dapat menikmati pekerjaan apapun yang menjadi kewajiban anda.

Tarik Nafas Panjang Satu Kali

Ketika anda merasa penat saat bekerja dan rasa malas mulai datang, cobalah untuk bersandar secara santai sejenak. Lalu tariklah napas panjang satu kali untuk mendapatkan oksigen lebih banyak. Lemaskan otot-oto punggung dan seluruh bagian tubuh lainnya, bahkan otot-otot wajah anda dengan mencoba senam wajah. Berdirilah jika anda membutuhkannya dan pandanglah sejenak ke jendela atau teman kerja lainnya untuk melihat betapa mereka tetap rajin bekerja.

Istirahatlah Sejenak

Mungkin saja, rasa malas datang menyerang ketika anda melihat tumpukan pekerjaan yang begitu banyak. Karena itu cobalah untuk tidak terlalu memikirkan kapan selesainya semua pekerjaan itu. Istirahatlah sejenak untuk mengambil kopi atau teh dan mengirupnya dengan nikmat. Semangat baru bisa muncul dari minuman seperti kopi dan teh itu. Aromanya yang menenangkan juga dapat mengusir perasaan malas dan memunculkan semangat baru. Jika di tempat anda menyediakan toilet yang bersih dan nyaman, anda mungkin dapat sejenak pergi untuk membasuh muka dan tangan. Aroma sabun dan menyegarkan kulit serta menyemprotkan sedikit parfum dapat membantu anda mengusir rasa malas dan mendapatkan semangat baru. Siapa tahu kemalasan anda muncul karena kondisi tubuh anda yang kurang fresh karena telah beberapa lama bekerja.

Positifkan Cara Memandang Pekerjaan Anda

Ubahlah negatif menjadi positif. Terutama tentang bagaimana anda memandang sebuah pekerjaan. Ketika anda dihadapkan pada tugas-tugas, maka berhentilah mengatakan dalam hati “ ini harus diselesaikan....” dengan “Saya akan menyelesaikan ini ....” atau bentuk-bentuk positif lainnya. Pekerjaan anda harus dilakukan tanpa rasa keterpaksaan. Dan mulailah dengan membentuknya dalam pikiran dan hati anda. Pekerjaan bukan sebuah beban.

Pilah Pekerjaan Anda dan Kenali Diri

Setiap orang mempunyai karakter masing-masing. Saat bekerja, anda mungkin termasuk orang yang suka mendahulukan pekerjaan yang lebih berat di pagi hari, maka pilahlah pekerjaan anda berdasarkan tingkat kesulitannya. Buatlah target penyelesaian pekerjaan-pekerjaan anda sehingga anda selalu dapat mengontrol rasa malas. Target yang anda tetapkan tentunya harus memperhatikan tumpukan pekerjaan yang ada dan kemungkinan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan. Tetapi jika anda orang yang gampang stress karena tumpukan dan beban pekerjaan, maka pilahlah pekerjaan mulai dari yang mudah terlebih dahulu, selesaikan sebanyak-banyaknya. Dengan demikian pada akhirnya hanya akan tersisa sedikit pekerjaan meskipun mungkin lebih berat dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya. perhatikan juga urgensi dan tingkat kepentingan pekerjaan itu agar anda selalu dapat melakukan yang terbaik untuk bos dan pekerjaan anda.

Demikian beberapa tips yang mungkin dapat anda coba untuk mengusir rasa malas yang mungkin menghinggapi anda saat sedang bekerja. Anda punya tips lain yang mungkin dapat dibagikan di sini? Silakan menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat, wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...