Jenis Artikel Blog yang Disukai Pembaca

jenis artikel blog yang disukai pembaca
apa tipe artikel di blog anda?

Jenis Artikel Blog yang Disukai Pembaca

Blogging adalah aktivitas yang cukup menyenangkan. Bukankah demikian? Tentunya aktivitas blogging yang menyenangkan itu tidak terlepas dari pembuatan konten blog. Istilah “content is the king” atau konten blog adalah raja mengisyaratkan kepada para blogger bahwa jika ingin menjadi blogger yang mempunyai blog dengan traffic yang tinggi, maka ia harus membuat konten yang baik. ini susah-susah gampang. Beberapa blogger memiliki bakat alamiah untuk membuat konten blog yang menarik dan disukai penggunanya. Beberapa lagi sayangnya kurang memiliki bakat (seperti saya), dan harus terus-menerus mengasah keterampilan membuat konten yang disukai user. Blog saya ini, dan juga kebanyakan blog lain umumnya berisi konten dalam bentuk artikel atau tulisan. Artikel atau tulisan yang baguslah yang nanti akan dicari pembaca blog dan berhasil muncul di halaman depan hasil pencarian, tentunya tanpa mengesampingkan teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk mendukungnya.


Kali ini kita akan mengupas tentang tipe-tipe artikel atau tulisan untuk blog posting yang umumnya disukai dan dicari pembaca atau pengguna internet. Dengan mengetahui artikel-artikel apa saja yang disukai pembaca, maka kita akan dapat menulis bahan bacaan yang mereka ingin cari dan selanjutnya meningkatkan traffic ke blog kita. Nah, apa saja jenis atau tipe-tipe artikel yang disukai pembaca tersebut?

Beberapa Tipe Artikel Yang Disukai Atau Dicari Pembaca Blog

Artikel untuk Referensi

Beberapa blog bertema pendidikan seringkali menggunakan gaya penulisan buku teks. Ini memang dikarenakan bahan tulisan mereka adalah buku teks perkuliahan. Artikel dengan bentuk tulisan yang menyarikan sebuah buku atau topik tertentu yang dikumpulkan dari buku-buku referensi ini banyak dicari pengguna internet dari kalangan mahasiswa. Ketika para mahasiswa itu sedang membuat tugas dalam bentuk makalah, atau para siswa yang mencoba menjawab tugas-tugas atau PR mereka, maka artikel ini akan menjadi rujukan pertama mereka. Mengapa demikian? Ini adalah hal termudah yang dapat mereka lakukan. mereka tinggal buka internet untuk menemukan topik tertentu terkait tugas yang diberikan pada mereka. Voila.... sederet definisi, penjelasan, hingga contoh-contoh tersaji di depan layar monitor. Anda bisa bayangkan, berapa banyak user dengan tipe ini? Banyak sekali. Ada beragam niche blog bisa kita buat untuk menayangkan artikel macam ini. Buat saja berdasarkan jurusan-jurusan atau kajian keilmuan. Artikel tentang pendidikan, ilmu kesehatan, hingga teknik dapat dibuat. Jangan lupa saat menulis artikel jenis ini, sertakan pula daftar pustaka yang anda gunakan, karena itu akan membantu para user itu untuk langsung merujuk buku yang anda gunakan.

Artikel Berbentuk Daftar (List)

Beberapa pembaca atau user internet seringkali mencari informasi ringan. Walaupun demikian, pembaca jenis ini mempunyai rasa ingin tahu yang cukup baik tentang suatu hal. Mereka akan menjadikan saat-saat browsing di internet sebagai bagian dari refreshing. Mereka adalah jenis pembaca blog yang menyukai refreshing sambil membaca. Pengetahuan ringan akan informasi terbaru seperti 10 Artis yang Lagi Naik Daun di Korea, atau Inilah 5 Mesin Waktu yang Pernah Dibuat Ilmuwan akan menarik perhatian mereka. Walaupun mudah sekali menulis artikel jenis ini, admin blog seringkali terjebak dengan masalah hak cipta (copyright issue) baik foto-foto yang digunakan maupun artikelnya sendiri. Gaya bahasa yang santai dan ringan, akan sangat cocok untuk jenis artikel berbentuk daftar (list) ini.

Artikel tentang Cara (How To)

Begitu banyak orang mempunyai masalah dan sangat membutuhkan penyelesaian masalah dengan cepat. Akhirnya, mereka akan membuka browser pada gadget atau komputer mereka untuk membantu. Maka, mulailah mereka mengetikkan kata-kata kunci dengan dimulai: “bagaimana cara ....”. artikel how to (cara) melakukan atau menyelesaikan sesuatu akan muncul di halaman depan hasil pencarian google atau yahoo mereka. Ingatlah, bukankan anda sendiri juga sering mengetikkan itu di kotak pencarian search engine? Jadi, jika anda ingin mempunyai banyak pengunjung blog, tulislah artikel cara atau how to ini.

Artikel tentang Tips

Masih terkait dengan artikel jenis how to atau cara melakukan sesuatu di atas, orang juga sering mencari tips. Mengapa mereka mencari tips? Ah.. namanya juga tips, sesuatu yang sifatnya kecil tapi membawa manfaat, mudah dilakukan. Semua orang pasti ingin itu. Variasi artikel tentang tips ini bisa dari tips perawatan wajah, rambut, atau kuku yang biasa dicari para wanita, hingga tips dapur sederhana yang dicari ibu-ibu. Sebagaimana artikel atau blog posting tentang daftar (list), artikel tips sebaiknya ditulis dalam bahasa yang komunikatif dan santai. Mereka kan berburu tips ini juga disaat-saat sedang duduk santai di depan laptop atau gadgetnya.

Berita Terbaru

Menulis artikel semacam ini mudah-mudah sulit. Mengapa? Karena seperti halnya saat menulis artikel dalam bentuk daftar (list), blogger seringkali kesulitan mendapatkan foto-foto yang tidak melanggar hak cipta. Kita tahu, mencomot begitu saja foto dari media-media online tentunya perbuatan yang tidak pada tempatnya. Beberapa blogger mengatasi hal ini dengan mencari gambar-gambar terkait yang bebas hak cipta (domain public, atau dengan lisensi creative common). Akibatnya, mereka menggunakan gambar-gambar atau foto-foto yang sama berulangkali. Tetapi ini sebenarnya tidak terlalu masalah karena inti dari artikel jenis ini adalah isi beritanya. Pengutipan kata-kata dari seorang tokoh pada sebuah konfrensi pers dalam bentuk satu kalimat saja bisa dijadikan dasar untuk menulis beberapa artikel atau blog post. Tetapi, mengenai isu hak cipta tentang bagaimana sebuah blog melansir berita atau kutipan dari sebuah berita media online besar saya kurang mengerti. Tips yang sebaiknya anda lakukan jika ingin menulis artikel jenis ini adalah waktu. Anda berlomba dengan waktu. Ketika sebuah berita baru muncul, maka anda harus segera menulisnya. Keberhasilan artikel berita sangat terkait dengan seberapa cepat anda melakukan update.

Itulah beberapa jenis artikel yang banyak dicari pembaca blog. Apakah anda mempunyai pendapat lain? silakan berkomentar atau menambahkan jenis artikel yang mungkin terlewatkan oleh saya. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Tips Terbaru Meningkatkan Traffic Blog
Meningkatkan Traffic Blog dengan Edit Permalink
Tips Mengatasi Plagiat dan Pencuri Konten Blog
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...