Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Untuk Menulis Artikel Blog

Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Menulis Artikel Blog
Kehabisan ide untuk menulis artikel untuk blog anda?

Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Untuk Menulis Artikel Blog


Dear bloggers merasa macet dan kehabisan ide untuk dituliskan di blognya? Ah, itu hal yang sangat wajar. Salah satu hambatan dalam menulis memang sepertinya adalah masalah ide. Dear blogger sepertinya tidak tahu harus menulis apa. Sebenarnya ada beragam cara yang dapat dilakukan agar anda kembali bisa menulis seperti biasa. Nyalakan saja komputer anda dan kita akan mulai menulis. Oke?

Baik, bila komputer dear blogger sudah menyala, kini saatnya mencari ide tulisan. Gak usah pakai nongkrong di jembatan atau semedi di bawah pohon cabe. Ikuti saja salah satu cara atau tips di bawah ini. Oh ya, tentu saja ide tulisan ini sebaiknya berhubungan dengan tema (topik) di dalam blognya dear blogger. Mudah-mudahan berhasil.

 

Baca Ulang Beberapa Posting (Artikel) Anda Sendiri

Ini adalah cara terbaik menurut saya, karena dengan demikian ide tulisan murni dari blog-nya dear blogger sendiri. Bacalah salah satu artikel yang dear blogger rasa cukup menarik. Perhatikan lagi setiap paragraf yang telah anda publikasikan. Pasti dear blogger akan merasa adanya kekurangan pada artikel atau posting itu. Kekurangan di sini maksudnya adalah, ada “sesuatu” yang kelupaan atau terlewatkan untuk dituliskan. Ini biasa terjadi karena kadang-kadang dear blogger membuat artikel itu secara cepat. Catat “sesuatu” itu di selembar kertas atau langsung ketikkan di komputernya dear blogger.  “Sesuatu” itu kemudian dapat dikembangkan menjadi bahasan baru untuk artikelnya dear blogger. Selain idenya murni dan orisinil, dear blogger juga semakin mempertajam pembahasan artikel sebelumnya pada artikel baru yang akan dibuat. Dua buah artikel yang saling berhubungan dan saling melengkapi. Sepertinya, tidak ada lagi yang lebih bagus dari hal semacam ini bukan?


Baca Dan Pahami Komentar-Komentar Sahabat Blogger atau Pembaca Yang Masuk Ke Blog Anda

Seringkali diskusi pada komentar-komentar artikel di blognya dear blogger dapat dijadikan bahan untuk menulis. Perhatikan komentar-komentar tersebut, barangkali ada di antaranya yang menyarankan sesuatu yang “baru” yang belum pernah disebut pada artikel anda yang dikomentari itu. Atau bahkan komentar-komentar yang berbau kritik pun bagus untuk dijadikan ide tulisan. Sama seperti tips sebelumnya, dear blogger akan dapat membuat tulisan yang terkait erat dengan artikel sebelumnya (yang dikomentari tersebut). Ini tentu akan menambah tajam dan dalam pembahasan anda tentang topik tersebut.
Baca juga: 5 Kesalahan Fatal Blogger Pemula Saat Menulis Artikel Blog

Membaca Artikel Sahabat Blogger

Ketika menyambangi dan membaca, lalu berkomentar di blog sahabat anda, dear blogger dapat memetik poin-poin penting yang menarik. Kadangkala muncul pemikiran: “Ah, saya bisa bikin artikel yang lebih lengkap tentang ini.” Atau mungkin juga dear blogger punya pendapat sendiri yang agak berbeda dengan artikel sahabat itu. Nah, kenapa tidak dituliskan saja pendapat itu sehingga menjadi sebuah artikel baru yang menarik? Karena itu, sebelum berkomentar pada blog sahabat anda, biasakanlah untuk membaca tuntas dan memahami apa yang sedang dibicarakan dalam artikel itu, lalu mengolahnya dalam pemikiran anda untuk memicu bagaimana pendapat dear blogger sendiri tentang hal tersebut.


Buka Kamus dan Pilih Kata Secara Acak

Ini mungkin salah satu cara menulis kreatif yang cukup ampuh bila anda kehabisan ide dan mengalami hambatan dalam menulis. Syaratnya, sebelum mulai anda harus berkomitmen bahwa anda akan menyelesaikan “tugas menulis” anda hingga selesai dan menjadi sebuah posting atau artikel untuk blog anda. Caranya gampang, tentukan dulu tema utama anda, misalnya tentang kesehatan, blogging, bisnis online, atau apa saja sesuai isi blognya dear blogger. Kemudian bukalah sebuah buku atau kamus. Buka saja halaman kamus atau buku itu secara acak, lalu pilihlah satu kata atau dua kata yang kira-kira dapat membentuk hubungan dengan tema utama tulisan anda. Misalnya begini, dear blogger punya tema utama kesehatan, lalu buka kamus secara acak pada halaman tertentu, dan pilih kata tertentu misalnya “keringat” atau “kering” atau “keras”. Nah, tulis di selembar kertas putih kata “kesehatan” dan “kering”. Selanjutnya tambahkan lagi (dengan berpikir bebas), kata-kata lain yang berhubungan. Misalnya saja anda mungkin akan menemukan kata-kata lain yang berhubungan sehingga menjadi kumpulan kata-kata yang dapat dibentuk menjadi sebuah artikel (posting) komplit untuk blognya dear blogger.
Baca Juga: Menulis dan Mempublikasikan Artikel Pertama Anda Di Blog

 

Ide Tulisan dari Melihat-Lihat Gambar

Saya suka sekali dengan gambar-gambar unik. Dear bloggers juga bukan? Nah, ketika kehabisan ide, dear blogger dapat browsing gambar-gambar sesuai tema blognya dear blogger. Mulailah mungkin mencari di google image, atau dapat juga situs-situs lain seperti flickr dan freeimage. Dengan memandang gambar-gambar unik, seringkali muncul ide-ide baru yang segar di kepala. Jika dear blogger tidak cukup pengetahuan untuk pembahasan tema itu, tinggal browsing saja untuk mencari tambahan informasi.
Baca Juga: Mengoptimalkan Gambar untuk SEO dan Meningkatkan Traffic Blog

Nah, demikian tips blogging saat anda kehabisan ide untuk menulis artikel blog. Mungkin anda punya cara lain? Silakan berbagi di kolom komentar. Wassalam.

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...