Ikuti Pelatihan Earth and Space Science di SEAMEO QITEP in Science

Bapak dan Ibu guru mau ikut pelatihan (diklat) gratis berskala internasional yang diselenggarakan oleh SEAMEO QITEP in SCIENCE? Gratis lho! SEAMEO QITEP in SCIENCE adalah sebuah organisasi kerjasama pemerintah negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dalam bidang peningkatan profesionalisme guru IPA negara-negara anggotanya yang berpusat di Bandung, Jawa barat, Indonesia. Saat ini mereka membuka pendaftaran calon peserta untuk training course Earth and Space Science 2016.

Training course (diklat) Earth and Space Science adalah diklat yang diselenggarakan oleh Seameo Qitep in Science (Seaqis) tentang ilmu bumi dan antariksa. Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang materi bumi dan antarika. Diklat ini meliputi sesi materi, kegiatan hands-on yang akan digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Diklat bagi Guru dan Tenaga Kependidikan dibidang IPA se-Asia Tenggara ini memang merupakan agenda tahunan bagi Seameo Qitep in Science. Organisasi kerjasama pemerintah negara-negara Asia Tenggara ini selalu memberikan beasiswa/scholarship bagi 20 peserta dalam negeri yang lolos seleksi (berupa bebas biaya program, akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama diklat) dari Indonesia.

ikuti pelatiahan / training course Earth and Space Science dari Seameo Qitep in Science tahun 2016
Seameo Qitep in Science membuka pendaftaran diklat Earth and Space Scince 2016

Menurut jadwal yang ditulis di situs resminya http://www.qitepinscience.org/?page_id=5295 pelatihan ini akan dilaksanakan pada tanggal 19-28 Juli 2016 di kota Bandung, Indonesia. Pelatihan ini akan diikuti oleh peserta dari seluruh negara-negara anggota SEAMEO, yaitu dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan tentu saja Indonesia. 

Mengikuti pelatihan Earth and Space Science ini tentu saja bakal menyenangkan dan membanggakan, serta yang lebih penting lagi dapat meningkatkan profesionalisme guru pengajar IPA, Fisika, dan Geografi pada jenjang SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Bagaimana tidak, peserta akan diseleksi dengan ketat. Untuk peserta dari negara-negara anggota SEAMEO selain Indonesia, khusus dilakukan oleh kementerian pendidikan negara masing-masing anggota. Setiap negara akan memperoleh jatah seorang peserta. Indonesia tentu saja mendapatkan porsi lebih banyak untuk peserta, yaitu akan dipilih 20 peserta yang akan diseleksi langsung oleh panitia training course Earth and Space Science dari SEAMEO QITEP in SCIENCE


Persyaratan yang harus dipenuhi terutama adalah kemampuan berbahasa Inggris (minimal pasif), karena tentu saja pelatihan dengan skala internasional ini akan menggunakan pengantar dalam bahasa Inggris. Tertarik? Silakan bapak dan ibu guru download panduan pendaftaran pelatihannya pada link berikut: http://bit.ly/PanduanDiklatQIS2016

Jika bapak dan ibu guru pengajar IPA SMP/MTs, Fisika atau Geografi SMA/MA/SMK serius, silakan mengisi formulir pendafatarannya secara online di http://bit.ly/ESSqitep. Oh ya, jangan lupa siapkan scan surat keterangan kemampuan berbahasa Inggris atau hasil tes sejenis seperti Toefl. Surat keterangan ini akan menjadi pertimbangan penting bagi calon peserta. Jikapun tidak punya jangan berkecil hati, karena bapak dan ibu guru dapat mengupload sebuah motivation letter (maksimal 3 paragraf) sebagai penggantinya. Motivation letter adalah sebuah surat singkat yang berisi alasan-alasan mengapa seseorang memiliki motivasi untuk mengikuti suatu program seperti pelatihan atau beasiswa. Siapkan pula file pasfoto untuk diunggah melalui formulir tersebut.

Selain berprofesi sebagai guru IPA SMP/MTs, Fisika atau Geografi SMA/MA/SMK (PNS atau honorer atau guru yayasan), bapak dan ibu juga harus memenuhi syarat lainnya seperti belum berumur 52 tahun, belum pernah mengikuti diklat reguler yang diselenggarakan (akan dilakukan verifikasi data alumni) oleh Seameo Qitep in Science, aktif mengajar di sekolah sebagai guru, atau aktif di MGMP, atau MKKS, berbadan sehat dan tidak sedang mengandung.

Bapak dan ibu guru yang lolos pada seleksi administrasi akan dihubungi melalui telepon (jadi hati-hati jangan sampai salah menuliskan nomor HP atau telepon) untuk dilakukan wawancara dalam bahasa Inggris oleh panitia seleksi diklat. Ayo buruan mendaftar karena batas akhir pendaftaran online ini adalah 22 Juni 2016 mendatang. Jangan sampai kehabisan tempat. 

Selain itu pihak Seameo Qitep in Science berharap para calon pendaftar (calon peserta diklat) membaca dengan teliti panduan pendaftaran (link-nya telah diberikan di atas), karena nantinya ada lagi yang harus dilakukan peserta sebelum resmi dapat mengikuti pelatihan ini, seperti peserta terpilih akan diminta membuat country report atau innovation report (detilnya akan diinformasikan dalam undangan), yaitu karya berupa paparan best-practice, penelitian, ataupun PTK/PTS (Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah) dengan tema dan format yang sudah ditentukan. Repot? Tidaklah, kan ini pelatihan berskala internasional.

Hal-hal penting lain yang mungkin perlu bapak dan ibu guru ketahui adalah: menjelang pelatihan, maka 20 orang peserta terpilih tiap diklat akan langsung dihubungi oleh panitia melalui telepon dan mendapatkan undangan resmi melalui e-mail. Jika pendaftar tidak dihubungi sampai 2 minggu sebelum diklat artinya yang bersangkutan tidak lolos seleksi. Kemudian untuk peserta terpilih yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, menggunakan transportasi darat (kereta, bus, travel, dll). Peserta terpilih yang berada di luar Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta boleh menggunakan pesawat udara kelas ekonomi.Peserta terpilih harus mengkonfirmasi kesediaan hadir sebagai peserta maksimal 2 minggu sebelum diklat berlangsung melalui telepon atau e-mail. 

Selanjutnya panitia pelatihan dari Seameo Qitep in Science dapat mendiskualifikasi atau pembatalan keikutsertaan akan dijatuhkan pada peserta training course Earth and Space Science apabila calon peserta bersangkutan telah terbukti melakukan pemalsuan data/identitas, melakukan plagiarisme/penjiplakan terhadap karya atau hak kekayaan intelektual orang lain di dalam country report/innovation report, merupakan alumni salah satu training course (diklat reguler) sebelum melewati masa jeda (2 tahun), tidak mendapatkan izin dari atasan langsung (kepala sekolah, yayasan atau dinas), tidak hadir lebih dari 2 hari pada masa diklat. 

Pada pelatihan berskala internasional ini bapak dan ibu guru peserta terpilih tidak diperkenankan untuk membawa anak, teman, pengasuh atau anggota keluarga selama diklat berlangsung, meninggalkan sesi diklat dalam waktu lama tanpa izin penyelenggara, keluar dari tempat diklat tanpa izin penyelenggara (peserta yang memiliki keperluan harap memberitahu penyelenggara sebelumnya), membawa senjata tajam ketempat diklat, merokok, makan, dan minum selama sesi diklat berlangsung. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang pelatihan gratis bagi guru IPA, Fisika dan Geografi di tingkat SMP/SMA ini bapak dan ibu guru dapat menghubungi Bapak M. Haidar Helmi (Divisi Program dan Pelatihan) pada Seameo Qitep in Science di nomor telepon : 022-4218739, whatsapp: 085659181315, dan email : training.qis@gmail.com. Semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...