Tips dan Trik Tentang Artikel Konten Blog

tips trik traffic artikel konten blog
tips dan trik untuk pengembangan traffic melalui artikel di blog anda
Siapapun tak dapat menyanggah bahwa konten adalah raja. Kalimat itu pasti menempel dengan baik di benak semua blogger, apalagi para blogger yang benar-benar berharap mendapatkan traffic yang berkualitas menuju blognya. Konten dalam blog dapat dipersempit maknanya menjadi artikel blog. Meskipun kita tahu bahwa sebenarnya konten itu tidak melulu berupa artikel, ia bisa berupa video, gambar, atau apapun sebagai materi isi dari  sebuah blog. Akan tetapi artikel secara umum adalah bentuk konten yang banyak diupload dan dipublish oleh seorang sblogger.

Kali ini saya akan mencoba berbagi beberapa tips dan trik yang berhubungan erat dengan konten blog (artikel) ini. Tips dan trik ini tentunya juga terkait erat dengan penjelasan di atas, yaitu traffic blog. Yup, tips dan trik ini bertujuan untuk meningkatkan traffic ke blog anda dan memuluskan anda dalam menulis artikel yang berkualitas baik untuk pembaca maupun search engine macam google.


Penyediaan Konten atau Artikel itu untuk Pembaca

Biar bagaimanapun, ketika anda memulai aktivitas sebagai seorang blogger, entah itu hanya sebagai bagian aktivitas tambahan dan menyalurkan hobi atau serius akan menjadikannya sebagai profesi, maka penyediaan konten atau artikel untuk pembaca anda tentu sangat penting. Sebaiknya, blog memang hanya berisi artikel-artikel dengan topik atau tema tertentu. Dengan kata lain, anda seharusnya membangun sebuah niche blog untuk pembaca anda. Artikel anda akan dibaca oleh pengunjung dari kalangan tertentu yang anda bidik. Akan tetapi, ketika bagi anda menulis adalah hal baru (belum banyak pengalaman), maka menulis artikel dengan beragam topikpun tak masalah sebenarnya. Banyak saja blog gado-gado (dengan beragam topik artikel) dapat eksis bahkan mempunyai pengunjung fanatik, yang terpenting adalah anda konsisten menulis, meluangkan sedikit waktu dalam seminggu untuk menerbitkan 2 atau 3 artikel paling tidak.
Pilih Mana: Various Blog atau Niche Blog?
Jenis Artikel Blog yang Disukai Pembaca 

Tulislah Artikel yang Memenuhi Standar SEO

Ketika menulis artikel, perhatikanlah bahwa anda juga harus memperhatikan unsur SEO. Anda harus menempatkan beberapa kata kunci yang dibidik pada judul artikel, pada sub judul artikel, hingga pada batang tubuh artikel. Gunakanlah kata kunci yang panjang (long tail keyword), dan bervariasi. Lalu tempatkanlah keyword itu secara naturan dalam artikel anda. Jangan terlalu terikat dengan jumlah. Selain anda harus memperhatikan standar SEO untuk search engine, anda tetap harus mengutamakan pembaca anda. Tidak lucu jika anda menulis untuk mesin pencari saja, karena pembaca akan segera pergi dari artikel anda setelah merasakan ketidaknyamanan dan keanehan pada susunan kalimat atau paragraf-paragraf dalam artikel anda.
Tips Menulis Artikel Pertama di Blog Anda 

Menulis Secara Berkala dan Konsisten Meningkatkan Keterampilan Anda

Bagi pemula yang baru dengan aktivitas blogging, penyediaan artikel untuk blognya bisa saja terkendala pada bahan tulisan. Atau, seringkali mereka merasa kehabisan ide menarik untuk ditulis. Sebenarnya ini tidak akan terjadi kalau anda mau belajar meluangkan waktu untuk menulis. Buatlah jadwal khusus di waktu senggang (saya berasumsi anda blogging karena hobi atau mengisi waktu luang), misalnya pada saat subuh sebelum berangkat kerja dan beraktivitas, atau setelah makan malam. Gunakan waktu khusus ini untuk mengasah keterampilan menulis anda. Paksa saja anda menulis artikel untuk blog, seberapa tidak bergairahpun anda. Dengan sedikit disiplin yang agak keras, anda akan melewati hambatan dalam menulis ini. Ide-ide untuk bahan menulis artikel blog sebenarnya bisa dicari lewat beragam cara. Niatkan saja, dan tetaplah duduk di kursi anda untuk menulis.
Sumber-Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog
Tips Ketika Anda Kehabisan Ide Tulisan untuk Artikel Blog

Perhatikan Beberapa Hal Saat Menulis Artikel

Beberapa blogger membuat kesalahan-kesalahan kecil saat berurusan dengan pembuatan konten atau artikel blog mereka. Jangan sampai ini terjadi pada diri anda. Kesalahan-kesalahan bahkan sangat fatal dan membahayakan eksistensi anda sebagai seorang blogger yang baik.
Beberapa Kesalahan Fatal Blogger Pemula 

Cantumkan Link Artikel Lain dari Blog Anda

Saat menulis artikel dan mempublikasikannya di blog anda, jangan lupa untuk membuatkan tautan kepada artikel-artikel anda sebelumnya. Memang kadang-kadang bagi blogger ini terkesan tidak begitu penting. Tahukah anda, bahwa dengan membuat link-link ke artikel anda sebelumnya, anda telah membantu pembaca anda menemukan artikel lain yang mungkin juga dibutuhkannya. Selain itu, adanya link in pada artikel anda membuat artikel-artikel lama mempunyai kesempatan untuk kembali diperhatikan oleh search engine apalagi artikel-artikel itu telah tertimbun jauh oleh artikel baru. Kita tahu, search engine memang menyukai artikel yang baru dan fresh, tetapi ketika sebuah artikel lama masih banyak dikunjungi pembaca, secara otomatis itu akan memberi sinyal kepada search engine untuk mempertahankannya di SERPs (halaman hasil pencarian mesin pencari) karena dianggap sebagai artikel penting yang dibutuhkan banyak orang.
Tips Terbaru dalam Membangun Link

Gambar dan Foto pada Artikel Blog

Gambar adalah salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah artikel, terutama pada blog-blog yang memberikan penjelasannya dengan bantuan gambar. Blog-blog yang berisi artikel tutorial misalnya, tak bisa lepas dari unsur gambar atau foto. Akan tetapi, berhati-hatilah ketika menggunakan foto yang bukan buatan anda sendiri. Ketika anda menggunakan gambar atau foto-foto yang ada di internet, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi terkait hak cipta dan unsur legalitasnya. Gambar atau foto juga sebaiknya dioptimasi apabila gambar itu mempunyai potensi untuk SEO. Gambar atau foto yang mempunyai potensi untuk menarik traffic adalah gambar dan foto milik anda sendiri, bukan gambar yang dicomot dari internet (milik orang lain).
Tips Mencari Gambar untuk Blog
Cara Memaksimalkan Fungsi Gambar dan Foto untuk Meningkatkan Traffic Blog

Sebelum Artikel Dipublikasikan

Ketika anda telah selesai menulis artikel, memasang gambar dan foto yang tepat dan bagus, memberikan link in dengan artikel lainnya yang telah ada, maka beberapa hal berikut perlu anda lakukan sebelum mempublikasikan artikel tersebut di beranda blog anda. Pastikan bahwa anda telah mengoptimalkan permalink (permanent link) yang merupakan alamat URL untuk artikel tersebut. Cek kembali apakah permalink untuk artikel tersebut sudah cukup bagus dalam hal SEO. Selain itu, pastikan anda juga memberikan search description yang bermutu untuk artikel tersebut melalui dashboard blogger di bagian sebelah kanan edit post anda sebelum anda publikasikan.
Tingkatkan Traffic Blog dengan Mengedit Permalink Artikel
Tingkatkan Traffic Blog dengan Menambahkan Search Description pada Artikel

Pastikan Konten Anda Orisinil atau Tidak Dicopas Orang Lain

Ketika kita kembali kepada slogan bahwa konten blog adalah raja, maka anda harus dapat meyakinkan mesin pencari bahwa artikel tersebut benar-benar berkualitas. Salah satu indikasi kualitas artikel yang anda tulis adalah nilai orisinalitasnya. Keasliannya. Ini bermakna bahwa anda benar-benar menulis artikel anda sendiri dan bukan mencomot artikel atau bagian-bagian dari artikel blog orang lain. Ketika konten anda terindikasi melakukan plagiasi, maka konten itu tak akan pernah dapat tempat di mata search engine. Artikel aslinya lah yang akan terpilih untuk duduk di SERPs (Search Engine Result Pages). Begitupun sebaliknya, anda harus aware dengan artikel-artikel yang telah anda publikasikan agar jangan sampai dicopas atau dicuri oleh blogger lain. Biarpun anda memiliki artikel yang genuine tulisan anda, ketika konten atau artikel itu merebak di berbagai blog, maka anda sebaiknya mengambil tindakan dengan melaporkannya, dengan terlebih dulu melakukan proteksi pada artikel-artikel atau blog anda. SERPs bisa saja diduduki pencuri konten ketika blog tersebut lebih besar dan lebih banyak memiliki artikel dibanding blog anda. Jika sudah demikian, bisa saja search engine menganggap andalah pencuri artikel. Payah bukan? Sebelum anda mempublikasikan sebuah artikel pastikan pula artikel tersebut tidak akan terindikasi plagiasi. Secara kebetulan, bisa saja anda menulis sendiri konten tersebut, tetapi hasilnya memiliki kemiripan dengan artikel atau konten blog lain yang telah ada di internet. Jadi cek dan ricek lagi.
Cara Memproteksi Konten Blog dengan DMCA (Gratis)
Tips Mengatasi Plagiat dan Pencuri Konten Blog
Cara Cek Artikel Anda Sebelum Dipublikasikan untuk Mencegah Tuduhan Plagiat

Promosikan Artikel Blog Anda

Ada banyak cara mempromosikan artikel blog atau blog anda kepada pembaca atau calon pembaca baru anda. Anda dapat berkomentar dengan blogwalking ke blog-blog lain. Akan lebih ampuh apabila anda berkomentar pada blog dengan topik artikel yang sejenis dengan artikel yang ada di blog anda. Tetapi, berkomentar secara acak ke blog manapun tetap akan sangat bagus. Jika anda ingin teknik promosi gratis lainnya, anda mungkin ingin mencoba melakukannya dengan memasang artikel anda di sosial media seperti facebook. Anda dapat memposting status berisi link artikel anda, bisa pula anda mengakomodasi pengguna sosial media macam facebook dengan membuat sebuah fanspage. Cara Membuat dan Memasang FansPage Facebook Di Blogger

Demikian beberpa tips dan trik tentang penulisan dan promosi artikel blog sehingga memungkinkan untuk meningkatkan traffic blog anda. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...