Statistik Blog dan Perbaikan Kinerja Blog

Statistik Blog  dan Perbaikan Kinerja Blog


Data apa yang paling sering anda lihat pada statistik blog anda? Setiap data statistik blog yang kita peroleh itu seharusnya kita analisis dan tidak sekedar dibaca begitu saja. Harusnya kita menjadikannya feedback untuk memperbaiki kinerja blog kita. Harapan akhirnya, tentulah traffic blog yang semakin meningkat. Berikut ini, saya mencoba  (walaupun agak sulit untuk itu) mendeskripsikan bagaimana menggunakan sebagian data statistik blog untuk perbaikan kinerja blog. Semuanya saya kumpulkan dalam bentuk tips yang mungkin saling lepas satu sama lain.

Mungkin seperti juga saya, anda senang sekali mengamati berapa banyak page view, artikel yang paling banyak dibaca, hingga berapa pengunjung blog anda yang merupakan pengunjung rutin dan pengunjung baru. Sekarang cobalah anda renungi mengapa page view anda menurun atau meningkat? Adakah hubungannya dengan artikel yang paling banyak dibaca? Lalu siapa kira-kira yang membaca artikel itu (pembaca yang merupakan langganan anda-returning visitor, ataukan pembaca baru-new visitor)? Buatlah analisa logis untuk setiap kejadian berdasarkan statistik blog anda. Dari sinilah anda dapat bertolak untuk membuat strategi perbaikan kinerja blog anda untuk meningkatkan traffic-nya. Anda mungkin bisa mulai menduga-duga mengapa terjadi demikian, lalu langkah apa selanjutnya yang harus dilakukan.

Jangan lupa, pergilah ke dashboard google webmaster tool anda, untuk melihat pula halaman mana yang menjadi titik masuk pengunjung ke blog anda. Amatilah pula, pada halaman atau artikel mana pengunjung pergi dari blog anda. Ketika suatu artikel amat populer di blog anda, tetapi kemudian mereka hanya membaca itu saja, lalu pergi meninggalkan blog anda tanpa membuka artikel lainnya, berarti ada yang salah di artikel itu. Sedikit menambahkan link artikel lain dari blog anda yang relevan dengan artikel populer itu mungkin akan sangat membantu untuk mengurangi bounce rate (rasio pentalan) dari blog anda. Atau bisa juga anda buat artikel baru lain yang berhubungan erat dan sekiranya mereka akan butuhkan.

Interaksi antara pembaca dengan admin blog cukup penting. Karena itu, hal ini juga harusnya jadi perhatian. Ketika sebuah artikel begitu populer tetapi sepi dari komentar, maka perlu dipertanyakan mengapa terjadi hal demikian? Apakah anda kurang begitu komunikatif untuk mengajak mereka berpartisipasi untuk memberikan komentar? Cobalah juga mengelaborasi secara mendalam, mengapa artikel itu bisa sedemikian populer? Apakah karena artikel sejenis memang banyak dicari pembaca dan sumber-sumber yang tersedia oleh blog lain belum begitu banyak? Atau adakah cara-cara yang tanpa anda sadari telah membuat artikel itu menjadi begitu unggul dibanding artikel blog lain?

Masih tentang artikel populer yang biasanya juga menjadi artikel masuknya pembaca ke blog anda (lihat di google webmaster tool), anda dapat melihat berapa volumenya. Berapa banyak pembaca masuk lewat artikel ini, lalu perhatikan pula lewat artikel mana pembaca anda keluar dari blog anda? Jika pembaca masuk dan keluar lewat artikel yang sama, maka dapat disimpulkan ada sesuatu yang salah dengan artikel ini. Secara SEO, artikel telah unggul, tetapi ternyata artikel ini rupanya tidak membuat pengunjung anda betah di blog anda. Mungkin perlu beberapa perbaikan seperti penambahan link artikel terkait, atau sedikit editing pada artikel tersebut, siapa tahu ada terlalu banyak kesalahan ketik (typos), penempatan tanda baca yang tidak pas, dsb.

Jika artikel populer anda sebagai halaman pertama kali pembaca masuk ke blog anda volume pengunjungnya lebih besar daripada volume artikel tempat keluarnya pembaca dari blog anda, berarti anda sudah melakukan optimasi yang baik. Blog anda dapat dikatakan berkinerja baik untuk halaman masuk dan keluar dari blog anda. Itu artinya, setelah mereka membaca artikel tempat di mana mereka pertama kali masuk, mereka kemudian menyebar ke artikel-artikel lainnya di dalam blog anda (bukannya langsung pergi). Inilah yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemilik blog, ia harus mampu membuat satu pembaca mestinya tidak hanya membaca satu artikel saja, tetapi membaca artikel-artikel lain di dalam blognya tersebut.

Itulah beberapa tips terkait penggunaan data statistik untuk peningkatan kinerja blog. Semoga menginspirasi, wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...