Peran Guru Sebagai Pemimpin (Teacher's Leadership)

Benarkah Guru itu Seorang Pemimpin? 

Ya, benar sekali. Bila saat ini, Bapak dan Ibu Guru belum menyadarinya, atau bahkan membayangkannya saja tidak, maka mulai sekarang marilah kita pahami bahwa guru memiliki peran sebagai pemimpin juga. Yang dimaksud sebagai pemimpin di sini bukan guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah, kepala perpustakaan, kepala laboratorium, atau dengan jabatan fungsional lainnya. Tapi murni, guru itu adalah seorang pemimpin. Sekarang marilah kita bahas apa yang dimaksud dengan peran guru sebagai seorang pemimpin itu ( as a leader), dan bagaimana seharusnya ia berperan sebagai pemimpin itu.

bagaimanakah caranya meningkatkan kemampuan leadership (kepemimpinan) seorang guru sehingga menjadikannya sebagai guru yang profesional
guru adalah pemimpin...

Guru adalah pemimpin bagi siswa dalam pembelajarannya, bagi kolega atau teman-teman seprofesinya, dan bagi dirinya sendiri. Guru adalah pemimpin ketika ia sedang melaksanakan pembelajaran di kelasnya. Ia adalah pemegang kendali dan pengambil keputusan saat melaksanakan pemebalajaran. Setiap saat guru harus melakukan suatu tindakan sebagaimana seorang pemimpin di dalam kelasnya. Bagi kolega atau teman seprofesinya, seorang guru juga merupakan pemimpin, tentu saja bukan pemimpin dalam arti formal. Seorang guru yang profesional akan mampu menjadi seorang yang berdiri di depan menunjukkan bagaimana seharusnya menjadi guru yang berkualitas bagi guru-guru lainnya. Bagi dirinya sendiri, seorang guru juga adalah pemimpin. Apapun yang ia lakukan dalam menjalani profesinya sebagai guru tergantung bagaimana ia menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. Ia harus dapat menentukan dan memutuskan apa yang harus ia lakukan demi menjadi guru yang baik dan profesional.

Lalu Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Baik itu?

Kenalilah siapa sebenarnya diri kita, bagaimana kita. Itu akan mempermudah kita untuk menjadi pemimpin yang baik, terutama di dalam kelas pada pembelajaran yang sedang dilaksanakan: menjadi pemimpin bagi siswa-siswa kita.

Kemudian, pelajarilah bagaimana bertindak sebagai pemimpin yang efektif sehingga setiap keputusan dan kebijakan yang diambil pada saat pembelajaran dilakukan menjadi bermanfaat bagi pembelajaran itu.



Selanjutnya, belajarlah dari pemimpin-pemimpin yang ada di sekitar kita. Ini dalam artian baik di sekolah tempat kita mengajar, di kelas tempat kita mengajar (ada siswa yang sangat bagus dalam memimpin teman-temannya, barangkali), atau bahkan kita dapat belajar dari publik figur yang sering tampil di berbagai media. Mempelajari bagaimana mereka bertindak dan membuat kebijakan dan keputusan akan membuat kita dapat meniru model tersebut dalam tugas kita sehari-hari sebagai guru yang profesional.

Ketika Bapak dan Ibu guru mulai sadar dan menaruh perhatian tentang bagaimana bapak dan ibu guru menjadi pemimpin dalam pembelajaran (di kelas), semakin bapak dan ibu guru belajar dari hari ke hari bagaimana caranya menjadi pemimpin yang baik. Kemampuan leadership akan tumbuh ketika pengalaman dan refleksi yang dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan. Percayalah ini secara tidak langsung akan melejitkan potensi yang Bapak dan Ibu Guru miliki ke arah yang lebih baik dan profesional.

Tips Mengelola Kelas yang Berpusat pada Guru
Cara Mengatasi Masalah Disiplin Siswa (Bagian 2)
Teknik Memberikan Reward pada Anak SD Kelas Rendah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...