Pelaksanaan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013

Alokasi Waktu Tatap Muka pada Kurikulum 2013

Pada Kurikulum 2013, sekolah-sekolah yang melaksanakannya harus menyelenggarakan proses pembelajaran dengan alokasi waktu tatap muka sesuai yang telah ditentukan. SD dan MI melangsung proses pembelajaran untuk alokasi tatap mukanya @35 menit, sementara SMP dan MTs @40 menit, kemudian SMA atau MA dan SMK atau MAK harus mengalokasikan waktu tatap muka @45 menit.

bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran yang dikehendaki oleh kurikulum 2013 itu? ada hal-hal yang harus dipenuhi oleh guru untuk ini
pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013

Buku Teks Pelajaran pada Kurikulum 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menyiapkan buku-buku yang digunakan untuk pegangan guru dan siswa (peserta didik) dalam pelaksanaan proses pelaksanaan pembelajaran di kelas. Akan tetapi, pihak sekolah atau peserta didik juga dapat menggunakan buku-buku lain di luar buku yang disediakan tersebut sebagai buku penunjang. Bahkan sangat dianjurkan agar siswa dapat memperoleh akses untuk menggunakan buku-buku yang beragam karena mereka harus memperoleh beragam sumber informasi. Perlu pula diperhatikan proporsi buku pegangan siswa sesuai dengan jumlah siswa di kelas tersebut.

Pengelolaan Kelas pada Pelaksanaan Pembelajaran dengan Kurikulum 2013

Pada pelaksanaan pembelajaran, tentunya guru harus melakukan pengelolaan kelas. Bentuk-bentuk pengelolaan kelas yang dilakukan guru menurut Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Pengaturan Tempat Duduk

Saat proses pembelajaran, guru harus memperhatikan bagaimana setting tempat duduk siswa di dalam kelas sehingga bersesuaian dengan pendekatan atau model pembelajaran yang dipilih, juga tujuan pembelajaran dan karakteristik proses pembelajaran itu sendiri.

Suara Guru

Ketika mengajar dan memfasilitasi pembelajaran di dalam kelasnya, guru harus menyampaikan pembelajaran dengan volume suara yang cukup, begitupun dengan intonasi yang digunakan sehingga sedemikian rupa dapat didengar oleh siswa dan dapat mencapai tujuannya. Perkataan guru harus santun, sopan, tetapi lugas sehingga mudah dipahami oleh siswa.

Kecepatan dan Kemampuan

Setiap kelas bisa jadi memiliki dinamika yang berbeda. Setiap kelas dengan siswa-siswa yang berbeda tentu mempunyai kecepatan belajar yang berbeda. Penting bagi guru untuk menyesuaikan kecepatan pelaksanaan pembelajarannya dengan kecepatan kemampuan belajar ini sehingga kompetensi yang dibelajarkan kepada mereka dapat dikuasai dengan baik, begitu dengan kedalaman materi ajar yang disampaikan.

Pembelajaran yang Melibatkan Siswa

Pelaksanaan pembelajaran pada implementasi Kurikulum 2013 adalah pembelajaran aktif, di mana seluruh siswa harus terlibat aktif di dalamnya. Keterlibatan dalam pelaksanaan pembelajaran ini baik dalam bentuk aktivitas fisik maupun dalam bentuk aktivitas siswa. Selain itu, agar hal ini dapat terwujud, guru perlu menciptakan suasana yang menyenangkan, kenyamanan, kedisiplinan hingga keselamatan dalam proses pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Umpan Balik

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemudian membuat seluruh siswa di dalam beaktivitas dengan baik perlu mendapatkan umpan balik dari guru. Umpan balik yang diberikan dapat bermacam-macam bentuknya, seperti penguatan-jika siswa atau peserta didik telah melakukan hal yang diharapkan dengan baik, koreksi-jika siswa masih belum dapat melakukan hal yang diinginkan dengan baik. Proses dan hasil belajar peserta didik harus diberikan respon untuk meng-umpan balik kepada mereka, dengan demikian peserta didik mendapatkan gambaran tentang proses dan hasil belajar mereka saat itu juga.

Pertanyaan-Pertanyaan

Pelaksanaan pembelajaran yang baik menurut Kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang penuh dengan pertanyaan-pertanyaan bermutu dari peserta didik. Hal ini mungkin awalnya relatif sulit karena kebanyakan kultur sekolah belum mendukung ini. Ketika bertanya menjadi suatu budaya di kelas, maka pelaksanaan pembelajaran seperti itulah yang diinginkan oleh Kurikulum 2013. Selain bertanya, siswa juga harus belajar dan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memberikan pendapat, menyampaikan persepsi dan pandangannya akan suatu, dan sejenisnya.

Penampilan Guru

Setiap guru yang mengajar, maka dalam segi penampilan juga harus menunjukkan pribadi yang dapat menjadi contoh langsung tentang bagaimana berpakaian yang baik. Guru harus menggunakan pakaian yang pantas sesuai dengan profesinya sebagai guru, bersih dan sopan.

Tugas Di Awal Semester

Penting bagi guru untuk mengerjakan sebuah tugas penting pada saat pertama kali masuk melaksanakan pembelajaran di kelasnya pada awal-awal semester, yaitu menyampaikan silabus, teknik-teknik pembelajaran yang akan digunakan hingga penilaian.

Disiplin Waktu

Efektivitas pembelajaran menurut Kurikulum 2013 dapat dilihat juga dari aspek waktu, di mana paling gampang melihatnya dari sisi apakah guru telah memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tepat sesuai waktu yang dialokasikan.

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013
Komponen-Komponen RPP Menurut Kurikulum 2013
Komponen-Komponen Silabus Menurut Kurikulum 2013
Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013
Standar Proses pada Kurikulum 2013
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...