Cara Menyimpan File Proyek Video Animasi di VideoScribe Sparkol

Tombol SAVE file Scribe di VideoScribe Sparkol

Pada tulisan sebelumnya kami telah memberikan tutorial bagaimana menginstal dan sign up aplikasi gratis untuk membuat video animasi pembelajaran di VideoScribe milik Sparkol. Nah, melanjutkan tulisan tersebut. Kini saatnya kita mengenali bagaimana tombol-tombol navigasi dan fitur yang dapat kita gunakan jika menggunakan akun gratisan. Tapi karena ada beberapa fitur dan navigasi yang harus kita kenali, maka kali ini kita khususkan untuk tombol SAVE dulu ya. Tombol ini digunakan untuk menyimpan file proyek video animasi yang kita buat dalam bentuk (ekstensi) .scribe (jadi bukan videonya ya.) File ini mungkin perlu disimpan sehingga kita bisa mengedit video animasi kita saat dibutuhkan.

Oh ya, bagi yang baru pertama mendengar apa itu VideoScribe, baiklah kita jelaskan terlebih dahulu. VideoScribe adalah software untuk membuat media presentasi dalam bentuk video animasi dengan gaya seperti orang sedang menggunakan whiteboard (papan tulis). Ada animasi orang sedang nulis gitu. Unik ya.


Cara Menggunakan Fitur Save Pada VideoScribe Sparkol

Oke, sekarang kita lanjut tutorialnya ya.
  • Bukalah aplikasi VideoScribe yang sudah terinstall di komputer atau laptop Bapak dan Ibu Guru.
  • Lakukan proses SIGN IN dengan alamat email yang digunakan serta passwordnya. (Baca tulisan sebelumnya tentang bagaimana menginstall VideoScribe dan melakukan SIGN UP/mendaftar akun gratis)
  • Nah, setelah aplikasi terbuka dan sukses login/sig in, maka akan tampak layar/canvas VideoScribe seperti gambar 1 berikut.

ada beberapa fitur dan tombol navigasi penting di tampilan canvas VideoScribe
tampilan canvas kosong VideoScribe

  • Sekarang perhatikan fitur menu yang terdapat di pojok kiri sebelah atas canvas VideoScribe ya. Ada beberapa tombol di sana. Kita hanya konsentrasi pada tombol SAVE saja.
  • Tombol SAVE OR EXPORT THIS SCRIBE, merupakan tombol pada deretan paling kiri bergambar seperti disket (ikon save) yang biasa kita jumpai pada aplikasi lainnya. Dengan mengklik tombol ini kita bisa menyimpan scribe (proyek video animasi) yang sedang / sudah kita kerjakan, atau mengekspor file tersebut ke situs VideoScribe untuk disimpan secara online.


cara menyimpan file proyek video animasi dengan tombol SAVE terdapat di pojok kiri atas canvas VideoScribe
tombol SAVE terdapat di pojok kiri atas canvas VideoScribe
  • Misalnya, ketika kita telah selesai mendesain sebuah video animasi dengan VideoScribe, maka kita dapat mengklik tombol dan akan muncul pilihan sebagai berikut:

  • Jika kita menggunakan pilihan pertama atau "Export to a scribe file" maka kita akan dapat menyimpan file scribe pada komputer kita. Biasanya pada bagian desktop komputer, yang selanjutnya dapat dipindahkan dengan cut-paste file tersebut ke lokasi (drive dan folder) yang kita inginkan.
    menyimpan file scribe (file mentah) ke komputer dengan tombol export to a scribe file

    cara menyimpan file scribe (file mentah) ke internet dengan tombol save (export) online
    menyimpan file scribe (file mentah) ke internet dengan tombol save (export) online

    ada 3 pilihan cara menyimpan file. Tetapi yang umum digunakan hanya yang pertama dan kedua saja. Karena cara penyimpanan yang ketiga hanyalah menyimpan file tersebut ke format pdf satu halaman sebagai snapshoot saja.
    menyimpan snapshoot file video animasi dalam bentuk pdf jarang digunakan

  • Jadi ada 3 pilihan cara menyimpan file. Tetapi yang umum digunakan hanya yang pertama dan kedua saja. Karena cara penyimpanan yang ketiga hanyalah menyimpan file tersebut ke format pdf satu halaman sebagai snapshoot saja.
  • Jika kita menggunakan pilihan pertama atau "Export to a scribe file" maka kita akan dapat menyimpan file scribe pada komputer kita. Biasanya pada bagian desktop komputer, yang selanjutnya dapat dipindahkan dengan cut-paste file tersebut ke lokasi (drive dan folder) yang kita inginkan.
  • Jika kita menggunakan pilihan kedua "Save (export) online" maka file Scribe (file mentah video animasi) akan tersimpan di internet (hosting milik sparkol).
Demikian tutorial Cara File Proyek Video Animasi di VideoScribe Sparkol dalam serial tutorial membuat video animasi pembelajaran untuk guru di VideoScribe. Sampai jumpa pada tutorial VideoScribe selanjutnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...